www.transriau.com
15:16 WIB - Aksi Kemanusiaan PHR Berhasil Kumpulkan 1.739 Kantong Darah | 09:17 WIB - Ribuan Anak TK Ikuti Edukasi PHR Tentang Bahaya Api | 18:09 WIB - BPMP Riau Bersama Tim Program Editor Dirjen Kemendikbud RI Sambangi Pelalawan | 18:05 WIB - Polres Pelalawan Berhasil Amankan 5,1 Kg Sabu dan Happy Five 3.250 Butir dari Orang Tersangka | 21:16 WIB - Member JLC Asal Pasuruan Menangkan Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023 | 17:43 WIB - Sudah Berjalan Hingga Angkatan ke-4, Program Magang Kerja PHR Dinilai Kurangi Pengangguran di Riau
  Jum'at, 01 Maret 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Perhutani Forestry Institute Jadikan PTPN V Model Transformasi Digitalisasi

Kamis, 22/12/2022 - 10:58:02 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Perhutani Forestry Institute yang merupakan Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhutani menjadikan PT Perkebunan Nusantara V sebagai model dalam pengembangan transformasi dan digitalisasi yang tengah diusung perusahaan pengelola sumber daya hutan tersebut. 

Kepala Perhutani Forestry Institute, Farid Januardi di Pekanbaru, Kamis (22/12/2022) mengakui bahwa PT Perkebunan Nusantara V berhasil dalam melaksanakan program transformasi dan digitalisasi dengan begitu cepat dan terstruktur selama empat tahun terakhir dan berdampak pada kinerja keuangan yang memuaskan. 

"PTPN V sebagai saudara seklaster kami berhasil dalam transformasi bisnis dan pendekatan digitalisasi yang ber impact pada kinerja keuangan luar biasa," kata Farid saat melakukan kunjungan Benchmark di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru, Riau. 

Menurut Farid, transformasi serta digitalisasi yang diusung PTPN V secara lebih luas berdampak positif pada perubahan budaya kerja. Berbeda dengan perusahaan lain, PTPN V mampu menerapkan program ini dengan masif hingga terjadi peningkatan kapasitas sumber daya manusia begitu cepat. 

Ia mengatakan bahwa Perhutani saat ini dalam proses melaksanakan transformasi dan menerapkan pendekatan digitalisasi. 

Meski begitu, menurut dia pelaksanaan kedua program tersebut belum berjalan maksimal sehingga melalui Perhutani Forestry Institute perlu mempelajari program yang telah diterapkan anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero tersebut. 

"Kami saat ini sedang transformasi. Upaya digitalisasi juga sedang berjalan. Meski begitu, langkah Re-engineering kami belum _running well_. Untuk itu, kami ingin belajar. Kami kosongkan gelas kami, ingin diisi sepenuhnya dari sini. Apa saja kiat kiat PTPN V, tantangan, bagaimana mengelola dan penerapan di lapangan seperti apa," paparnya. 

Kepala Bagian Perencanaan, Sustainability, dan Teknologi Informasi PTPN V, Ifri Handi Lubis dan jajaran serta perwakilan manajemen PTPN V menerima langsung kunjungan kerja Perhutani Forestry Institute (PeFI). 

Dalam penjelasannya, Ifri menjelaskan bahwa keberhasilan PTPN V dalam melaksanakan transformasi digitalisasi berangkat dari dukungan penuh dan komitmen CEO PTPN V, Jatmiko Santosa. 

"Direktur sering menyampaikan kepada kami bahwa mengelola industri perkebunan itu bukan sekedar mengelola tanah, tanaman, pengolahan. Namun, lebih luas adalah mengelola sumber daya manusia," kata Ifri. 

Untuk itu, tujuan besar utama transformasi dan digitalisasi adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia secara menyeluruh. Karyawan perusahaan, mulai dari tingkat pemanen, krani, staf yang berada di kebun, pengolahan, hingga transportasi seluruhnya dibekali dengan aplikasi digital.  

Dengan begitu, lanjut dia, arahan CEO Jatmiko Santosa untuk menjaga integritas, ketaatan pada standar operasional prosedur serta validitas laporan bisa terpenuhi. 

Selain itu, ia juga mengatakan Jatmiko yang dinobatkan sebagai Top 100 CEO terbaik tahun 2022 versi Infobank itu turut membuka ruang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan PTPN V untuk berinovasi dengan sentuhan teknologi. Setiap inovasi yang dihasilkan selanjutnya dievaluasi secara berkesinambungan. 

"Kemudian, kita juga diajarkan akan kedisplinan waktu, disiplin eksekusi, dan penerapan. Intinya pak Direktur sangat terbuka. Penerapan reward and punishment juga sangat jelas. Sehingga, resep utama beliau tentang integritas, ketaatan SOP, dan validitas report yang disampaikan kepada kami dapat diimplementasikan sangat baik," paparnya. 

PTPN V sendiri telah menargetkan segera menerapkan integrasi penuh digitalisasi atau fully integrated melalui E-Plantation pada 2023 mendatang. Integrasi tersebut meliputi penerapan Dashboard Geo Artificial Intelligence serta Fully Integrated Digital Initiatives & Portal Web Geographic Information System (GIS), enterprise resource planning (ERP) dan System Application and Product in Data Processing (SAP).

“Bergerak menuju 4.0 adalah keniscayaan yang tak mungkin dihindarkan,” kata CEO PTPN V, Jatmiko Santosa..

Sosok yang baru saja membawa PTPN V meraih penghargaan anak perusahaan perkebunan BUMN terbaik di Indonesia kategori The Best State Owned Enterprise 2022 itu mengatakan bahwa saat ini PTPN V dalam fase menerapkan semi Integrasi E-Plantation.

Integrasi itu meliputi manajemen biaya transportasi atau Towing Management Cost serta kontrol produksi dan potensi kecurangan atau Production & Fraud Control.

Sejak menakhodai PTPN V medio 2019 silam, Jatmiko terus mendorong transformasi secara masif, termasuk diantaranya adalah transformasi digital.

Diawali dari Penguatan Infrastruktur dan Partial Implementation pada 2020, PTPN V mulai menerapkan pemantauan produksi melalui aplikasi, penggunaan peralatan canggih geospasial, penerapan Millena atau Mill excellence Indicator, serta penggunaan digital score board.

Setahun berselang, program digitalisasi yang telah diterapkan kian disempurnakan dan diperluas hingga menjangkau produksi pemasaran dan keuangan.

Selama memimpin PTPN V dan menggelorakan semangat transformasi digital, Jatmiko turut mendorong karyawan perusahaan yang sepanjang 2021 lalu mencatatkan kinerja keuangan gemilang untuk berinovasi dan berkreasi.

Seluruh aplikasi yang telah dibangun tersebut selanjutnya akan diintegrasikan secara bertahap, hingga pada 2023 mendatang integrasi seluruh sistem digital PTPN V dapat tercapai.

Menurutnya, penerapan transformasi digital merupakan keharusan sebagai upaya menambah kapasitas manusia, meningkatkan efektivitas pengawasan dan evaluasi, serta efektifitas pengambilan keputusan.

Kemudian, dalam transformasi digital, PTPN V juga mendorong digitalisasi pada petani plasma melalui pemetaan presisi berbasis geospasial juga menjadi concern perusahaan.

Ia menuturkan penerapan digitalisasi di PTPN V selama tiga tahun terakhir, berbanding lurus tidak hanya terhadap kualitas kebijakan dan keputusan yang diambil, tetapi juga dengan peningkatan revenue enhancement yang mencapai Rp103 miliar.

Ia mengatakan konsistensi PTPN V dalam melakukan transformasi dan digitalisasi secara berkesinambungan sepanjang tiga tahun terakhir berbuah manis dengan membawa perusahaan plat merah tersebut memecahkan rekor laba bersih dua tahun berturut-turut.

Pada 2020, PTPN V mencatat laba bersih sebesar Rp417 miliar dan merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah kala itu. Setahun berikutnya, perusahaan kembali mencatatkan laba bersih tertinggi sepanjang sejarah mencapai Rp1,31 triliun pada 2021. rls



 
Berita Terkini:
  • Aksi Kemanusiaan PHR Berhasil Kumpulkan 1.739 Kantong Darah
  • Ribuan Anak TK Ikuti Edukasi PHR Tentang Bahaya Api
  • BPMP Riau Bersama Tim Program Editor Dirjen Kemendikbud RI Sambangi Pelalawan
  • Polres Pelalawan Berhasil Amankan 5,1 Kg Sabu dan Happy Five 3.250 Butir dari Orang Tersangka
  • Member JLC Asal Pasuruan Menangkan Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023
  • Sudah Berjalan Hingga Angkatan ke-4, Program Magang Kerja PHR Dinilai Kurangi Pengangguran di Riau
  • Indosat Gandeng Huawei untuk Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
  • PHR Gandeng Pertamina Drilling Lakukan Pengeboran Terintegrasi
  • Petani Sawit Kalbar Adopsi Pola Kemitraan Petani dan PTPN IV Regional 3 Riau
  • IOH Bersama Operator Telekomunikasi Indonesia Lainnya Hadirkan Tiga Layanan API
  • Sinergi RS Awal Bros-Regional 3 PTPN IV PalmCo Hadirkan Jaminan Kesehatan Karyawan Berkualitas
  • Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan
  • Peduli Sampah, Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Riau
  • GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
  • Prediksi Partai Politik Bakal Duduk di DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 06/12/2023 - 16:13 WIB
    Desa Tanjung Punak Binaan PHR Raih Juara I Apresiasi Desa Wisata Riau
    Pertamina Hulu Rokan Paparkan Inovasi Lahan Basah Buatan di Gelaran COP28
    Raih CSR Award Bengkalis
    PHR Sukses Jaga Ekosistem dan Antisipasi Konflik Gajah-Manusia
    Skill Pengolahan Limbah Sawit Menjadi Kerajinan Tangan
    Kiat Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas Ala Pemuda RiyoLC PHR
    Golkar Riau Patuh Putusan DPP Dukung Prabowo Capres 2024
    Pengabdian Mahasiswa KKN Terintegrasi Universitas Riau 2023
    Mahasiswa KKN UNRI Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Banglas Meranti
    Jalin Silaturahmi dari Generasi ke Generasi, IKB SMPN 5 Pekanbaru Gelar Reuni Akbar
    Kisah Magang Putra Putri Riau di PHR
    Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional
    Kiat Memenangkan Hati Gen Z di 2024
    Maju Ketum PWI, Zulmansyah Mohon Restu dan Perkaya Ilmu
    Dua Caketum PWI Pusat Kembali Silaturrahmi, Banyak Kesamaan Misi
    Catatan Zulmansyah, Ketua PWI Riau
    Safari Jurnalistik PWI Riau ke Turki, Sekaligus Menonton Final Liga Champions UEFA
    Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia
    Bangun Tugu Bono Rp7,8 Miliar, EMP Bentu Ltd MoU dengan Pemkab Pelalawan
    Pak Syam Membangun Riau
    Awal Mula Menancap Pada 2019 Membangun Infrastruktur
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved