www.transriau.com
15:12 WIB - Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik | 13:28 WIB - APBD Riau Tahun 2021 disahkan sebesar Rp9.132 Triliun | 13:19 WIB - Magister Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Webinar Nasional Transformasi Media Massa | 15:04 WIB - Delapan Fraksi DPRD Riau Sampaikan Pandangan Umum Atas RAPBD Tahun 2021 | 17:15 WIB - Satu Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara | 15:23 WIB - Gubri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Riau 2021, Nilainya Rp9,132 Triliun
  Selasa, 01 Desember 2020 | Jam Digital
Follow:
 
H. Indra Gunawan Eet, Sang Fenomenal Yang 'Melupakan' Gelar Doktor nya

Jumat, 07/08/2020 - 10:07:54 WIB

H. Indra Gunawan, saat memimpin sidang paripurna di DPRD Riau
TERKAIT:
 
  • H. Indra Gunawan Eet, Sang Fenomenal Yang 'Melupakan' Gelar Doktor nya
  •  

    Tak banyak yang tahu, Ketua DPRD Riau H. Indra Gunawan Eet ternyata bergelar doktor ilmu filsafat dari Selangor University. Ketika hal itu ditanyakan kepada sosok bertubuh mungil ini ia hanya menjawab,"Betul tapi saya tak pernah mengingat-ngingatnya, karena bagi saya gelar tak penting, tapi bagaimana mengimplementasikan ilmu itu di masyarakat, itu yang utama," seloroh pria yang selalu familiar kepada siapa saja ini.

    Pria yang akrab dsapa Engah ini lahir di Bengkalis 30 Agustus 1974 ternyata telah menyelesaikan S3 nya di Negeri Jiran Malaysia tepatnya di Selangor University dengan gelar Ph.D.

    Anak dari pasangan H Darli Markawi dan Siti Chodijah ini menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten Bengkalis. Kemudian melanjutkan pendidikan Sekolah Teknik Menengah (STM) Muhammadiyah
    Pekanbaru.

    Usai lulus di STM Muhammadiyah Pekanbaru ia merantau ke Pulau Jawa untuk melnajutkan pendidikan dengan mengambil Jurusan teknik sipil di Universitas Pakuan Bogor Provinsi Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, pria satu anak ini mengambil dua gelar master dibidang hukum dan interior, serta  menempuh pendidikan doktor filsafat di Selangor University.

    H. Indra Gunawan Eet saat mengikuti proses wisuda S3 di Selangor University

    Naluri berorganisasi dan berpolitik bagi pria yang bernampilan sederhana ini sudah terbentuk sejak dia kuliah di Universitas Pakuan Bogor. Dia pernah menjabat sebagai ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), pelatih utama tarung derajat dikampus hingga menjadi pengurus inti dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pakuan Bogor.

    Semasa ia masih muda, Eet mengaku sebagai pemuda yang suka berkelahi secara liar. Ketika ia merantau ke Pulau Jawa, disanalah ia mendapatkan wadah tepat untuk menampung gelora bertarungnya, yaitu tarung derajat.

    Politikus asal Bengkalis ini rupanya memiliki banyak hobi yang menorehkan prestasi. Seperti bela diri tarung derajat, musik, olahraga hingga memancing. “Semua olahraga saya suka,”Kata Eet saat berbincang-bincang dengannya di Pekanbaru ditengah kesibukannya menyelesaikan tugas sebagi Ketua DPRD Riau.

    Dikatakan Eet, ketika dia masih berusia 21 tahun telah mendapatkan medali emas pada kejuaraan daerah di Jawa Barat seni bela diri tarung derajat. Satu hal kelebihan Eet adalah kecepatan daya tangkapnya. Ia berhasil mengukir prestasi dalam waktu yang terbilang cepat. Diseni bela diri
    tarung derajat tersebut ia hanya perlu waktu sekitar empat bulan untuk berlatih.

    “Empat bulan saya mulai belajar, saya bisa mengalahkan senior saya dan berhasil mengikuti seleksi kejuaraan pada waktu itu dan dapat medali emas,” Ucap Eet.

    H. Indra Gunawan Eet saat mengikuti reuni bersama sahabat alumni SMP Negeri 1 Bengkalis

    Dibidang olahraga, selain tarung derajat, Eet juga menggemari  motorcrass. Tak tanggung-tanggung ia mendapatkan mendali emas pada bidang tersebut. Tak hanya itu ia juga pernah memenangkan kejuaraan badminton se-sumatra.

    Memancing dan berburu juga menjadi hobinya. Dibidang musik, Eet menuturkan ia memadukan berbagai jenis aliran musik seperti rock, hardrock, speed, pop dan melayu. Bahkan ia juga memiliki album bertajuk parlemen dengan lagu andalan bingal.

    ”Saya tak punya aliran, tapi saya memadukan beberapa genre dan menjadi karakter musik saya,” tuturnya.

    Sejak kecil Eet telah mencintai seni musik. Ia mengaku musik telah mendarah daging baginya bahkan sejak dalam kandungan. Belajar musik otodidak dan menekuninya.

    “Saya suka bermain musik, melihat orang olahraga saya juga suka. Tapi kalau sudah suka saya akan fokus untuk bisa menguasainya. Alhamdulillah dua-duanya berhasil,”pungkas Eet.

    Berbagai daerah telah ia datangi untuk mendapatkan pengalaman baru. Untuk memancing saja, Eet tak segan berada dilaut selama berhari-hari. Bahkan ia sengaja melakukan touring ke luar negeri seperti Jepang, Madagaskar dan Maladewa untuk memancing dan mendapatkan
    pengalaman baru.

    Indra Gunawan Eet diberi amanah menjadi ketua Pengprov Tarung Derajat Riau periode 2019-2023

    Sedangkan berburu, di Indonesia menjadi hal biasa berburu dimalam hari. Mencoba hal baru, Eet juga menyambangi New-Zealand untuk dapat berburu rusa pada siang hari.

    Kendati demikian, sebagai wakil rakyat Eet juga tetap fokus pada pengabdian kepada masyarakat. Menjalani berbagai hobi menurutnya hanya untuk menjaga ritme dan mengisi waktu luang.

    Ia mengungkapkan ketika telah menjalani suatu hal, yang harus dilakukan adalah melakukan yang terbaik. “Fokus utama saya tentu politik, ketika suatu hal kita jalani, kita harus melakukan yang terbaik. Selagi untuk menjaga ritme dan substansi yang diinginkan Insya Allah bisa kita jaga. Politik adalah pengabdian,“ katanya.

    Indra Gunawan Eet memainkan gitar hobinya sejak kecil bersama personil Band Kotak

    Dalam satu hari, Eet meluangkan waktu untuk berolahraga dan memainkan musik. Satu jam dalam sehari untuk memainkan gitar kesayangannya serta dua jam untuk berolahraga agar menjaga badan tetap bugar.

    Berkiprah sebagai anggota DPRD hampir 20 tahun ia jalani. menjadi anggota DPRD Bengkalis sejak 2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019. Pemilu tahun 2019-2024 dia naik kelas terpilih sebagai anggota DPRD Riau serta duduk sebagai Pimpinan tertinggi yaitu Ketua DPRD Riau.

    Pengalaman menjadi wakil rakyat jugalah yang membuat Eet memahami apa yang harus dilakukannya untuk memajukan Bengkalis. Kendati demikian ia kembali untuk ingin menjadi eksekutor, tak hanya sebagai kontrol seperti sebelumnya. Bahkan Eet berencana meninggalkan jabatanya sebagai ketua DPRD Provinsi Riau untuk maju dalam pilkada Bengkalis sebagai Bupati.

    “Kembali ke Bengkalis, saya ingin membangun negeri, saya sedih melihat kondisi masyarakat. Masih ada kampung yang tinggal, ada program kerakyatan tak jalan, rumah layak huni tak tepat sasaran, insfrastruktur dasar tak jalan, perkebunan pertanian perikanan terputus, dan jalan tanah. Saya terpanggil dan ingin mengabdi ke masyarakat. Di DPRD itu lembaga legislator, mengawasi dan mengontrol. Kalau eksekutif langsung, saya ingin mengabdikan diri saya membangun negeri melalui jalur eksekutif. Hal ini juga tidak terlepas dari permintaan masyarakat,"Jelas Eet. *







     
    Berita Terkini:
  • Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik
  • APBD Riau Tahun 2021 disahkan sebesar Rp9.132 Triliun
  • Magister Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Webinar Nasional Transformasi Media Massa
  • Delapan Fraksi DPRD Riau Sampaikan Pandangan Umum Atas RAPBD Tahun 2021
  • Satu Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara
  • Gubri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Riau 2021, Nilainya Rp9,132 Triliun
  • PTPN V Salurkan Masker ke Sejumlah Pasar Tradisional di Kampar
  • KLHK Berikan Penghargaan Lifetime Achievement Award Kepada Haidir Anwar Tanjung
  • Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
  • Dispora Riau Beri Penghargaan Bagi Insan Olahraga dan Pemuda Berprestasi
  • KUA-PPAS Provinsi Riau Tahun 2021 ditandatangani
  • Diskominfotik Riau Raih Penghargaan Dari RRI Pekanbaru
  • Harbokir Kembali Hadir di 3 Dekade JNE
  • Penjelasan KPU Riau atas Berpulang ke Rahmatullah Calon Walikota Dumai
  • Mahasiswa Penerima Bidik Misi UIR Ikuti Pembinaan Mutu Akademik
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    7 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Senin, 30/11/2020 - 15:12 WIB
    Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik
    Pemprov Riau Terima Bantuan 126 Ribu Masker dari SKK Migas Sumbagut
    Gubernur Riau H. Syamsuar Beri Penghargaan Pada Nakes Yang Berjuang Lawan Covid-19
    Gubri Kembali Terima Bantuan Masker dari PT RAPP
    DPRD dan Pemprov Sahkan APBD-P Riau 2020
    Pemprov Riau Terima Penghargaan WTP dari Kemenkeu
    Zulmansyah Resmi lantik Pengurus PWI Meranti Periode 2020-2023
    Reno Afriadi, SH Kasubbag Produk Hukum DPRD Riau Sosok yang Smart
    PTPN V Sabet Lima Penghargaan K3 Nasional 2020
    Kapolda dan DPRD Riau Persilahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi Lewat Dialog
    Ratusan Mahasiswa Turun ke Gedung DPRD Riau Menuntut Tolak UU Cipta Lapangan Kerja
    Riau Basis Golkar, Pilkada 2020 Target Kemenangan Harus 80 Persen
    PTPN V Lakukan Budidaya 1,5 Juta Bibit Sawit Unggul Percepat PSR
    Ikhsan Laporkan Kesiapan Partai Golkar Menangkan Pilkada 2020
    Profil
    Asri Auzar Saksi Sejarah dan Pejuang Terbentuknya Kabupaten Rokan Hilir
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved