www.transriau.com
15:12 WIB - Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik | 13:28 WIB - APBD Riau Tahun 2021 disahkan sebesar Rp9.132 Triliun | 13:19 WIB - Magister Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Webinar Nasional Transformasi Media Massa | 15:04 WIB - Delapan Fraksi DPRD Riau Sampaikan Pandangan Umum Atas RAPBD Tahun 2021 | 17:15 WIB - Satu Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara | 15:23 WIB - Gubri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Riau 2021, Nilainya Rp9,132 Triliun
  Selasa, 01 Desember 2020 | Jam Digital
Follow:
 
Sekretaris DPRD Riau
Muflihun Sosok yang Pandai Menjaga Pertemanan

Kamis, 03/09/2020 - 23:00:21 WIB

TERKAIT:
 
  • Muflihun Sosok yang Pandai Menjaga Pertemanan
  •  

    Namanya Muflihun, S.STP., MAP atau lebih akrab disapa Uun. Pria kelahiran Pekanbaru, 22 Februari 1978 (42 tahun) ini adalah pegawai negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris
    DPRD Riau.

    Tanggal 15 Juni 2020 merupakan hari bersejarah baginya. Di usianya yang masih relatif muda, lulusan STPDN ini dilantik Gubernur Riau Syamsuar sebagai Pejabat Tinggi Pratama Eselon IIA Sekretaris DPRD Riau yang merupakan puncak karir bagi ASN di pemerintahan.

    Dimata rekannya sebagai ASN, Uun adalah orang yang tidak mudah melupakan teman. Dia orangnya yang pandai menjaga hubungan pertemanan baik di kantor tempatnya bertugas atau di luar.

    ‘’Bagi saya Uun itu orangnya mudah bergaul dengan semua orang. Dia orangnya tidak memilih-milih dalam berteman. Orang terbuka dan dia tipe orang yang tidak mudah melupakan teman. Pandai menjaga hubungan pertemanan,’’ kata T. Aznom Zaifani, SE.,ME, rekan kerjanya di Kantor DPRD Riau.

    Aznom menilai Uun sudah pantas menduduki jabatan Sekwan DPRD Riau. Sejak tahun 2013 hingga 2020 sebelum dilantik menjadi Sekwan, Uun menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum dan Persidangan di Sekretariat DPRD Riau. ‘’Jadi menurut saya dia itu sudah pas mendapat jabatan Sekwan itu,’’ ungkap Aznom.

    Kalangan pimpinan dan anggota DPRD Riau juga menilai Uun orangnya energik dan komunikatif. "Saya mengucapkan selamat kepada Uun. Ini prestasi yang luar biasa, di usia muda sudah menjabat sebagai pejabat eselon II A,’’ kata Hardianto, salah seorang Pimpinan DPRD Riau.

    Hardianto menyampaikan, anggota Dewan menitip harapan besar kepadanya agar lembaga ini bisa lebih baik serta kegiatan Dewan bisa terfasilitasi.

    Dia berharap kepada Uun agar DPRD Riau ini bisa betul-betul menjadi rumah rakyat. Artinya, sekretariat DPRD Riau dapat menerima semua aspirasi dan pengaduan rakyat.

    Tak kalah penting, sekretariat DPRD Riau ini harus membangun komunikasi dan koordinasi dengan rakyat termasuk wartawan.

    Hal senada juga disampaikan Ade Agus Hartanto, Ketua Komisi I DPRD Riau. Sosok Uun merupakan anak muda yang mudah bergaul, punya pergaulan luas, dan disenangi banyak orang. Hal ini dapat dilihat dalam pemilihan Sekwan.

    Hampir seluruh Ketua Fraksi secara aklamasi memintanya menjadi Sekwan. Ade berharap Uun menjadi Sekwan dapat memberikan perubahan di lingkungan DPRD Riau.

    ‘’Uun ini juga nantinya akan menjadi pemimpin yang bisa memfasilitasi dua lembaga antara DPRD Riau dan Pemprov Riau,’’ tuturnya.

    Muflihun bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Ketua DPRD pada HUT Riau ke 62, tahun 2019

    Muflihun menamatkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Pekanbaru angkatan 1996. Beberapa guru di sekolahnya ketika dijumpai juga menyebutkan dia adalah sosok yang pandai menjaga kekompakan dalam berteman dan bersosialisasi.

    ‘’Ketika bersekolah Uun terbilang lasak. Ada saja yang dilakukannya, dia tidak mau diam. Tapi kalau menurut kacamata olahraga menurut saya ini adalah anak energik,’’ kata Amrin, guru olahraga di SMA Negeri 1 Pekanbaru.

    Ternyata Muflihun dan dua orang lagi adiknya bersekolah di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Hal ini juga disampaikan Amrin.Ketika Muflihun bersekolah di SMA Negeri 1, dia menggemari olahraga basket.

    Di SMA Negeri 1 Pekanbaru, ternyata juga Kepala Sekolah yang menjabat saat ini yaitu Wan Roswita juga alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru angkatan 1986.

    Wan Roswita mengucapkan selamat kepada Muflihun yang telah diberi amanah sebagai Sekretaris DPRD Riau. Apalagi dalam usia muda dia sudah diberi amanah.

    Tak banyak orang di usia muda sudah diberi amanah setingkat Sekretaris DPRD sebab banyak di lembaga ini tempat masyarakat menyampaikan aspirasi.

    ‘’Harapan saya Muflihun dapat menjalankan amanah yang diberikan Gubernur Riau serta dapat memberikan kontribusi kepada SMA 1. Jika bekerja baik dan amanah, maka dia juga akan ditanya alumni SMA mana. Tentu ini semua akan menjaga nama baik SMA Negeri 1 Pekanbaru sesuai dengan motto sekolah SMA 1 Jaya,’’ungkap Roswita.

    Muflihun memulai karirnya sebagai pegawai negeri sipil usai menamatkan pendidikan STPDN. Ia berkhidmat di Kabupaten Kuantan Singingi sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Kuantan Mudik Lubuk Jambi.

    Di Kabupaten Kuansing ini, dia menceritakan tidak memiliki apa-apa. Namun dia tetap gigih menjalankan pekerjaan tanpa mengeluh sedikitpun.

    "Kalau sudah rezeki kita itu tidak ke mana-mana. Saya di Kuansing itu tidak memiliki apa-apa. Sangat sedih rasanya kalau diingat-ingat. Tapi saya tetap semangat dan bekerja keras,’’ ungkapnya.

    Namanya pegawai negeri sipil atau sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap bekerja dan ditempatkan dimana saja.

    Muflihun bersama Pejabat Tinggi Pratama Pemerintah Provinsi Riau ditengah Pandemi Covid-19

    Dari Kabupaten Kuansing, Muf lihun pindah tugas ke Kabupaten Pelalawan. Di Kabupaten Pela lawan dia masuk dalam sekretariat pemerintah yaitu Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Otonomi Daerah. Hingga Akhirnya dia sampai ke Pemerintahan Kota Pekanbaru.

    Tiba di ibu kota Provinsi Riau, Uun pertama kali ditempatkan sebagai Kasubbag Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru. Hingga menjadi Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Pemuda dan Olahraga.

    Namanya tamatan STPDN dikenal dengan Pamong Praja. Di Kota Pekanbaru inilah Muflihun beberapa kali dipercaya Walikota memimpin wilayah kecamatan. Dimulai dari sekretaris Kecamatan Senapelan hingga menjadi Camat Sail dan Kecamatan Sukajadi.

    Setelah sekian lama Uun berkarir di tingkat kabupaten/kota, pada tahun 2013 dia memulai karirnya ditingkat satu Pemerintahan Provinsi Riau dengan jabatan pertama sebagai Kepala Bagian Hukum dan Persidangan Sekretariat DPRD Riau.

    Jabatan ini begitu lama disandangnya sekitar tujuh tahun. Sudah beberapa kali pula berganti gubernur, pimpinan DPRD serta sekretaris di DPRD Riau ini. Hingga pada akhirnya Uun mengikuti assessment sebagai Sekretaris DPRD Riau.

    Setelah mengikuti beberapa tahapan yang dilaksanakan panitia seleksi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) di Pemerintahan Provinsi Riau, pada tanggal 15 Juni 2020, Muflihun dipercaya oleh Gubernur Riau Syamsuar sebagai Sekretaris DPRD Riau.  


    BIODATA

    Nama lengkap : Muflihun, S. STP,. MAP
    Nama panggilan : Uun
    Tempat/Tgl. Lahir : Pekanbaru, 22 Februari 1978
    Alamat : Jalan Sakuntala, Harapan Raya Pekanbaru
    Hobi : Berkawan
    Istri : R. Rilla
    Anak : Dua orang

    SEKOLAH

    SD Negeri 001 Rintis Pekanbaru /SD Teladan
    SMP Negeri 4 Pekanbaru
    SMA Negeri 1 Pekanbaru
    Kuliah STPDN Jatinangor

    PEKERJAAN

    1. Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuantan Mudik Lubuk Jambi Kuansing
    2. Kasubbag Otda Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Pelalawan
    3. Kasubag Perangkat Daerah Setda Pemerintah Kota Pekanbaru
    4. Sekretaris Camat Senapelan Kota Pekanbaru
    5. Camat Sail Kota Pekanbaru
    6. Camat Sukajadi Kota Pekanbaru
    7. Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Kota Pekanbaru
    8. Camat Sukajadi Kota Pekanbaru
    9. Kabag Persidangan dan Hukum Setwan DPRD Riau
    10.Sekretaris DPRD Riau







     
    Berita Terkini:
  • Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik
  • APBD Riau Tahun 2021 disahkan sebesar Rp9.132 Triliun
  • Magister Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Webinar Nasional Transformasi Media Massa
  • Delapan Fraksi DPRD Riau Sampaikan Pandangan Umum Atas RAPBD Tahun 2021
  • Satu Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara
  • Gubri Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Riau 2021, Nilainya Rp9,132 Triliun
  • PTPN V Salurkan Masker ke Sejumlah Pasar Tradisional di Kampar
  • KLHK Berikan Penghargaan Lifetime Achievement Award Kepada Haidir Anwar Tanjung
  • Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
  • Dispora Riau Beri Penghargaan Bagi Insan Olahraga dan Pemuda Berprestasi
  • KUA-PPAS Provinsi Riau Tahun 2021 ditandatangani
  • Diskominfotik Riau Raih Penghargaan Dari RRI Pekanbaru
  • Harbokir Kembali Hadir di 3 Dekade JNE
  • Penjelasan KPU Riau atas Berpulang ke Rahmatullah Calon Walikota Dumai
  • Mahasiswa Penerima Bidik Misi UIR Ikuti Pembinaan Mutu Akademik
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    7 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Senin, 30/11/2020 - 15:12 WIB
    Dua Orang Anggota DPRD Riau Fraksi Golkar dan Gerindra Periode 2019-2024 Resmi dilantik
    Pemprov Riau Terima Bantuan 126 Ribu Masker dari SKK Migas Sumbagut
    Gubernur Riau H. Syamsuar Beri Penghargaan Pada Nakes Yang Berjuang Lawan Covid-19
    Gubri Kembali Terima Bantuan Masker dari PT RAPP
    DPRD dan Pemprov Sahkan APBD-P Riau 2020
    Pemprov Riau Terima Penghargaan WTP dari Kemenkeu
    Zulmansyah Resmi lantik Pengurus PWI Meranti Periode 2020-2023
    Reno Afriadi, SH Kasubbag Produk Hukum DPRD Riau Sosok yang Smart
    PTPN V Sabet Lima Penghargaan K3 Nasional 2020
    Kapolda dan DPRD Riau Persilahkan Masyarakat Sampaikan Aspirasi Lewat Dialog
    Ratusan Mahasiswa Turun ke Gedung DPRD Riau Menuntut Tolak UU Cipta Lapangan Kerja
    Riau Basis Golkar, Pilkada 2020 Target Kemenangan Harus 80 Persen
    PTPN V Lakukan Budidaya 1,5 Juta Bibit Sawit Unggul Percepat PSR
    Ikhsan Laporkan Kesiapan Partai Golkar Menangkan Pilkada 2020
    Profil
    Asri Auzar Saksi Sejarah dan Pejuang Terbentuknya Kabupaten Rokan Hilir
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved