www.transriau.com
17:50 WIB - Wamen ESDM Dukung BUMD Riau Ikut Kelola Blok Rokan | 17:48 WIB - Wako Pekanbaru Teken MoU Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation | 21:55 WIB - Bupati Inhil Hadiri Haul Syekh Samman di Kecamatan Keritang | 17:25 WIB - Lagi Bank Riau Kepri Raih Platinum Award Kinerja Keuangan Sangat Bagus 10 Tahun Berturut-Turut | 17:24 WIB - Bupati Kampar Aziz Zainal Minta Kontraktor Pekerjakan Masyarakat Sekitar | 20:55 WIB - Bank Riau Kepri Sosialisasikan E LHKPN Bersama KPK
  Kamis, 16 08 2018 | Jam Digital
Follow:
 
Pekanbaru Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Indonesia

Kamis, 25/01/2018 - 19:15:07 WIB

Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, MT didampingi Kadis DPMPTSP Pekanbaru M. Jamil dan Asisten III Baharuddin di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
TERKAIT:
 
  • Pekanbaru Raih Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Indonesia
  •  

    Kota Pekanbaru menjadi satu-satunya daerah di provinsi Riau yang menerima predikat sangat baik (A-) dalam memberikan pelayanan publik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Predikat ini didapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru setelah penyampaian hasil evaluasi dan pemberian penghargaan pelayanan publik tahun 2017.

    Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dibawah bimbingan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, MT mengukir prestasi nasional. Dari penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, DPMPTSP Kota Pekanbaru diberikan predikat Pelayanan Publik Sangat Baik Nasional bersama 18 DPMPTSP Kabupaten/Kota se-Indonesia. Hebatnya, hanya Pekanbaru yang meraih predikat itu di Provinsi Riau. Predikat tersebut menunjukkan arah positif Kota Pekanbaru sebagai kota ramah investasi yang digaungkan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, MT.

    Pelayanan publik mutlak diberikan kepada masyarakat, baik itu bidang perizinan, kesehatan dan kependudukan dengan tiga cara yaitu, persuasive, prepentif, dan refresif. Hal ini Disampaikan Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT usai menerima penghargaan pelayanan publik predikat terbaik Nasional di Ruang Serbaguna Kemenpan RB RI, Jakarta, Rabu (24/1/208).

    Tiga ini saling bersinergi dengan filosofi yang dicontohkannya seperti sebuah sungai. "Kalau air sungai sudah tercemar maka otomatis di hulu sungai juga akan tercemar. Jadi kita akan perkuat di tiga lini ini," harap Walikota dua periode ini.

    "Alhamdulillah, prestasi yang kita raih ini tidak membuat cepat puas dalam capaian kedepan. Meskipun bidang kependudukan dan kesehatan kita belum dapat namun kedepan akan kita upayakan mendapatkan prestasi pelayanan publik yang lebih baik lagi," ujar Firdaus.

    "Predikat ini adalah buah dari kerja semua. Ini juga menunjukkan, jika Pemko Pekanbaru benar-benar serius dalam menjalankan misi sebagai kota investasi. Predikat ini juga tantangan untuk kita lebih baik, karena mempertahankan itu lebih berat daripada meraihnya," terang Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, MT.


    Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, menerima penghargaan dari  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

    Walikota juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan bidang usaha yang telah menjadikan DPM PTSP Kota Pekanbaru sebagai tempat mengurus perizinan di Kota Pekanbaru.

    Dalam laporannya, Deputi Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa menyampaikan bahwa terdapat 6 faktor penilaian evaluasi pelayanan publik antara lain; Aspek Kebijakan (30%); Profesionalisme SDM (18%); Sistem Informasi Pelayanan Publik (15%); Konsultasi dan Pengelolaan Pengaduan (15%); Sarana Prasarana (15%); dan Inovasi Pelayanan Publik (7%).

    “Pemerintah terus mendorong terhadap pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat dengan pelayanan publik yang prima dan profesional, untuk itu maka pemantauan dan evaluasi perlu dilakukan secara efektif dan berkelanjutan,” jelas Prof. Diah.

    Penyerahan hasil evaluasi dan pemberian penghargaan pada unit pelayanan publik terbaik Tahun 2017 ini diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kementerian PANRB, Jakarta pada 24 Januari 2018, dan dihadiri oleh para pimpinan instansi pelayanan publik Kementerian/Lembaga/Provinsi/Kabupaten/Kota yang menjadi unit pelayanan publik yang berada pada 72 Kabupaten/Kota Role Model di Indonesia.

    Pencapaian pelayanan publik yang sudah dinilai baik tersebut, tidak membuat Pemerintah Pekanbaru berhenti sampai disini. Diminta untuk tidak merasa puas, Walikota justru akan meningkatkan level penilaian tersebut, dari tingkatan baik menjadi tingkatan dengan pelayanan yang lebih baik lagi.

    "Kota Pekanbaru kemajuan pembangunannya didukung 90 persen dari dana investasi usaha. Nah, bilamana kita bisa jadi tuan rumah yang baik, maka pintu gerbang utamanya adalah pelayanan. Dan jika pelayanan kita baik, maka Insya Allah Investor pun mau dan tertarik berinvestasi di kota kita," ujar Firdaus.
    Hasil gambar untuk (DPMPTSP pekanbaru dapat(DPMPTSP)penghargaan
    Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2017 - Pekanbaru Salah Satu Kota Terbaik Indonesia

    Hal ini merujuk terhadap rencana Walikota yang dalam waktu dekat, tepatnya pertengahan 2018 mendatang, akan mengoptimalkan bangunan fisik kantor Walikota menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP). Sejalan dengan dipindahkannya kantor Walikota yang baru ke Kecamatan Tenayan Raya, MPP diharapkan dapat menjadi rumah dan pusat dari segala pelayanan publik, yang memiliki pelayanan terpadu yang terbaik untuk masyarakat.

    "Pertengahan tahun ini, Insya Allah kita akan fungsikan kantor Walikota yang sekarang menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP). Prosesnya sejalan dengan dipindahkannya kantor Walikota yang baru ke Tenayan Raya.  Nanti jika MPP ini sudah beroperasi, maka pengusaha atau investor yang mau ngurus izin, tak lagi datang seperti ke kantor pemerintah, tapi seperti datang ke Mall, suasana Mall. Apa yang mereka butuhkan, semua ada. Dan ini tentu dibekali juga dengan keramahan dan pelayanan yang diberikan, " ungkapnya

    Pada kesempatan ini, Menteri PANRB Asman Abnur menyampaikan bahwa evaluasi kinerja pelayanan publik dilaksanakan dalam rangka peningkatan peringkat kemudahan berusaha yang ditargetkan Indonesia dapat mencapai peringkat 40 pada EODB (Ease of Doing Bussiness) 2020.

    “Evaluasi dan pemberian penghargaan ini juga bertujuan untuk memotivasi dan mengapresiasi Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang dijadikan Role Model untuk dapat menerapkan kebijakan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik secara baik dan benar serta mendorong Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Role Model untuk berkompetisi untuk mewujudkan pelayanan prima," ujar Asman. (Advetorial/DPMPTSP Kota Pekanbaru)



     
    Berita Terkini:
  • Wamen ESDM Dukung BUMD Riau Ikut Kelola Blok Rokan
  • Wako Pekanbaru Teken MoU Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation
  • Bupati Inhil Hadiri Haul Syekh Samman di Kecamatan Keritang
  • Lagi Bank Riau Kepri Raih Platinum Award Kinerja Keuangan Sangat Bagus 10 Tahun Berturut-Turut
  • Bupati Kampar Aziz Zainal Minta Kontraktor Pekerjakan Masyarakat Sekitar
  • Bank Riau Kepri Sosialisasikan E LHKPN Bersama KPK
  • HM Harris : Hari Pramuka Ke 57 Indonesia Siap Dalam Menghadapi Persaingan Global
  • Bupati Kampar Minta ASN Tingkatkan Kinerja dan Buat Terobosan
  • Bupati Inhil HM Wardan Serahkan Bantuan Kepada Warga Korban Tanah Longsor
  • Pemkab Siak Serahkan Hibah Tanah dan Bangunan kepada Polres Siak
  • Bank Riau Kepri Sabet 2 Award Pada Ajang TOP Bank 2018
  • Festival Teluk Jering 2018 Resmi digelar
  • LAMR Diminta Tepuk Tepung Tawar Cawapres Kelahiran Pekanbaru Riau Sandiaga Uno
  • Kemendikbud Usulkan Almarhum Tenas Effendi Menerima Tanda Kehormatan
  • Pemkab Inhil Sambut Baik Tahlil Akbar Mahasiswa KKN UIN Suska Riau
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    7 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 08/08/2018 - 21:55 WIB
    Hadiri Haketnas di Riau, BJ Habibi Dipakaikan Tanjak
    DPRD Bersama OPD Terkait Bahas Penundaan Imunisasi Campak Measles Rubella di Kabupaten Inhil
    SMA dan SMK di Wilayah Operasi SKK Migas Lakukan Edukasi pada Pekanbaru Raya Expo
    UIR dan IPB Sepakati Nota Kesepahaman di Bidang Pendidikan
    Mendagri Keluarkan Surat Melibatkan Program Gubernur Terpilih Dalam Penyusunan KUA - PPAS 2019
    Syamsuar Jabat Ketua Mabicab Pramuka Kabupaten Siak
    Pemkab Inhil Berikan Perhatian Serius Terhadap Pembangunan Bidang Keagamaan
    Sekda Inhil Apresiasi Pendidikan Kecamatan Kempas
    Bupati Inhil HM Wardan Hadiri Rakornas TPID Ke - 7
    Sekda Inhil Ikuti Jalan Santai Bersempena Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa
    Bupati Inhil HM Wardan Resmikan Peluncuran Sistem Inpas
    Bupati Inhil Harapkan Pilkada Berjalan Kondusif dan Aman
    Paripurna Milad Inhil Ke-53,
    Ketua DPRD Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih
    Pjs Bupati Inhil Gelar Open House
    Sekda Inhil Ajak Masyarakat Saling Bantu
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved