www.transriau.com
15:33 WIB - IOH Bersama Operator Telekomunikasi Indonesia Lainnya Hadirkan Tiga Layanan API | 15:25 WIB - Sinergi RS Awal Bros-Regional 3 PTPN IV PalmCo Hadirkan Jaminan Kesehatan Karyawan Berkualitas | 15:22 WIB - Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan | 15:19 WIB - Peduli Sampah, Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Riau | 12:31 WIB - GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia | 14:32 WIB - Prediksi Partai Politik Bakal Duduk di DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru
  Minggu, 25 Februari 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Kisah Magang Putra Putri Riau di PHR
Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional

Senin, 10/07/2023 - 15:51:55 WIB
Peserta magang kerja bersama seorang mentor saat beraktivitas di Digital Innovation Center (DICE), di Komplek PHR Rumbai, Pekanbaru. (Dok. Humas PHR)
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Putra dan putri Riau merasakan beragam manfaat selama menjalani program magang kerja Angkatan II di PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan. Mereka mendapat banyak kesempatan dalam mengimplementasikan ilmu, belajar serta turut berkontribusi menjaga ketahanan energi nasional.
 
Pengalaman berharga selama enam bulan ini membuat putra-putri Riau semakin mapan dalam menyongsong dunia kerja yang sebenarnya. Seperti yang dirasakan Sulistio Fuaji, ia mengaku senang dan bangga bisa belajar serta dibimbing langsung para ahlinya di fungsi Operations and Maintence (O&M).
 
“Lingkungan kerja yang mendukung. Saya merasakan tidak ada jarak antara pekerja dan peserta magang membuat saya bersemangat untuk terus belajar dan berkontribusi,” katanya.
 
Fuaji ditugaskan di stasiun pengumpul atau biasa disebut Gathering Station (GS) di Minas. Ia mengaku tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk terus belajar dan menimba ilmu dari para mentor.

"Di Gathering Station saya bisa mengetahui alur proses pemisahan fluida dari well hingga menjadi minyak mentah. Saya juga mengerti fungsi dari masing-masing fasilitas atau kelengkapan yang ada di GS," tuturnya.

Lebih dari itu, budaya kerja yang memegang teguh nilai-nilai akhlak membuat Fuaji banyak belajar tentang disiplin dan keteladanan dari para pekerja.

"Saya diharuskan untuk amanah dan kompeten dalam menjalankan tugas, harmonis dalam bekerja tanpa memandang latar belakang, loyal terhadap perusahaan dan atasan, mampu beradaptasi serta berkolaborasi agar tugas dan tanggung jawab dapat terselesaikan dengan baik,” paparnya.  
 
Peserta magang kerja saat melakukan peninjauan Ekoriparian dan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) yang dibangun PHR sebagai komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Kampus Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru. (Dok. Humas PHR)

Hal serupa dirasakan Nanda Hasim, banyak pengalaman berkesan dan menarik dirasakannya selama mengikuti program magang kerja di fungsi Operations and Maintenance (O&M).

“Bekerja dengan integritas yang tinggi serta dibimbing oleh mentor untuk pengembangan SDM yang berdaya saing. Terima kasih kepada mentor dan PHR yang sudah memberikan kesempatan luar biasa ini,” jelasnya.
 
Beda lagi dengan pengalaman Dhita Khairu Annisa yang terjun di Corporate Secretary PHR. Lulusan Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia (UII) ini bersyukur dapat kesempatan belajar dalam membangun komunikasi perusahaan ke pihak-pihak pemangku kepentingan.

“Saya diajarkan langsung oleh mentor yang hebat dan berpengalaman di bidangnya. Bagaimana kita melakukan  engagement kepada stakeholder terkait baik pemerintah, masyarakat, kampus dan sekolah demi menjalin hubungan yang baik untuk kelangsungan dan kelancara operasi perusahaan. Semoga saya dapat memberikan kontribusi terbaik saya untuk PHR, di mana PHR yang merupakan salah satu perusahaan penyokong energi nasional,” ucapnya.
 
Tak kalah seru pengalaman dari Dewi Puspa Suri yang juga tergabung di Corporate Secretary PHR. Lulusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau (UIR) ini mengaku banyak belajar tentang dunia public relation. Ia bersama rekan mendapat kesempatan belajar dalam pengembangan keterampilan lewat sharing session dan praktik langsung dalam urusan komunikasi perusahaan baik dengan pemangku kepentingan, media massa dan masyarakat lewat beberapa program kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).  
 
“Saya merasakan terjun dalam dunia kerja sesungguhnya. Berkesempatan dalam mendukung peranan penting organisasi mengemban beberapa tugas utama sebagai public relation, seperti mengelola komunikasi untuk pihak internal dan eksternal, menjalin hubungan baik dengan berbagai media serta melakukan pendampingan tamu VVIP, VIP dan mitra organisasi,” paparnya.
 
Pengalaman magang kerja di PHR membuat Dewi merasa lebih terampil dan percaya diri dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.  

“Saya menerima banyak manfaat dan pengalaman dalam peningkatan nilai-nilai budaya organisasi, keterampilan baru yang relevan di bidang public relation. Berkat program ini saya merasa lebih kompeten dan menjadi sumber daya manusia yang lebih cakap. Bekal ini membawa kepercayaan diri saya untuk terjun ke dunia kerja nanti,” ucapnya.

Dua peserta magang kerja angkatan II bersama seorang mentor saat meninjau Taman Ekoriparian yang dikembangkan PHR di Kampus Unilak, Pekanbaru. (Dok. Humas PHR)

Sementara itu, VP Human Capital PHR WK Rokan Fahmi Hatta mengatakan, program magang kerja ini merupakan bagian dari Upaya PHR untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Putra-putri Riau. Lewat program ini, PHR membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik Riau untuk turut berkontribusi dalam pengembangan kekayaan migas di Blok Rokan.
 
“Lewat program ini hendaknya akan muncul talenta-talenta muda yang terampil dan berdaya saing serta siap  berkontribusi dalam membangun bangsa,” ujarnya.
 
Setelah sukses menggelar program magang Angkatan I dan Angkatan II, PHR Kembali membuka program magang Angkatan III untuk putra dan putri Riau. Program magang disambut antusias tinggi anak-anak Riau. Sejak dibuka 19 Juni 2023, hingga batas akhir pendaftaran 25 Juni 2023 jumlah pendaftar mencapai 18.850 orang. Komitmen PHR dalam membuka program magang kerja secara berkala menunjukkan perhatian serius perusahaan dalam pengembangan SDM Riau.

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018. Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021.

Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina.

Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan. (Adv)



 
Berita Terkini:
  • IOH Bersama Operator Telekomunikasi Indonesia Lainnya Hadirkan Tiga Layanan API
  • Sinergi RS Awal Bros-Regional 3 PTPN IV PalmCo Hadirkan Jaminan Kesehatan Karyawan Berkualitas
  • Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan
  • Peduli Sampah, Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Riau
  • GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
  • Prediksi Partai Politik Bakal Duduk di DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru
  • Ruby Mulyawan, Ahli Perminyakan Pulang Kampung ke Blok Rokan Jadi Dirut PHR
  • PT Arara Abadi Berikan Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Korban Banjir di Sungai Mandau
  • PTPN IV PalmCo Regional 3 Perkuat Stok Sembako di BPBD Pekanbaru Untuk Korban Bencana Banjir
  • Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi MNK Kelok di Blok Rokan, PHR Bagikan Ratusan Sembako ke Warga
  • PHR Kembali Gelar Magang Kerja, Diikuti 111 Putra dan Putri Terbaik Riau
  • PTPN IV PalmCo Regional 3 Lanjutkan Penyediaan Bibit Sawit Unggul Bersertifikat
  • Mobilio Indonesia Region Riau Mengikuti Turnamen Badminton FOR Cup 1
  • PHR Gandeng Pertamina Drilling Tajak Sumur Eksplorasi MNK Kedua di Blok Rokan
  • Karyawan SGN PG Rendeng Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Demak
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 06/12/2023 - 16:13 WIB
    Desa Tanjung Punak Binaan PHR Raih Juara I Apresiasi Desa Wisata Riau
    Pertamina Hulu Rokan Paparkan Inovasi Lahan Basah Buatan di Gelaran COP28
    Raih CSR Award Bengkalis
    PHR Sukses Jaga Ekosistem dan Antisipasi Konflik Gajah-Manusia
    Skill Pengolahan Limbah Sawit Menjadi Kerajinan Tangan
    Kiat Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas Ala Pemuda RiyoLC PHR
    Golkar Riau Patuh Putusan DPP Dukung Prabowo Capres 2024
    Pengabdian Mahasiswa KKN Terintegrasi Universitas Riau 2023
    Mahasiswa KKN UNRI Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Banglas Meranti
    Jalin Silaturahmi dari Generasi ke Generasi, IKB SMPN 5 Pekanbaru Gelar Reuni Akbar
    Kisah Magang Putra Putri Riau di PHR
    Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional
    Kiat Memenangkan Hati Gen Z di 2024
    Maju Ketum PWI, Zulmansyah Mohon Restu dan Perkaya Ilmu
    Dua Caketum PWI Pusat Kembali Silaturrahmi, Banyak Kesamaan Misi
    Catatan Zulmansyah, Ketua PWI Riau
    Safari Jurnalistik PWI Riau ke Turki, Sekaligus Menonton Final Liga Champions UEFA
    Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia
    Bangun Tugu Bono Rp7,8 Miliar, EMP Bentu Ltd MoU dengan Pemkab Pelalawan
    Pak Syam Membangun Riau
    Awal Mula Menancap Pada 2019 Membangun Infrastruktur
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved