www.transriau.com
13:57 WIB - Polres Kampar Kembali Gebrak Pelaku Narkoba, 5 Tersangka Diciduk di 3 Lokasi | 13:51 WIB - Guru Berprestasi di Kampar diberi Penghargaan Oleh Pemerintah | 11:41 WIB - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, HM Wardan Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah | 11:37 WIB - Pemkab Siak Gelar Peremuan Sosialisasi dan Advokasi Vaksin Campak Rubella Kabupaten Siak | 11:32 WIB - Tingkatkan Peran Sebagai APEX BPR, Bank Riau Kepri Gelar Workshop Sinergitas | 23:34 WIB - 20 Orang Peserta Diklat MoT ASN BPSDM dan Dinas Tenaga Kerja Riau Laksanakan Studi Lapangan
  Kamis, 14 Desember 2017 | Jam Digital
Follow:
 
DPM-PTSP Kota Pekanbaru Permudah Pelayanan Perizinan dengan Aplikasi SIMOLEK

Rabu, 29/11/2017 - 08:37:04 WIB
M Jamil
TERKAIT:
 
  • DPM-PTSP Kota Pekanbaru Permudah Pelayanan Perizinan dengan Aplikasi SIMOLEK
  •  

    Mempermudah dan memaksimalkan dalam memberikan pelayanan kepada pelaku usaha di Kota Bertuah, Dinas Penanaman Modal dan  Pelayanan Terpadu  Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru terus berinovasi. Saat ini setidaknya ada sekitar 107 perizinan yang proses pengurusan berada di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu atau DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

    Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, M Jamil, menuturkan, sekarang prosedur pelayanan perizinan di Pekanbaru bisa dilakukan secara manual dan juga online.

    Manual artinya dalam pengurusan perizinan yang dibutuhkan, pelaku usaha masih tetap datang ke kantor DPM PTSP dan mencari tahu serta mendaftar langsung melalui loket perizinan yang ada. Sementara proses perizinan online, pelaku usaha tidak harus datang ke kantor DPMPTSP namun tinggal klik web DPM PTSP.

    "Pendaftaran melalui sistem online atau dikenal sekarang SIMOLEK ( Sistem Informasi Manajemen Perizinan Mobile Elektronik), pelaku usaha tidak perlu hadir secara fisik di kantor DPM PTSP. Tinggal mendaftar melalui web DPM PTSP sesuai perizinan yang dibutuhkan dan bisa mengklik juknis SIMOLEK dengan http://dpmptsp.pekanbaru.go.id/juknis-online. Disana tertera langsung syarat dan ketentuan perizinan," urai Jamil.

    Jamil menambahkan, dengan sistem SIMOLEK, pelaku usaha tidak lagi perlu antri dan bisa memantau langsung sejauh mana proses perizinan yang diajukan. Mengenai lama waktu penerbitan izin sendiri, ditambahkan Jamil baik manual atau online sejauh ini masih tetap sama. "Sistem pelayanan on line di DPM PTSP ini sudah kita laksanakan sejak September kemarin. Alhamdulillah satu harinya ada sekitar 30-35 permohonan izin yang kita terima,"sebut Jamil lagi.

    Untuk proses perizinan manual atau juga melalui sistem online sejauh ini DPM PTSP belum memiliki kendala yang berarti. Kecuali hanya persoalan masih minimnya tenaga tekhnis karena masih berada diinstansi masing-masing terkait perizinan perlu verifikasi kelapangan.
    setelah melalui sejumlah proses, akhirnya, DPMPTSP Pekanbaru memperkenalkan aplikasi SIMOLEK.

    Sebuah layanan aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan para investor memastikan proses perizinan yang mereka jalani berjalan sesuai dengan waktu dan biaya tanpa harus bersusah payah datang langsung ke kantor DPMPTSP.

    Bahkan, tak hanya bisa dicek malalui layar PC, SIMOLEK  disiapkan dalam moda yang lebih VIP, dimana dia bisa digunakan melalui layar android atau handphone pintar. Ya, SIMOLEK memberikan layanan kelas VIP kepada seluruh investor baik itu lokal maupun luar daerah Pekanbaru.

    Alasan penggunaan aplikasi SIMOLEK  ini sendiri berawal dari asumsi bahwa saat ini, teknologi IT sudah begitu melekat di tengah masyarakat.

    Teknologi itu bahkan hampir merata ada di genggaman publik. Tak terkecuali pelaku usaha. ''Sekarang ini kan seluruh pengusaha rata-rata sudah menggunakan handphone android. Nah, SIMOLEK ini juga ditujukan untuk kemudahan mengakses proses perizinan yang berikan. Jadi para investor cukup mendownload Aplikasi SIMOLEK Mobile DPM-PTSP dan mereka bisa mengakses  langsung proses izin usaha yang mereka urus, prosesnya dan tahapan-tahapan selanjutnya yang akan dilalui.


    Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Noviana Andrina bersama rombongan mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru, Kamis (9/11/2017)

    Para pelaku usaha juga bisa langsung melakukan pengecekan terhadap proses yang sedang dilalui dari pengurusan perizinan yang dilakukan. "Jadi, dengan begitu, pengusaha tidak perlu antre dan repot-repot lagi datang ke kantor kami. Cukup lewat HP saja, bisa mengetahui sampai dimana proses perizinan yang mereka urus. Jika sudah siap mereka tinggal ambil," papar Kepala DPMPTSP Pekanbaru, M Jamil, memperkenalkan aplikasi SiMOLEK.

    Selain itu, ditambahkan dia, DPM-PTSP juga berencana mengembangkan tanda tangan elektronik yang tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada seluruh investor dan percepatan proses perizinan.

    "Jadi, jika Kepala DPM-PTSP sedang pergi dinas luar kota, anda tidak perlu risau proases pengurusan izin akan menjadi lama karena harus menunggu pejabat terkait kembali bertugas. Karena setiap berkas yang masuk akan langsung bisa ditandatangani melalui aplikasi tandatangan elektronik. Jadi semakin mudah dan cepat,"  terang Jamil.

    Jamil juga meyakinkan saat ini peluang adanya calo pengurusan perizinan di DPMPTSP sangat kecil sekali. Sebab adanya berbagai kemudahan dalam pelayanan perizinan, pelaku usaha bisa mengurus sendiri perizinannya.

    Lebih lanjut, menyikapi masih banyaknya tempat usaha yang enggan mengurus perizinan diakui Jamil, hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi DPM PTSP. Sebab itu pihaknya akan menjemput bola ke lapangan supaya pelaku usaha dapat mengurus perizinannya. Hal ini dilakukan DPMPTSP dengan menggelar sosialisasi perizinan dan non perizinan di seluruh kecamatan di Pekanbaru.

    "Kita akan ubat paradigma pelaku usaha yang malas mengurus izin yang biasanya mengeluhkan pengurusan izin itu mahal, lama dan berbelit-belit," terang Jamil mengenai target sosialisasi perizinan atau langsung ke kantor kecamatan.

    Disamping itu, mulai tahun 2016 lalu, DPM PTSP juga akan membuka layanan pengurusan perizinan mobile yang dipusatkan di kantor kecamatan. Sehingga pelaku usaha tidak perlu berat hati lagi untuk jauh-jauh datang ke kantor BPT-PM namun cukup melalui pelayanan perizinan mobile.

    "Kami yakin masih banyak sekali tempat usaha yang belum terdaftar di DPM PTSP. Dengan berbagai upaya ini, kita berharap bisa mendapat respon dari para pelaku usaha,"ujarnya.

    Cenderung terus meningkatnya kualitas pelayanan perizinan di kantor DPM PTSP Pekanbaru ternyata selama ini banyak mencuri perhatian daerah lain. Sudah tidak terhitung berapa banyak pemerintah daerah kabupaten kota di Indonesia yang menjadikan pelayanan perizinan BPT-PM Pekanbaru sebagai rujukan.


    Investasi di Kota Pekanbaru terus menggeliat di bawah kepemimpinan Firdaus-Ayat. Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, sepanjang tahun 2017, investasi di Pekanbaru sudah mencapai Rp4,2 triliun

    Jamil mengungkapkan, daerah yang studi banding ke DPMPTSP tidak hanya yang berasal dari pulau Sumatera tapi juga dari Pulau Jawa.

    Baiknya pelayanan perizinan di kantor DPM PTSP Pekanbaru juga mendapat pengakuan dari Kementeraian PAN-RB. Penilaian ini semakin diperkuat dengan  suksesnya DPM PTSP Pekanbaru memperoleh 3 penghargaan bergengsi dalam Kadian Award yang ditaja Kadin Riau.

    Dikukuhkannya DPM PTSP Pekanbaru sebagai instansi yang memiliki pelayanan perizinan terbaik, dinyatakan Jamil diharapkan bisa berbanding lurus dengan meningkatnya investasi di Pekanbaru. Apalagi Kota Pekanbaru juga sudah menyandang status sebagai daerah tujuan investasi terbaik untuk seluruh Indonesia.

    "Kita beri jaminan kepada investor untuk datang berinvestasi  di Pekanbaru dengan pelayanan perizinan  sesuai dengan moto DPM PTSP selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan sapa, senyum dan selesai," ucap Jamil.

    Perihal peluang investasi di Pekanbaru saat ini diterangkan Jamil masih didominasi dibidang perdagangan dan jasa, properti serta perindustrian. (Advetorial)



     
    Berita Terkini:
  • Polres Kampar Kembali Gebrak Pelaku Narkoba, 5 Tersangka Diciduk di 3 Lokasi
  • Guru Berprestasi di Kampar diberi Penghargaan Oleh Pemerintah
  • Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, HM Wardan Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah
  • Pemkab Siak Gelar Peremuan Sosialisasi dan Advokasi Vaksin Campak Rubella Kabupaten Siak
  • Tingkatkan Peran Sebagai APEX BPR, Bank Riau Kepri Gelar Workshop Sinergitas
  • 20 Orang Peserta Diklat MoT ASN BPSDM dan Dinas Tenaga Kerja Riau Laksanakan Studi Lapangan
  • Wagub DKI Jakarta Ungkap Cerita di Balik 1,5 Bulan Pakai Pelembap Bibir
  • Pengacara Novanto Heran, Ada Nama Penerima Uang Hilang dari Proyek e-KTP
  • Arief Budiman : Verifikasi Parpol untuk Pemilu 2019 Tak Digelar Serentak
  • Dewan Kehormatan PWI Buat Kode Perilaku Wartawan
  • Bupati Inhil dan Isteri Hadiri Pisah Sambut Kapolres
  • Gubernur dan BK3S Riau Serahkan Bantuan Kursi Roda Untuk Masyarakat Desa Pantai
  • Bupati Siak Syamsuar Beserta Forkopimda lakukan Pemusnahan Barang Bukti Ganja dan Sabu-sabu
  • Bupati Siak Syamsuar Terima Anugerah Kehormatan Majelis Kehormatan Adat Aceh
  • PKK dan BKMT Meranti Dukung Kegiatan Yayasan Fitrah Madani Syiarkan Dakwah Islamiah
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 5 Alasan Berhubungan Seks di Pagi Hari Penting
    3 3 Hal Yang Buat Pria Hilang Selera Seksual Terhadap Wanita
    4 Mantap... Pelantikan 51 Kades di Pelalawan Dihibur Artis KDI Mahesya
    5 Menteri Hina Jokowi, Jika dipertahankan Publik Tak Simpati
    6 Lima Tanda Perempuan Sedang Subur
    7 64 Personel Polres Kampar Mendapat Kenaikan Pangkat
    8 130 RLH akan Dibangun di Enam Kecamatan
    9 PPP Kubu Romi Desak Mendagri Ungkap Identitas Menteri Hina Presiden
    10 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
     
    TRANS PILIHAN
    Kamis, 14/12/2017 - 11:32 WIB
    Tingkatkan Peran Sebagai APEX BPR, Bank Riau Kepri Gelar Workshop Sinergitas
    Chevron Mulai Studi Proyek Indonesia Deepwater Development
    Rachmat Witoelar Utusan Khusus Presiden Untuk Perubahan Iklim Apresiasi Program DMPA Sinarmas
    Hamdan Zoelva : Permohonan RAPP Terkait SK 5322 Kasus Administratif, Bukan Melawan Negara
    Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Jabat Panglima TNI
    Gubernur Riau Terima DIPA Tahun 2018 Sebesar Rp21,91 Triliun
    Perdamaian Kordias-Suhardiman Pakai Adat Melayu, Potong Kerbau dan Makan Bejambau
    Bank Riau Kepri Raih Good Financial Performance Di Ajang Indonesia Best Banking Brand Award 2017
    DPM-PTSP Kota Pekanbaru Permudah Pelayanan Perizinan dengan Aplikasi SIMOLEK
    Memeriahkan HKN ke 53, Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan
    Pemkab Kampar Tingkatkan PAD dan Meminimalkan Beban Masyarakat
    DPRD Riau Revisi dan Bentuk Pansus Perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Ketenagalistrikan
    Sosok Tetti Herawati Syamsul Wanita Karir yang Peduli Masyarakat
    Wujudkan Kerukunan dan Ketentraman Dalam Keluarga
    TP PKK Provinsi Riau Gelar Tablig Akbar Bersama Ustad H Abdul Somad, LC. MA
    Wagubri Ikuti Rakornas Persiapan Pilkada 2018 di Jakarta
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved