www.transriau.com
07:50 WIB - April Group Umumkan Periode Rawan Kebakaran Hutan Dan Lahan | 07:48 WIB - RAPP Ciptakan Karyawan Berdaya Saing Unggul | 17:20 WIB - Sinergi PTPN V - PNM Perkuat UMKM Kampung Ayam Pedaging Kampar | 16:02 WIB - Gubernur Riau Kenang Tjahjo Kumolo Sosok Yang Sederhana dan Responsif | 15:17 WIB - Bank Riau Kepri Raih Peringkat Pertama Call Center BSE Award 2022 | 12:02 WIB - Gubernur se-Sumatera Kumpul di Riau Bahas 5 Program Strategis
  Rabu, 06 Juli 2022 | Jam Digital
Follow:
 
Pengaruh Pembangunan Jembatan Bengkalis - Meranti Terhadap Pembangunan Infrastruktur

Rabu, 22/06/2022 - 10:37:22 WIB
FOTO: internet 
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Didaerah Riau saat ini banyak melakukan pembangunan jalan tol. Tetapi sebenarnya bukan pembangunan jalan tol saja yang sangat dibutuhkan sekarang, tetapi pembangunan jembatan juga tidak kalah pentingnya. 

Terutama untuk daerah yang diperlukan untuk melewati laut atau menyebrang, maka dengan pembangunan jembatan adalah solusi supaya masyarakat tidak perlu lagi menyebrangi laut dengan menaiki kapal ataupun transportasi air lainnya yang terkesan mengeluarkan lebih banyak duit dan mengeluarkan tenaga yang tidak sedikit.

Pemerintah Provinsi Riau atau Pemprov Riau saat ini tengah berencana untuk membangun jembatan sepanjang 1,5 km yang akan menghubungkan Pulau Bengkalis dengan Pulau Tanjung Padang Kepulauan Meranti. 

Dengan memperhatikan konstruksi jembatan yang cukup panjang serta akan dibangun di atas permukaan laut, maka diharapkan kepada pihak pemerintah dan pihak yang bersangkutan untuk dapat memulai projek pembangunan jembatan ini pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Penataan Ruang, dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Privinsi Riau, Arif Setyawan mengatakan bahwa Detail Engineering Desain (DED) jembatan yang mengubungkan antara Pulau Bengkalis dengan Pulau Tanjung Padang Kepulauan Meranti tersebut sudah dilelang sebelumnya yaitu sebesar Rp7,4 Miliar. 

Tujuan dari dibangunnya jembatan tersebut agar dapat membantu akses transportasi masyarakat serta untuk meningkatkan perekonomian dari kedua pulau tersebut. Masyarakat diharapkan dapat semakin mudah untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya dan dapat membawa hasil pertanian yang harga jualnya juga akan semakin tinggi.

Anggota DPRD Riau Dapil Dumai Kepulauan Meranti-Bengkalis ini mengatakan bahwa koneksi atau hubungan antara kedua pulau Bengkalis dan Meranti di wilayah pesisir Riau ini memang sangat diharapkan supaya hubungan antara Kabupaten dengan Provinsi bisa jauh lebih baik lagi. 

Didalam beberapa kunjungan menyerap aspirasi luas masyarakat di Dapilnya tersebut, mantan wakil ketua DPRD Dumai tersebut mengatakan bahwa banyaknya aspirasi dari masyarakat untuk menghimbaukan dalam perbaikan akses transportasi, dan pembangunan jembatan merupakan solusi dari permasalahan itu. 

Hal itu disebabkan oleh Kabupaten Kepulauan Meranti yang merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi sumber ekonomi, misalnya sagu, minyak bumi, dan lain sebagainya. 

Dengan melihat hal itu, tentu saja perbaikan dalam akses transportasi nantinya akan berdampak pada peningkatan roda ekonomi.

Jembatan secara umum merupakan suatu konstruksi yang dibangun untuk dapat melewatkan suatu massa atau jalur lewat atas suatu penghalang ataupun rintangan seperti sungai, jalan raya, ataupun rel kereta api. Menurut Pasal 86 ayat (3) PP No. 34 Tahun 2006 tentang jalan mengatakan bahwa yang dimaksud dengan jembatan merupakan jalan yang terletak di atas permukaan air dan atau diatas permukaan tanah.

Infrastruktur terdiri dari jalan umum, jembatan, sistem saluran pembuangan, dan lainnya sebagai investasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah. Arti infrastruktur secara umum sering dikaitkan dengan struktur fasilitas dasar untuk kepentingan umum. 

Beberapa contoh pembangunan infrastruktur dalam bentuk fisik diantaranya yaitu jembatan, jalan tol, pembangunan stadion, konstruksi bangunan, bendungan, dan lain sebagainya. 

Dalam rangka mencapai sebuah kesuksesan, tentu saja kita membutuhkan infrastruktur yang kokoh dan juga kuat. Di Indonesia sendiri pembangunan dan perawatan infrastruktur public banyak dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Sementara ditingkat daerah sendiri infrastruktur dikelola langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum, baik itu kabupaten atau kota maupun provinsi. Beberapa kementerian atau lembaga tingkat pusat juga menangani urusan infrastruktur tertentu yang sesuai dengan bidangnya antara lain Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian dan lain sebagainya.

Dampak maupun akibat dari pembangunan infrastruktur sendiri yaitu dapat menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat pada umumnya. Namun bisa juga berdampak sebaliknya, pertumbuhan ekonomi juga bisa menjadi salah satu tekanan yang cukup signifikan bagi infrastruktur. 

Sehingga pertumbuhan ekonomi yang bersifat positif bisa mendorong peningkatan kebutuhan masyarakat akan berbagai macam infrastruktur yang ada di negara kita. Peran dari pembangunan infrastruktur yaitu sebagai penggerak di bidang sektor perekonomian dan bisa menjadi pendorong dalam berkembangnya sektor-sektor terkait sebagai multiplier. 

Pada akhirnya, hal tersebut akan menciptakan lapangan bisnis yang baru dan memberikan pengeluaran yang berasal dari hasil produksi sebagai pemasukan dalam hal konsumsi.

Di dalam sebuah pembangunan ekonomi, akan memberikan dampak di dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat serta meningkatkan kualitas hidupnya.

Pertumbuhan ekonomi sendiri akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap investasi. Sementara peningkatan kualitas hidup akan memberikan pengaruh kepada kesejahteraan masyarakat secara umum. 

Karena dengan adanya pembangunan infrastruktur yang maju dan berhasil, maka bisa mengurangi kemiskinan dan jumlah pengangguran di suatu negara.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Bengkalis dengan Pulau Tanjung Padang Kepulauan Meranti tersebut sangat berpengaruh positif terhadap pembangunan infrastruktur. 

Diatas telah dijelaskan bahwa salah satu contoh dari pembangunan infrastruktur yaitu pembangunan jembatan. Maka dengan berhasilnya projek pembangunan jembatan tersebut nanti, maka juga akan berdampak positif terhadap pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia. 

Saat ini Indonesia juga sedang berusaha untuk dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur agar dapat lebih mensejahterakan kehidupan masyarakat di dalamnya.

Pergerakan ekonomi yang mengikutsertakan andil pemerintah didalamnya pasti harus terorganisir atau terkendali dengan baik dan benar. Misalnya pada perdagangan domestic antara kedua pulau contohnya Pulau Bengkalis dan Pulau Meranti ini. 

Dengan adanya jembatan yang akan dibangun nanti maka akan mampu memperlancar kegiatan perdagangan. 

Negara Indonesia yang memang mempunyai beberapa negara tetangga pastinya hanya melewati jalur yang sederhana seperti jembatan akan sangat mudah untuk dilewati.

Jembatan adalah bangunan yang menyerupai jalan penghubung antara satu tempat ke tempat lain dimana pembuatannya bertujuan agar dapat mempermudah akses masyarakat. 

Disisi lain, terdapat manfaat dari segi ekonomi bagi masyarakat setempat khususnya bagi masyarakat Pulau Bengkalis dan Pulau Meranti, diantaranya sebagai berikut:

1. Adanya aktivitas atau kegiatan ekonomi berupa jasa tempat peristirahatan dan penjualan barang khas dari masing-masing pulau pada titik strategis penjualan di jembatan yang akan dibangun nanti.

2. Dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat masing-masing pulau.

3. Memudahkan kendaraan angkutan penumpang yang melintasi jembatan dengan jarak tempuh yang jauh lebih dekat.

4. Munculnya aktivitas ekonomi dalam bentuk pengiriman barang dan jasa diantara dua tempat yang dihubungkan oleh jembatan tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembangunan jembatan yang menghubungan Pulau Bengkalis dengan Pulau Tanjung Padang, Kepulauan Meranti ini tidak hanya berpengaruh terhadap pembangunan infrastruktur saja, melainkan juga berdampak positif terhadap pembangunan ekonomi baik itu dari masing-masing pulau maupun untuk pembangunan ekonomi negara Indonesia.

Untuk itu diharapkan pembangunan jembatan akan diberlakukan secara merata di daerah lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. *


Penulis
Riani Fitra Febriani
Mahasiswi UIN Suska Riau, Jurusan Ilmu Administrasi Negara 



 
Berita Terkini:
  • April Group Umumkan Periode Rawan Kebakaran Hutan Dan Lahan
  • RAPP Ciptakan Karyawan Berdaya Saing Unggul
  • Sinergi PTPN V - PNM Perkuat UMKM Kampung Ayam Pedaging Kampar
  • Gubernur Riau Kenang Tjahjo Kumolo Sosok Yang Sederhana dan Responsif
  • Bank Riau Kepri Raih Peringkat Pertama Call Center BSE Award 2022
  • Gubernur se-Sumatera Kumpul di Riau Bahas 5 Program Strategis
  • PTPN V Raih 15 Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja
  • Riau Tuan Rumah Pertemuan Gubernur se-Sumatera
  • Pengaruh Pembangunan Industri dan Infrastruktur Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pulau Rupat
  • Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melejit, Waktu Yang Tepat Memulai Pembangunan Secara Merata
  • Kerjasama dengan Pemkab Pelalawan, PT RAPP-APR Gelar Sunatan Massal Gratis
  • FORKI Pelalawan Raih Juara III di Kejurprov
  • Misnarni Syamsuar Habiskan Waktu Akhir Pekan Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Panti Asuhan
  • Bupati Kampar Apresiasi Reaksi Cepat PTPN V Bantu Korban Banjir Kasikan
  • Haru Bahagia Calon Jemaah Haji PTPN V
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    7 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 05/06/2022 - 19:55 WIB
    Koalisi Indonesia Bersatu Membawa Kesejukan Untuk Riau Lebih Baik
    PHR WK Rokan Luncurkan ProKlim di Riau
    Datuk Setia Amanah Kukuhkan Pimpinan LAMR
    Gubri Borong Anugerah Adinata Syari'ah 2022
    Riau Peringkat 1 di Sumatra, Investasi APRIL Terbesar
    Membangun Dari Desa, Apa Saja yang telah dilaksanakan Gubernur Syamsuar
    DPRD Pelalawan Sampaikan Aspirasi Masyarakat Dalam Paripurna
    Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
    Cegah Karhutla di Masa Pandemi
    PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
    Logo HUT Riau-64 Penuh Makna
    Memulai Karir di Pemerintah dari Penghulu
    Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir
    Gubernur Riau Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Asrama Haji
    Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, RAPP Dukung Pemulihan Ekonomi Sektor Hutan Tanaman Industri
    Puluhan Karangan Bunga Berdatangan ke Sekretariat DPC Demokrat Pekanbaru
    Santer Isu Bakal Bertarung di Pilwako, Dua Anggota DPRD Riau Terlihat Hadiri Festival Rebana
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved