www.transriau.com
15:12 WIB - Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik | 13:28 WIB - APBD Riau Tahun 2021 disahkan sebesar Rp9.132 Triliun | 13:19 WIB - Magister Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Webinar Nasional Transformasi Media Massa | 15:04 WIB - Delapan Fraksi DPRD Riau Sampaikan Pandangan Umum Atas RAPBD Tahun 2021 | 17:15 WIB - Satu Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara | 15:23 WIB - Gubri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Riau 2021, Nilainya Rp9,132 Triliun
  Selasa, 01 Desember 2020 | Jam Digital
Follow:
 
Lepaskan Jabatan Pimpinan DPRD Riau Demi Membangun Pelalawan
Zukri: Hidup Harus Bisa Membantu Banyak Orang Terutama Orang Miskin

Senin, 24/08/2020 - 12:06:02 WIB

TERKAIT:
 
  • Zukri: Hidup Harus Bisa Membantu Banyak Orang Terutama Orang Miskin
  •  

    Jabatan bukanlah sebuah tujuan hidup, tetapi hidup harus membantu banyak orang, terutama orang miskin dan tak mampu serta anak yatim. Pejabat dan pemimpin adalah dua hal berbeda, memimpin adalah tugas utama kita terutama untuk keluarga.

    Kalimat sederhana ini tergambar dari harapan Zukri Misran ketika memutuskan dua kali harus mundur dari kursi DPRD Provinsi Riau, untuk ikut bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pelalawan tahun 2020

    Keputusan yang dibuat Zukri bukanlah perkara remeh. Saat ini, anak jati dari Kuala Terusan ini tengah duduk di kursi empuk Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2019-2024. Apalagi dia juga dipercaya Megawati Soekarnoputri memimpin DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Riau.

    “Pada prinsifnya sederhana, jabatan dan kekuasaan itu hanya sebagai alat untuk menjalankan tugas kita kepada masyarakat. Kalau tugas itu kita jalankan dengan baik, maka hasilnya akan jadi ibadah. Saya memutuskan maju di Pilkada, keinginan dan harapan adalah untuk berbuat banyak kepada masyarakat. Sebab melalui jabatan birokrasi, saya rasa mampu untuk itu,” ujar Zukri menjawab keputusan dirinya tersebut.

    Dia mengaku bukan tak bersyukur dengan terpilih kembali sebagai anggota DPRD Riau pada Pemilu 2019 lalu. Sebagai politikus dewan, kebijakan yang diperbuat untuk masyarakat, sangat terbatas. Anggota dewan hanya memiliki anggaran aspirasi yang jumlahnya tidak sebanding dengan besarnya dukungan masyarakat yang didapat.

    “Selama tiga periode menjadi anggota dewan, saya merasa belum berbuat apa-apa. Sementara banyak aspirasi yang masuk, mulai dari infrastruktur, ekonomi, kesehatan hingga pendidikan. Tak sanggup saya bangun melalui dana aspirasi kami yang sangat minim. Padahal itu boleh dikatakan sering kami jumpai saat turun ke masyarakat. Dana aspirasi itu juga terbatas, tidak semua bisa digunakan sesuai keinginan kita,” imbuh Zukri lagi.

    Empat persoalan perioritas diatas, menurutnya, merupakan tantangan utama bagi kepala daerah dalam melayani kebutuhan masyarakat daerah yang dipimpinnya. Karena itu dia yakin, jika kelak diberikan amanah untuk jabatan itu, akan dibuktikan pada kerja nyata selama lima tahun kedepan.

    “Masyarakat Pelalawan tentu sangat berharap maju dan sejahtera. Sebab luasnya kawasan tentu belum semua merasakan pemerataan pembangunan, masih banyak yang harus dibenahi,” lanjutnya.

    Sebagai orang yang selama ini hidup dengan amanah masyarakat, Zukri menyatakan bahwa telah menghibahkan dirinya untuk masyarakat, karena sudah menghibahkan dirinya itu tidak ada keraguan baginya dalam mengambil keputusan.

    “Saya sudah menghibahkan diri saya untuk memperjuangkan harapan masyarakat, saya menyadari kehadiran saya di muka bumi tidak lain dan tidak bukan untuk membuat para orang tua tersenyum, mewujudkan harapan seluruh masyarakat yang menginginkan kehidupan yang lebih baik,” tutur dia.

    Kehadiran Zukri di kancah politik bukan untuk mengejar jabatan, namun merupakan sebuah perjuangan untuk menjadi bagian terpenting dari masyarakat Kabupaten Pelalawan yang menginginkan perubahan dalam pembangunan di negeri Seiya Sekata ini.

    “Perjuangan ini harus saya jalankan, karena banyak harapan yang digantungkan pada saya,” tandasnya.

    Bukan Keluarga Ningrat

    Bercerita pengalaman sebagai politikus yang sudah tiga periode terpilih duduk di DPRD Provinsi Riau. Zukri mengaku hanya karena besarnya dukunganlah yang membuat dia mantap bergabung dengan PDIP sebagai kendaraan politik kala itu, usai menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada kurun waktu tahun 2008.

    Dia yang selalu aktif berorganisasi dinilai pantas mengembangkan sayap politik. Bahkan dunia organisasi sudah dirintis semasa kuliah dengan mendirikan Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau Kabupaten Pelalawan di Yogyakarta.

    Namun saat itu, yang ada dalam pikiran tak pernah bermimpi untuk berjuang dari jalur dunia politik. Apalagi untuk jadi ASN (Aparatur Sipil Negara). “Saya sampai tamat kuliah aktif mengurus organisasi Karang Taruna dan juga mengelola klub sepakbola PS Pelalawan sampai ke Divisi I Liga Indonesia,” terang dia.

    Alumnus Pondok Pesantren Darun Nadhoh Thawalib Bangkinang ini pun menyebutkan, hal utama yang ada dalam pikiran kala itu hanya ingin terlibat aktif menjadi pengusaha. Ia merintis dari usaha kecil-kecilan di bidang kontruksi.

    “Karena saya aktif, kawan-kawan terus mendorong ke politik, saya pikir kenapa tidak dicoba. Dan saya langsung memilih untuk jadi Caleg DPRD Provinsi melalui PDIP tahun 2009. Saat itu saya dimasukkan di nomor urut 6,” kenang Zukri.

    Duduk di kursi dewan, Zukri tak merasa langkahnya sudah hebat. Ia yang mengaku berangkat dari keluarga sederhana, hanya ingin berbuat di tengah masyarakat. Walau pun hanya hal sederhana, yang penting berpengaruh.

    Awal terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Riau periode 2009-2014, Ia pun sempat menjalani hidup sebagai anak kos di Pekanbaru karena tidak punya rumah di ibukota Provinsi Riau itu.

    “Saya kan menetap di Kabupaten Pelalawan. Jadi karena menjadi anggota DPRD Riau saya ngekos di Pekanbaru. Karena kalau pulang ke Kabupaten Pelalawan jauh dan tidak terkejar. Jadi saya menjadi satu-satunya anggota dewan provinsi yang ngekos,” kata Zukri.

    Tak hanya tidur di tempat kos, Zukri juga pernah beberapa kali harus menumpang tidur di ruangan Sekretaris DPRD Provinsi Riau ketika menjalankan tugasnya. Hal ini dilakukannya saat kegiatan DPRD yang padat karena pembahasan APBD.

    Setelah dia tidak lagi menjadi anggota DPRD Riau tahun 2017 lalu, barulah Zukri memiliki rumah sendiri di Pekanbaru. “Ketika saya hari ini harus memilih kembali untuk melepas jabatan, saya tak khawatir. Saya sudah biasa dari orang tak berada,” lanjut dia.

    Karena jabatan itu bukanlah sesuatu yang mewah. Rejeki itu datang akan ditentukan Allah. Selagi punya niat baik, Zukri yakin Insya Allah akan dibalas kebaikan. “Buktinya waktu empat tahun nganggur tak menjadi anggota dewan, justru rejeki saya, saya rasa berlebih,” ulang dia lagi.

    Zukri hanya memegang satu prinsif bahwa, jangan ingin jabatan untuk kaya, lebih baik kaya baru punya jabatan. “Kalau jabatan itu tujuannya untuk kaya, maka hasilnya hampir dipastikan terjadi korupsi. Jadi tanamkan dalam hati, jadi pejabat untuk kaya atau untuk kebahagiaan masyarakat yang dipimpin. Semua itu kita yang memilih,” tutup dia. *


    BIODATA

    Nama : H. ZUKRI
    TTL : Kuala Terusan, 3 April 1979
    Agama : Islam
    Jabatan : Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau
    Istri : Sella Pitaloka, S.AP

    Anak :
    1. Ahmad Fidel Akbari Zukri
    2. Ratu Zulaica Islahi Zukri
    3. Muhammad Alfatih Zukri
    4. Muhammad Sajid Al Zukri

    Orangtua : H. Misran/Hj. Waidah (Alm)

    Pendidikan
    SDN 008 – Kuala Terusan 1985-1991
    Ponpes Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang 1991-1995
    SMUN 1 Langgam 1995-1998

    Pekerjaan :
    Anggota DPRD Riau 2009-2014 (Ketua Badan kehormatan/Sekretaris F-PDIP)
    Anggota DPRD Riau 2014-2015 (Ketua Komisi B)
    Anggota DPRD Riau 2019-2024 (Wakil Ketua DPRD)

    Organisasi
    Ketua Umum IPMR KP Yogyakarta tahun 1999-2000
    Ketua Umum IPR-Yogyakarta 2000-2001
    Ketua HIPMI Pelalawan 2003-2008
    Wakil Ketua Kadin Pelalawan 2004-2009
    Ketua Karang Taruna Kabupaten Pelalawan 2008-2013
    Wakil Ketua HIPMI Riau 2009-2014
    Wakil Ketua Taruna Merah Putih Provinsi Riau 2009-2014
    Manager PS Pelalawan Divisi III, II, I 2005-2008
    Ketua Karang Taruna Kabupaten Pelalawan 2013-2018
    Ketua Umum PSSI Kabupaten Pelalawan 2013-2014
    Exco Asprov PSSI Riau 2010-2015
    Ketua Pengprov Karate Wadokai Riau 2014-2019
    Ketua PCNU Kabupaten Pelalawan 2018-2023
    Ketua APPERSI Riau 2018-2022
    Ketua Yayasan Bina Negeri Madani 2015-2020
    Ketua DPD PDI Perjuangan Prov. Riau 2019-sekarang






     
    Berita Terkini:
  • Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik
  • APBD Riau Tahun 2021 disahkan sebesar Rp9.132 Triliun
  • Magister Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Webinar Nasional Transformasi Media Massa
  • Delapan Fraksi DPRD Riau Sampaikan Pandangan Umum Atas RAPBD Tahun 2021
  • Satu Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara
  • Gubri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Riau 2021, Nilainya Rp9,132 Triliun
  • PTPN V Salurkan Masker ke Sejumlah Pasar Tradisional di Kampar
  • KLHK Berikan Penghargaan Lifetime Achievement Award Kepada Haidir Anwar Tanjung
  • Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
  • Dispora Riau Beri Penghargaan Bagi Insan Olahraga dan Pemuda Berprestasi
  • KUA-PPAS Provinsi Riau Tahun 2021 ditandatangani
  • Diskominfotik Riau Raih Penghargaan Dari RRI Pekanbaru
  • Harbokir Kembali Hadir di 3 Dekade JNE
  • Penjelasan KPU Riau atas Berpulang ke Rahmatullah Calon Walikota Dumai
  • Mahasiswa Penerima Bidik Misi UIR Ikuti Pembinaan Mutu Akademik
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    7 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Senin, 30/11/2020 - 15:12 WIB
    Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik
    Pemprov Riau Terima Bantuan 126 Ribu Masker dari SKK Migas Sumbagut
    Gubernur Riau H. Syamsuar Beri Penghargaan Pada Nakes Yang Berjuang Lawan Covid-19
    Gubri Kembali Terima Bantuan Masker dari PT RAPP
    DPRD dan Pemprov Sahkan APBD-P Riau 2020
    Pemprov Riau Terima Penghargaan WTP dari Kemenkeu
    Zulmansyah Resmi lantik Pengurus PWI Meranti Periode 2020-2023
    Reno Afriadi, SH Kasubbag Produk Hukum DPRD Riau Sosok yang Smart
    PTPN V Sabet Lima Penghargaan K3 Nasional 2020
    Kapolda dan DPRD Riau Persilahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi Lewat Dialog
    Ratusan Mahasiswa Turun ke Gedung DPRD Riau Menuntut Tolak UU Cipta Lapangan Kerja
    Riau Basis Golkar, Pilkada 2020 Target Kemenangan Harus 80 Persen
    PTPN V Lakukan Budidaya 1,5 Juta Bibit Sawit Unggul Percepat PSR
    Ikhsan Laporkan Kesiapan Partai Golkar Menangkan Pilkada 2020
    Profil
    Asri Auzar Saksi Sejarah dan Pejuang Terbentuknya Kabupaten Rokan Hilir
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved