www.transriau.com
22:12 WIB - Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau | 22:06 WIB - RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar | 22:02 WIB - Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru | 18:14 WIB - Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau | 18:08 WIB - Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi | 05:24 WIB - PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
  Kamis, 23 Mei 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

Kamis, 18/04/2024 - 14:51:13 WIB
Salah satu peserta asal Kampar, Afif Diabakri belajar teknik pengelasan dan sertifikasi juru las yang dilaksanakan PHR bekerjasama dengan Disnakertrans Riau dan PCR di BLK Kementerian Tenaga RI Sera
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU – Sebanyak dua puluh pemuda asal Riau mengikuti program Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las (Welder) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Tenaga Kerja RI, di Serang, Banten. Para peserta tersebut merasakan banyak manfaat setelah mendapat keterampilan sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja kedepannya. 
 
“Kami dibimbing langsung oleh instruktur yang sangat ahli di bidangnya. Ini menjadi pengalaman berharga bagi saya untuk siap terjun ke dunia kerja nantinya,” kata salah satu peserta asal Kampar, Afif Diabakri, Kamis (18/4/2024).
 
Alumni SMA Negeri 1 Tapung ini merasa bersyukur menjadi bagian dari peserta Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las yang dilaksanakan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau. Didampingi mitra pelaksana Politeknik Caltex Riau (PCR), para peserta menjalani program peningkatan keterampilan dan pengetahuan juru las selama dua bulan di BLK Kementerian Tenaga Kerja RI, Serang.
 
“Semoga setelah pelatihan dan sertifikasi ini saya dapat dengan cepat mendapat peluang kerja sebagai welder, yang terampil,” ucapnya. 
 
Bagi Afif, mengikuti pelatihan juru las merupakan pengalaman baru setelah lulus dari bangku sekolah pada 2023 lalu. Dia mengaku sebelumnya tidak mengetahui sama sekali teknik pengelasan. Namun setelah mengikuti pelatihan, Afif merasa memiliki keterampilan luar biasa sebagai juru las dan siap untuk terjun ke dunia kerja. 
 
“Kami diajari bagaimana teknik pengelasan, menentukan posisi yang aman dan selamat sesuai kualifikasi pekerjaan,” tuturnya. 
 
Selain mendapatkan keterampilan baru, Afif bersyukur dapat berbaur dan menambah relasi dengan sejumlah peserta lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dia berharap, perkenalan dengan peserta lainnya dapat menambah jaringan untuk menentukan karir kedepannya. 
 
“Selain mengasah keterampilan mengelas, keamanan dan keselamatan kerja menjadi hal utama. Ini menjadi bagian pesan penting yang kami pelajari,” ucapnya. 
 
Hal serupa dirasakan peserta lainnya, Liwinko Pasaribu. Lulusan sekolah kejuruan ini mengaku wawasannya tentang pengelasan bertambah dengan hal-hal baru dan belum pernah didengarnya. Dia menyebut, lewat pelatihan ini akhirnya memahami bagaimana melakukan teknik pengelasan yang baik dan benar. 
 
Dia mendapat bimbingan langsung dari instruktur ahli di bidang pengelasan, hingga akhirnya bisa mempraktikkan keahlian pengelasan dengan hasil terbaik dan sesuai standar pekerjaan las. Liwinko meyakini dengan bekal dan keahlian yang didapatnya, bisa menjadi bekal baginya untuk bekerja di industri terkait, di dunia usaha dan hingga dapat berdikari dalam upaya mengurangi angka pengangguran di daerah itu. 
 
“Harapan saya agar pelatihan seperti ini terus berlanjut dengan melibatkan lebih banyak lagi generasi muda di Riau, dan kami yang telah ikut serta agar dapat terus dibimbing agar ilmu yang sudah diraih dapat terus dikembangkan dan diasah makin kuat pada masa mendatang,” ujarnya.
 
Sebanyak 20 putra Riau mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las (Welder) di BLK Kementerian Tenaga Kerja RI. Ini merupakan rangkaian Program Vokasi PT Pertamina Hulu Rokan.

Peserta asal Pekanbaru, Handroz merasakan melalui pelatihan welder ini membuka kesempatan untuk terjun ke dunia kerja sebagai juru las. Ia mengaku akan terus mengulang-ulangi ilmu yang sudah dipelajari agar keterampilan mengelasnya semakin baik dan sempurna. 
 
“Setelah pelatihan ini peluang saya bekerja sebagai welder semakin terbuka lebar, karena sudah mengikuti ujian kompetensi dan meraih sertifikasi profesi. Ini modal dan bekal saya untuk meng-upgrade diri,” ujarnya. 
 
Dia menyadari kompetensi welder hingga kini terus dibutuhkan di berbagai lini industri, dan peluang pekerjaannya cukup terbuka bagi yang memiliki kemampuan pengelasan. Ia berharap alumni pelatihan ini mendapatkan wadah, atau juga kesempatan magang untuk terus mengulang keahlian mengelas. 
 
“Ke depannya mungkin bisa diadakan pelatihan welder 6G (pengelasan pipa dalam posisi tertentu), lowongan kerja saya temukan kebanyakan adalah 6G, agar lebih mudah untuk generasi muda Riau untuk mendapatkan pekerjaan,” harapnya.
 
Manager Corporate Social Responsibility PHR WK Rokan, Pinto Budi Bowo Laksono mengatakan, Pelatihan dan Sertifikasi Juru Las ini merupakan bagian dari pelaksanaan program penguatan Ekosistem Vokasi PHR di Riau untuk melahirkan SDM yang berkualitas sekaligus membuka akses untuk lapangan pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Bagi PHR, sumber daya manusia perlu terus dibekali dengan keterampilan dan kompetensi lebih maju guna menghadapi era revolusi industri 4.0 yang berbasis teknologi. 
 
“Diharapkan, SDM yang lahir dari pelatihan ini dapat memenuhi kebutuhan perkembangan industri saat ini serta mengurangi pengangguran dengan terserapnya tenaga kerja lokal,” kata Pinto.

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018. Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. 

Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. 

Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan. (Adv)



 
Berita Terkini:
  • Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau
  • RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
  • Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru
  • Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau
  • Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi
  • PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
  • Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
  • Pasca Banjir Lahar Dingin, Tim PT Bukit Raya Mudisa Bersihkan Masjid Al Ikhlas Manunggal
  • Syamsuar Bersama Tokoh-Tokoh Riau Hadiri Pelantikan IKA Fisipol UIR
  • Atlet Junior Taekwondo PTPN IV Regional III Borong Tujuh Medali
  • Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • KPU Provinsi Riau Perkenalkan 'Si Radi dan Si Rida'
  • Anugerah Pendidikan Riau Sukses Digelar, Pemprov Minta Dijadikan Agenda Rutin
  • Alami Musibah Kebakaran, Masyarakat Pasar Bodok Parindu Terima Bantuan Sembako PTPN IV Regional V
  • Pertama Kali, Dewan Pendidikan Riau Gelar Helat 'Anugerah Pendidikan Riau 2024'
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 22/05/2024 - 22:12 WIB
    Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau
    RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
    Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru
    Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau
    Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi
    Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023
    PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
    Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
    PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
    Program Pencegahan Stunting PHR di Riau Sasar 11.340 Penerima Manfaat
    Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
    Menteri Perhubungan Dukung Penuh Lancang Kuning Carnival di Riau
    Produksi Migas Melalui Eksplorasi:
    Jaga Laju Kolaborasi ELNUSA dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East
    Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
    Rakor Penanganan Erupsi Gunung Ruang
    Letjend Suharyanto: Keselamatan Masyarakat Sekitar Gunung Ruang Prioritas Utama
    Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved