www.transriau.com
19:17 WIB - Kevine, Pengusaha Milenial Ajak Generasimuda Siap Hadapi Perdagangan Global 2020 | 19:10 WIB - Pemkab Kampar Gelar FGD Satu Data Kependudukan | 19:02 WIB - JNE Pekanbaru Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir di Rokan Hulu | 16:50 WIB - Lahirkan Kerjasama Kawasan Edukasi dan Agrowisata Kopi dengan Investor Korea | 16:43 WIB - PTPN V Akan Membangun Kebun dan Pabrik Kelapa Sawitdi Kawasan Teknopolitan Kabupaten Pelalawan | 16:35 WIB - Empat Kali Berturut-Turut Pemkab Inhil Terima Penghargaan Peduli HAM
  Kamis, 12 Desember 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Pengeboran Dan Teknologi Upaya Terbaik Mempertahankan Produksi Migas

Kamis, 08/11/2018 - 19:55:21 WIB

Kepala Pewakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Hanif Rusjdi saat memaparkan Kondisi Migas di Riau
TERKAIT:
 
  • Pengeboran Dan Teknologi Upaya Terbaik Mempertahankan Produksi Migas
  •  

    Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Wilayah Riau terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia dalam memberikan kontribusi di sektor Migas. 

    Kontribusi tersebut tidak terlepas bagaimana upaya KKKS untuk mempertahankan atau meningkatkan Produksi Migas di lapangannya.

    Kepala Pewakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Hanif Rusjdi menyampaikan bahwa pengeboran dan Teknologi adalah upaya-upaya yang dilaksanakan oleh KKKS dalam mempertahankan bahkan meningkatkan poduksinya. 

    Kegiatan Pengeboran di KKKS terdapat dua jenis yaitu Pengeboran Eksplorasi dan Pengeboran Pengembangan. Pengeboran Eksplorasi merupakan pengeboran yang bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya suatu cekungan mengandung minyak dan atau gas bumi.

    Keberhasilan pengeboran eksplorasi akan berefek ganda, selain dapat menambah produksi Migas juga menambah cadangan Migas Indonesia.

    “Dari sembilan sumur target pengeboran eskplorasi di Riau untuk Tahun 2018, telah dilakukan pengeboran sebanyak tiga sumur, dimana salah satu sumur tersebut, Sumur Kumis-2 KKKS PHE Siak berhasil menemukan cadangan minyak”ungkap Hanif.

    General Manager PHE Siak, Rizaldi Winant, menyampaikan bahwa PHE Siak selain berupaya mempertahankan produksi dari lapangan eksiting juga aktif mencari cadangan Migas baru untuk kelanjutan.

     “Alhamdulillah, pada bulan Maret 2018, PHE Siak telah melakukan pengeboran eksplorasi Kumis-2 dengan temuan sumber daya in-place sebesar 9,64 Million Barrels of Oil (MMBO) atau sumber daya terambil sebesar 1,90 MMBO (recoverable).    

    KKKS PHE Siak juga berhasil mencatat rata-rata produksi minyak pada September 2018 sebesar 1.870 bopd atau 102,5 persen dari target yang ditetapkan pada periode yang sama sebesar 1.787 bopd. 

    Pengeboran Pengembangan dilaksanakan oleh KKKS dalam rangka untuk meningkatkan atau mempertahankan produksi yang sudah ada dari lapangan eksisting. 

    Sedangkan untuk sumur gas, kegiatan pengeboran merupakan upaya untuk memenuhi komitmen kontrak yang hasilnya bisa dirasakan langsung oleh Masyarakat.

    KKKS EMP Bentu Ltd salah satu KKKS yang memproduksi gas memiliki komitmen pengeboran pengembangan sebanyak 4 sumur baru pada tahun 2018 yaitu Segat 5, Segat 7, Segat 8 dan Seng-4. Sedangkan untuk tahun 2019, direncanakan mengebor 3 sumur baru lagi. Act Area Manager EMP Bentu,  Zulfan, menyampaikan bahwa EMP Bentu memiliki komitmen untuk menyalurkan gas ke PLN dan city gas di Kota Pekanbaru. 

    “Alhamdulillah kami saat ini sedang melaksanakan pengeboran Segat-5, sebagai upaya untuk menyalurkan gas ke PLN guna menghasilkan energy listrik yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Riau”ungkap Zulfan. 

    “Dahulu listrik di Riau sering padam, namun dengan kontribusi gas yang kami berikan, suplai listrik tetap terjaga ke masyarakat, disamping itu gas dari EMP Bentu Ltd juga dimanfaatkan untuk city gas atau penyaluran gas ke rumah-rumah yang tentunya lebih efisien dan praktis bagi masyarakat” lanjutnya.

    Teknologi juga merupakan salah satu upaya KKKS dalam meningkatkan atau mempertahankan produksi migas. General Manager External Affairs PT. CPI Winu Adiarto menegaskan bahwa, teknologi merupakan salah satu keunggulan kompetitif PT. CPI dalam mengoperasikan lapangan migas secara efektif dan efisien. Di antaranya, penerapan teknologi injeksi uap di Lapangan Duri dan injeksi air di Lapangan Minas dan berbagai lapangan lain yang mampu menjaga posisi PT. CPI sebagai penyumbang utama produksi migas nasional.

    ”Terobosan lain yang terbaru adalah keberadaan fasilitas Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC) di Minas yang kian mendorong efisiensi dan produktivitas operasi kami,” kata Winu. 

    Fasilitas IODSC merupakan pusat optimisasi yang terintegrasi sehingga mendukung pengambilan keputusan operasional secara tepat dan cepat. Fasilitas ini memanfaatkan teknologi dan kolaborasi lintas fungsi untuk mencapai optimalisasi nilai di seluruh elemen operasi hulu migas sehingga meningkatkan keselamatan, produktivitas, efisiensi energi, penghematan biaya, dan pengambilan keputusan. 

    Upaya optimisasi dan peningkatan kinerja juga dilakukan PT. CPI melalui inisiatif Lean Sigma. Inisiatif ini mampu menghasilkan nilai manfaat yang sangat signifikan setiap tahunnya. “Semua upaya yang dilakukan PT. CPI bertujuan agar operasi migas lebih efisien dengan tetap menjaga produktivitas agar memberikan manfaat optimal bagi masyarakat dan Pemerintah Indonesia,’’ tutur Winu.

    BOB PT BSP – Pertamina Hulu di tahun 2018 sudah merencanakan pengeboran tiga sumur pengembangan dan satu sumur eksplorasi, yang saat ini masih dalam proses pengurusan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Diharapkan dengan pengeboran tersebut akan meningkatkan produksi blok CPP dan memberi nilai tambah kepada seluruh stakeholder. 

    Pertamina Ep asset 1 Lirik field sebagai KKKS di provinsi Riau juga turut memberikan kontribusi positif dalam usaha peningkatan produksi migas nasional. 

    Inovasi dalam bidang produksi yang telah dilakukan yaitu gross up production melaui program optimasi sumur produksi.

    "Tantangan utama di lapangan brown field adalah laju penurunan produksi (decline rate), untuk itu lah Pertamina EP Asset 1 Lirik Field melakukan peningkatan gross up dengan hasil yang cukup memuaskan yakni sekitar 175 bopd dari 8 sumur produksi." ujar Fikri Fardhian Pjs Lirik Field Manager.

    Hal-hal tersebut dikemukakan dalam kegiatan bincang-bincang Migas bersama media pada hari Kamis (8/11/2018) di Pekanbaru.

    Dalam bincang-bincang tersebut, media mendapatkan informasi operasional KKKS langsung dari Manajemen KKKS yang beroperasi di Riau. Selain dihadiri oleh wartawan cetak maupun elektronik di Provinsi Riau, Coffee Morning kali ini juga dihadiri General Manager External Affairs PT Chevron Pacific Indonesia Winu Adiarto, General Manager PT Pertamina Hulu Energi Siak dan Kampar Rizaldi Winant, Area Manager EMP Bentu Zulfan, Pjs. Field Manager Pertamina EP Asset 1 Field Lirik Fikri Fardian, External Affairs Manager BOB PT. BSP – Pertamina Hulu Nazaruddin dan Humas SPR Langgak. (rls)



     
    Berita Terkini:
  • Kevine, Pengusaha Milenial Ajak Generasimuda Siap Hadapi Perdagangan Global 2020
  • Pemkab Kampar Gelar FGD Satu Data Kependudukan
  • JNE Pekanbaru Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir di Rokan Hulu
  • Lahirkan Kerjasama Kawasan Edukasi dan Agrowisata Kopi dengan Investor Korea
  • PTPN V Akan Membangun Kebun dan Pabrik Kelapa Sawitdi Kawasan Teknopolitan Kabupaten Pelalawan
  • Empat Kali Berturut-Turut Pemkab Inhil Terima Penghargaan Peduli HAM
  • Angkat Kisah Bibi Nabi Muhammad SAW, Darwish Melejit Lewat Lagu Safiyyah
  • Festival Teater Dunia Digelar di Pekanbaru
  • Bupati HM Harris Apresiasi Kegiatan Lomba Pidato Peringatan HAKI 2019 yang ditaja Kejari Pelalawan
  • Firdaus Terpilih Jadi Ketua Pemuda Muhammadiyah Riau
  • Bripka Riko Rizki Masri Sosok Bhabinkamtibmas Kreatif dari Polsek Siak Hulu Kampar
  • CV Kuala Raja dan PT. Petrokimia Gresik Bekerjasama Distribusikan Pupuk Bersubsidi
  • Bangga Berdarah Indonesia, Tanita Rilis Videoklip Lagu Terbaru 'Baik-Baik Saja'
  • Dukung Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, PTPN V Salurkan Bantuan PKBL Sebesar Rp10 Miliar
  • Budi Artiful Bakal Calon Bupati Pelalawan, Sosialisasikan Program Pembangunan Pro Rakyat
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Jumat, 22/11/2019 - 18:45 WIB
    PTPN V Menuju 100 Persen Sertifikasi ISCC Untuk Seluruh Unit
    Bakal Calon Bupati Pelalawan Budi Artiful Jalin Silahturrahmi Dengan Wartawan
    SKK Migas - Chevron dan UIR Bangun Migas Center Pertama di Riau
    Gangguan Tidur Karena Cemas Pada Ibu Hamil
    Petani Karet Desa Airpanas Rokan Hulu Merasa Lega Setelah MoU Dengan PT BRI AGRO dan PTPN V
    Junior PTPN 5 U11, Raih Juara Pemain Terbaik dan Top Skorer Pada FOPSSI di Yogyakarta
    Bupati HM.Wardan Hadiri Istighosah Kebangsaan Se-Provinsi Riau
    Bupati Wardan Hadiri acara Pisah Sambut Dandim 0314/Inhil
    HM Wardan Resmikan Rumah Tahfizd Desa Danau Pulai Kempas
    Hj. Zulaikhah Wardan Lantik Pengurus PMI Kecamatan Kuindra Masa Bakti 2019-2024
    Bupati HM.Wardan Hadiri Rapat bersama Presiden RI, bahas Masalah Karlahut di Riau
    Kakanwil Kemenkum HAM Riau Letakan Batu Pertama Perluasan Kantor Imigrasi Tembilhan
    Bupati HM Wardan Hadiri Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Inhil Periode 2019-2024
    Wardan Lantik Pengurus DKR Inhil Masa Khidmat 2019-2024
    Bupati HM.Wardan Sambangi Posko Kesehatan Dampak Kabut Asap di Kecamatan Reteh
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved