www.transriau.com
15:16 WIB - Aksi Kemanusiaan PHR Berhasil Kumpulkan 1.739 Kantong Darah | 09:17 WIB - Ribuan Anak TK Ikuti Edukasi PHR Tentang Bahaya Api | 18:09 WIB - BPMP Riau Bersama Tim Program Editor Dirjen Kemendikbud RI Sambangi Pelalawan | 18:05 WIB - Polres Pelalawan Berhasil Amankan 5,1 Kg Sabu dan Happy Five 3.250 Butir dari Orang Tersangka | 21:16 WIB - Member JLC Asal Pasuruan Menangkan Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023 | 17:43 WIB - Sudah Berjalan Hingga Angkatan ke-4, Program Magang Kerja PHR Dinilai Kurangi Pengangguran di Riau
  Jum'at, 01 Maret 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia

Jumat, 19/05/2023 - 19:55:58 WIB
PT Pertamina Hulu Rokan bersama mitra pelaksana LPPM Unilak telah mengembangkan 100 kelompok Bank Sampah inti maupun unit termasuk sekolah Adiwiyata. Program Bank Sampah turut mendorong perekonomian masyarakat atas daur ulang.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkomitmen dalam mendukung terciptanya kondisi bumi yang lebih baik dengan menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia. Beberapa aksi nyata telah dilakukan PHR di tengah perannya sebagai penopang energi nasional. Apa saja aksi nyata tersebut?

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, industri minyak dan gas (migas) menghadapi tantangan terjadinya peningkatan emisi secara gradual yang perlu dimitigasi di tengah pemenuhan target migas nasional. Meski demikian, berbagai upaya telah dilakukan PHR dalam upaya mendukung terciptanya lingkungan yang lebih baik dan dalam upaya mencapai Zero Routine Flaring (penurunan gas suar bakar) di tahun 2030.

“PHR memiliki komitmen yang tertuang di dalam HES Policy untuk menerapkan Environmental, Social and Governance (ESG) khususnya indikator yang terkait dengan penurunan emisi karbon,” kata Rudi, Jumat (19/5/2023).

Dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca di Indonesia, berbagai upaya dilakukan PHR. Di antaranya dengan memanfaatkan associated gas untuk kebutuhan gas kompresor dan gas turbin sehingga dapat mengurangi volume flaring (bakar suar). Untuk diketahui, potensi pemanfaatan total flaring saat ini maksimum sebanyak 200.000 ton CO2 dengan volume sekitar 5 mscfd (juta standar kaki kubik per hari).

“Kami juga berinisiatif untuk melakukan pengembangan energi terbarukan dengan didirikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang kami bangun di tengah kawasan produksi minyak nasional di area wilayah kerja Rokan yakni di Rumbai, Duri dan Dumai,” kata Rudi.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama mitra pelaksana Yayasan Rumah Energi (YRE) mendukung Program Desa Energi Berdikari di Desa Mukti Sari, Kecamatan Tapung, Kampar. Sebanyak 9 reaktor biogas telah dibangun untuk kemandirian energi masyarakat.

Selain itu, lanjut Rudi, PHR juga melakukan penjagaan kawasan hutan asli yang ada di area operasi PHR dan kompleks perumahan PHR di kawasan Rumbai, Duri dan Dumai dengan luas 200 hektare dalam mendukung penyerapan karbon.

“Jadi, di Riau ini secara umum suhunya panas, namun jika ada kesempatan berkunjungan ke kamp PHR di Rumbai, Duri dan Dumai akan bisa merasakan suasana yang berbeda. Karena kami menjaga hutan asli di sini, bahkan sehari-hari masih bisa berjumpa dengan hewan liar seperti kera, babi hutan dan lain-lain. Ini upaya kami dalam menjaga kelestarian hutan yang luasnya ratusan hektare dan menjadi kontribusi untuk memotong CO2,” jelas Rudi.

PHR juga berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau melakukan program konservasi hutan mangrove dan memanfaatkannya sebagai Kawasan Ecoeduwisata Bandar Bakau di Dumai. Langkah nyata lainnya yakni, PHR melakukan pembangunan pengolahan air terproduksi berbasis Natural Based Solution (NBS) berupa constructed wetland atau lahan basah buatan untuk pengolahan air limbah.

“Wetland dengan operasi 4 unit yang bisa menghemat energi hingga 1,6 juta KWH per bulan. Ke depan, dengan pembangunan wetland di 15 stasiun pengumpul yang bisa menghemat energi hingga 6,3 juta KWH per bulan,” kata Rudi.

PHR juga melakukan restorasi Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) dan ecoriparian di Universitas Lancang Kuning serta pendaftaran aksi mitigasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan penyusunan Panduan Pengembangan Dokumen dan Rancangan Aksi (Pedoman DRAM) sebagai bagian dari perhitungan carbon credit PHR.

“Kami juga melakukan  pembangunan green building untuk fasilitas HSSE training di kompleks perumahan PHR di Rumbai dan Duri berikut dengan proses sertifikasi EDGE dan greenship fasilitas tersebut,” katanya.

Lewat Program Rumah Inovatif, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkolaborasi dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) serta mitra pelaksana Cakra Consulting mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kepenghuluan Sintong Pusaka, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir. salah satunya demplot Pertanian Lahan tanpa Bakar (PLTB) sebagai upaya melindungi ekosistem gambut.

Rudi menambahkan, lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PHR juga fokus dalam pelestarian keanekaragaman hayati dalam upaya menciptakan lingkungan bumi yang lebih baik. Di antaranya, membuat program Bank Sampah yang melibatkan masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi produk turunan yang bermanfaat. Selain itu, PHR juga melakukan kegiatan konservasi gajah di mana bertujuan untuk pemulihan habitat gajah, pengayaan pakan dan memitigasi keberadaan dan konflik antara gajah dengan manusia dengan memasangkan alat Global Positioning System (GPS).

Tak hanya itu, lanjut Rudi, PHR juga membuat program Desa Energi Berdikari di WK Rokan yang fokus pada dukungan terhadap kemandirian energi di tingkat masyarakat desa. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan dan pengembangan energi baru dan terbarukan. PHR juga membuat Program Kampung Iklim (Proklim) yang merupakan kegiatan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas berupa penguatan kelembagaan baik berupa inventarisasi data pendukung, studi banding, monitoring dan evaluasi serta publikasi program hingga pelaksanaan kegiatan.

“Seluruh kegiatan dan program yang dilakukan PHR ini merupakan ikhtiar nyata dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia untuk menciptakan iklim lingkungan yang lebih baik untuk kita dan generasi mendatang,” kata Rudi. (Adv)




 
Berita Terkini:
  • Aksi Kemanusiaan PHR Berhasil Kumpulkan 1.739 Kantong Darah
  • Ribuan Anak TK Ikuti Edukasi PHR Tentang Bahaya Api
  • BPMP Riau Bersama Tim Program Editor Dirjen Kemendikbud RI Sambangi Pelalawan
  • Polres Pelalawan Berhasil Amankan 5,1 Kg Sabu dan Happy Five 3.250 Butir dari Orang Tersangka
  • Member JLC Asal Pasuruan Menangkan Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023
  • Sudah Berjalan Hingga Angkatan ke-4, Program Magang Kerja PHR Dinilai Kurangi Pengangguran di Riau
  • Indosat Gandeng Huawei untuk Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
  • PHR Gandeng Pertamina Drilling Lakukan Pengeboran Terintegrasi
  • Petani Sawit Kalbar Adopsi Pola Kemitraan Petani dan PTPN IV Regional 3 Riau
  • IOH Bersama Operator Telekomunikasi Indonesia Lainnya Hadirkan Tiga Layanan API
  • Sinergi RS Awal Bros-Regional 3 PTPN IV PalmCo Hadirkan Jaminan Kesehatan Karyawan Berkualitas
  • Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan
  • Peduli Sampah, Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Riau
  • GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
  • Prediksi Partai Politik Bakal Duduk di DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 06/12/2023 - 16:13 WIB
    Desa Tanjung Punak Binaan PHR Raih Juara I Apresiasi Desa Wisata Riau
    Pertamina Hulu Rokan Paparkan Inovasi Lahan Basah Buatan di Gelaran COP28
    Raih CSR Award Bengkalis
    PHR Sukses Jaga Ekosistem dan Antisipasi Konflik Gajah-Manusia
    Skill Pengolahan Limbah Sawit Menjadi Kerajinan Tangan
    Kiat Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas Ala Pemuda RiyoLC PHR
    Golkar Riau Patuh Putusan DPP Dukung Prabowo Capres 2024
    Pengabdian Mahasiswa KKN Terintegrasi Universitas Riau 2023
    Mahasiswa KKN UNRI Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Banglas Meranti
    Jalin Silaturahmi dari Generasi ke Generasi, IKB SMPN 5 Pekanbaru Gelar Reuni Akbar
    Kisah Magang Putra Putri Riau di PHR
    Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional
    Kiat Memenangkan Hati Gen Z di 2024
    Maju Ketum PWI, Zulmansyah Mohon Restu dan Perkaya Ilmu
    Dua Caketum PWI Pusat Kembali Silaturrahmi, Banyak Kesamaan Misi
    Catatan Zulmansyah, Ketua PWI Riau
    Safari Jurnalistik PWI Riau ke Turki, Sekaligus Menonton Final Liga Champions UEFA
    Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia
    Bangun Tugu Bono Rp7,8 Miliar, EMP Bentu Ltd MoU dengan Pemkab Pelalawan
    Pak Syam Membangun Riau
    Awal Mula Menancap Pada 2019 Membangun Infrastruktur
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved