www.transriau.com
21:25 WIB - Wan Thamrin Hasyim Apresiasi Mantan Gubri Andi Rachman | 19:21 WIB - Hadapi Pileg dan Pilpres, Bupati Inhil Ikuti Apel 3 Pilar Gabungan di Rengat | 14:54 WIB - DPRD Riau Akui Keberatan Gaji Pegawai P3K Dibiayai APBD | 14:47 WIB - Bupati Inhil Ungkapkan Duka Cita Mendalam Atas Wafatnya Busu Atan | 11:19 WIB - Tingkatkan Mutu Mahasiswa, UIR Sambangi UMY | 22:55 WIB - Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke 69 Kabupaten Kampar
  Sabtu, 16 Februari 2019 | Jam Digital
Follow:
 
24 Walikota Peserta Muskomwil I APEKSI Apresiasi Perwujudan Smart City Madani di Kota Pekanbaru

Selasa, 06/02/2018 - 20:39:41 WIB

Muskomwil I APEKSI tahun 2018 telah digelar dan sudah memasuki hari ketiga. Hari ini, Pawai Budaya yang diikuti oleh 9 delegasi peserta APEKSI ambil bagian didalamnya
TERKAIT:
 
  • 24 Walikota Peserta Muskomwil I APEKSI Apresiasi Perwujudan Smart City Madani di Kota Pekanbaru
  •  

    Musyawarah Komisariat Wilayah Satu (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Se-lndonesia) APEKSI Tahun 2018 digelar di Kota Pekanbaru selama tiga hari sejak tanggal 1 hingga 3 Februari 2018 berlangsung dengan sukses dan meriah.

    Pertemuan 24 Walikota dari lima Provinsi di pulau Sumatera itu menjadi momentum bagi Walikota Pekanbaru untuk unjuk gigi dan memamerkan hasil kerjanya selama menjabat sebagai pimpinan di kota ini.

    Dimulai dari pembukaan Muskomwil l APEKSI di Hotel Aryaduta Pekanbaru seluruh peserta terkesima dengan tempilan panggung yang begitu megah dan mewah. Ditambah lagi cara menekan tombol sirine pertanda Muskomwil dibuka dengan menggunakan animasi dan pencahayaan yang berkilau.

    Dengan Membacakan Basmallah, tiga Walikota menekan tombol sirine animasi secara bersamaan Walikota Pekanbaru, Dr.Firdaus ST MT, Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharulla. SP dan Walikota Medan Dzuldin Eldin resmi membuka Muskomwil l APEKSI di kota Pekanbaru.

    Tidak berhenti sampai disitu saja, seluruh delegasi dari 23 kota yang hadir semakin takjup ketika Walikota Pekanbaru, Dr. Firdaus ST. MT menyampaikan pemaparannya tentang perwujudan smart citu madani di Pekanbaru.

    Dijelaskan, Firdaus ada enam pilar yang wajib dimiliki sebuah pemerintah kota untuk mewujudkan kota yang smart. keenam pilar tersebut yaitu Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar). Selain itu, Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar) Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

    "Pilar-pilar ini sudah menjadi sebuah kebutuhan di Kota Pekanbaru. Makanya semua komponen harus cerdas menyikapinya, sehingga pembangunan terus meningkat di masa datang. Saat ini Pekanbaru telah mengaplikasikanya dalam bentu kartu pintar yang fungsinya sangat banyak sekali. Mulai dari alat pembayaran, alat untuk menabung, absensi, naik bus transmetro Pekanbaru dan sebagainya, " jelas Firdaus sembari mempraktekkan fungsi smart card miliknya kepada seluruh delegasi Apeksi.

    Wali Kota Pekanbaru Dampingi Ketum Apeksi Tinjau Command Center
    Wali Kota  Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT mendampingi Ketua Umum (Ketum) Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH meninjau langsung Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru Jalan Pepaya, Jumat (2/2/2018)

    Seluruh peserta Apeksi semakin yakin terhadap pemaparan Walikota Pekanbaru ketika mereka dibawa keliling Kota Pekanbaru melihat lihat pesatnya kemajuan infrastruktur pembangunan kota Pekanbaru. Mulai pembangunan kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya, pemandangan indah ditepian sungai Siak, Teknologi canggih di ruang Command Center dan wisata belanja di Pasar bawah.

    Bahkan pada penutupan APEKSI Saksikan Pemko Pekanbaru tidak henti henti nya menyajikan hal yang membuat semua orang terkagum kagum, iti karena penampilan pentas seni di lokasi Pamaren City Expo jalam Cuk Nyak Dien Pekanbaru. Dalam pentas tersebut Pemko Pekanbaru tidak hanya menampilkam ciri khas Pekanbaru saja tapi juga menampilkan keberagaman budaya dari berbagai daerah.

    Atas prestasi dan keberhasilan Walikota Pekanbaru tersebut , 24 Walikota dalam Muskomwil I APEKSI sepakat menunjuk Dr. Firdaus ST MT terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI) dan Wakil Ketua I Aceh Aminullah Usman , Wakil II Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Wakil III Sibolga Syarfi Hutauruk.

    City Expo Diharapkan Membuka Peluang Ekonomi
    Rangkaian Muskomwil I APEKSI 2018 yang berlangsung di Kota Pekanbaru, akhirnya ditutup dengan kegiatan City Expo yang diselenggarakan selama empat hari (3-6 Februari 2018) bertempat di Jalan Cut Nyak Dien.

    Melihat pesatnya kemajuan teknologi dan infrastruktur di Kota Pekanbaru, Walikota Padang Mahyeldi Ansharulla dengan lantang mengungkapkan bahwa Kota Pekanbaru adalah baro meter pembangunan daerah.

    "Sudah seharusnya kita belajar ke Kota Pekanbaru, saya sendiri mengagumi master plan dan rancangan kinerja Pemerintah Pekanbaru yang terkoneksi dalam program Smart City. Maka dengan adanya kegiatan ini, berharap agar para kepala daerah yang hadir dapat mengadopsi keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru, " paparnya.

    Hal senada juga terucap dari mulut wanita cantik nan anggun, Walikota Tanggerang Selatan, Airin Rachmy Diany mengaku masih perlu belajar banyak dari kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh Kota Pekanbaru.

    "Semoga program-program ini bisa di contoh kota-kota lain termasuk di Tanggerang Selatan. Lanjut saya juga berharap program ini juga terutang dalam draf program - program Komisariat Wilayah serta bersinergi dengan program di Pemerintah Pusat," Pungkas Airin. (Adv)



     
    Berita Terkini:
  • Wan Thamrin Hasyim Apresiasi Mantan Gubri Andi Rachman
  • Hadapi Pileg dan Pilpres, Bupati Inhil Ikuti Apel 3 Pilar Gabungan di Rengat
  • DPRD Riau Akui Keberatan Gaji Pegawai P3K Dibiayai APBD
  • Bupati Inhil Ungkapkan Duka Cita Mendalam Atas Wafatnya Busu Atan
  • Tingkatkan Mutu Mahasiswa, UIR Sambangi UMY
  • Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke 69 Kabupaten Kampar
  • Sambut Baik Terbentuknya Mappilu PWI, Ini Kata Ketua Bawaslu Riau
  • Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto Resmi Dilantik
  • Bawaslu Bersama Stakeholder Teken MoU Kesepahaman Gugus Tugas Pengawasan
  • Mappilu PWI Riau Hadiri Rakor Pemilu, Rusidi: Bawaslu Tidak Bisa Kerja Sendiri
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Selasa, 12/02/2019 - 20:52 WIB
    Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto Resmi Dilantik
    Bupati Inhil Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan Desa
    Pusat Akan Jadikan Inhil Kluster Kelapa Nasional
    Ketua DPC HNSI Inhil Tinjau Potensi Siput Laut Sebagai Komoditas Ekspor
    Dandim 0314 Silahturahmi ke Kantor Bupati Inhil
    HM Wardan Harapkan Pembangunan Desa Berjalan Maksimal
    Jajaran Direksi PTPN V Berganti, Jatmiko Krisna Santosa Jabat Direktur Utama
    Disdukcapil Buka Pelayanan Pembuatan e-KTP di MPP
    Digi Learning Bank Riau Kepri Resmi Diluncurkan
    MPP Pekanbaru Mulai Buka Layanan
    Bank Riau Kembali Raih Trusted Company Based on CGPI Ajang Indonesia Most Trusted Company Award
    Pemda Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid
    Bank Riau Kepri Terima 3 Penghargaan Pada Ajang SPEx2 Award 2018
    APBD Murni 2019 Pemmo Pekanbaru disahkan
    Dihadapan Kapolri Plt Gubri Bersama Dirut Bank Riau Kepri Teken MoU Samsat Nasional
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved