www.transriau.com
22:52 WIB - Peningkatan Kualitas SDM jadi Prioritas di Musrenbang RKPD 2019 | 22:50 WIB - Firdaus : Kawasan Industri Tenayan Raya Meningkatkan Daya Saing Ekspor | 22:42 WIB - DPRD Riau Sidak PT SLS Dan PT ADEI di Kabupaten Pelalawan | 22:33 WIB - DPRD Riau Bersama Dishub dan Polda Riau Amankan 7 Truk Melebihi Tonase di Jalan Lintas Timur | 22:16 WIB - Musrenbang Kabupaten Kampar 2019 Sekaligus Launching Aplikasi E-Monev | 22:03 WIB - Bank Riau Kepri Serahkan CSR Kepada Pemkab Inhil Pembangunan Ponpes Anwarul Ulum
  Rabu, 27 Maret 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Ground Breaking Pembangunan SPAM Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis

Jumat, 06/10/2017 - 15:56:19 WIB
Ground breaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) Senin, 21 Agustus 2017
TERKAIT:
 
  • Ground Breaking Pembangunan SPAM Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis
  •  

    Ground breaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) resmi dilakukan. Pembangunan sarana dan prasarana air bersih tersebut tersebut ditandai pemancangan tiang pertama oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

    Usai pemancangan tiang pertama yang ditandai deng­an pemotongan satu ekor kambing di tiang pertama, dilanjutkan dengan penekanan tombol serine, dan penandatanganan kerja sama antara ketiga kabupaten Kota, Pemprov Riau dan Kementerian PUPR

    Diikuti Dirjend Sumber Daya Air (SDA) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diwakili Direktur Pengembangan Air Minum Muhammad Sundoro. Kemudian ketiga kepala daerah yang masuk dalam pembangunan program SPAM Durolis, yakni Walikota Dumai Zulkipli AS, Bupati Rokan Hilir Suyatno serta Bupati Bengkalis

    Pemancangan tiang pertama tersebut menandai dimulainya pelaksanaan pembangunan air minum yang layak di kawasan pesisir Riau khususnya ketiga daerah tersebut merupakan tindak lanjut atas kesepakatan dan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani pada 18 juli lalu. Yakni, antara pemerintah provinsi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta ketiga pemerintah kabupaten dan kota.

    "Melalui program SPAM Durolis diharapkan akan mampu menjawab persoalan air bersih yang selama dinanti masyarakat Riau bagian pesisir, khususnya tiga kabupaten itu," kata Gubernur Riau yang lebih akrab disapa Andi Rachman, Senin (21/8/2017) di Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir

    Diharapkan persoalan air bersih yang selama ini jadi persoalan di tiga daerah ini dapat diatasi dan dapat dinikmati masyarakat. Kemudian Andi juga berharap, karena investasi pembangunan mencapai ratus miliar maka sudah seharusnya dapat dijaga masyarakat juga, termasuk keberlangsungan sungai dari potensi pedangkalan.

    Kemudian pembangunan SPAM Durolis ini, akan dibangun tower yang saat ini sudah didesign. Selain dapat menjadi sumber air bersih bagi warga, juga nantinya paling tidak tempat SPAM Durolis ini bisa menjadi objek wisata lokal.

    "Kita doakan hal ini dapat terwujud. Ini untuk kepentingan rakyat, Dumai belum ada pengolahan air bersih. Begitu juga dengan Rohil dan Bengkalis," ujar Andi.

    Sementara itu, Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp dalam kata sambutannya menyampaiakan, hari ini merupakan hari yang bersejarah untuk Kota Dumai, Bengkalis dan khususnya untuk Rokan Hilir (Rohil), karena pembangunan Durolis ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tahap pertama pembangunan untuk pembangunan pipa dari rumah ke rumah sebesar Rp28 miliar.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Ground breaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) Senin, 21 Agustus 2017

    Untuk pembangunan SPAM Durolis tersebut, Bupati H Suyatno AMp mendapat usulan dari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Rokan Hilir, agar nama pembangunan SPAM Durolis supaya diganti menjadi SPAM Rodulis (Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis). "Karena sumber bahan baku air tersebut berasal dari Rokan Hilir," ucapnya.
     
    Ground breaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) ini menjadi hari yang bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hilir. Di mana impian masyarakat khususnya Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis, untuk menikmati air bersih akhirnya terwujud.

    Sesuai dengan janji dari Gubernur Riau dan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) pembangunan Sistem Penye­diaan Air Minum (SPAM) regional, Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis), di mulai tahun ini.

    Pembangunan SPAM Durolis di lahan seluas dua hektare ini, akan mulai dinikmati ratusan ribu masyarakat Durolis pada awal tahun 2019. Dan investasi pada SPAM Durolis mencapai Rp672,01 miliar untuk kapasitas air 1.500 L/det.

    Berikut tahapan pembangunan SPAM Durolis, tahap pertama 2017-2018 total investasi 672,01 Miliar, unit air baku dan transmisi Rp39,62 Miliar, unit produksi Rp70 miliar, JDU dan off take Rp562,34 miliar.

    Tahap II 2019-2022 unit profuksi Rp70 miliar, tahap III 2023-2025 unit produksi RP70 miliar, dan tahap IV 2026-2040 unit produksi Rp70 miliar.

    Lingkup wilayah terdiri dari, Kota Dumai, Kecamatan Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan. Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Tanjung Belawan, Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, dan Kecamatan Bangko Pusako. Kabupaten Bengkalis, Mandau dan Keca­matan Pinggir.

    Penerima manfaat 120.­000. Untuk sambungan Rumah (SR) yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. Untuk Kabupaten Rohil, SPAM Durolis akan menjadi ikon pariwisata. Karena masyarakat pasti akan ingin tahu dimana lokasi dan sejarah pembangunan SPAM Durolis.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Ground breaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) Senin, 21 Agustus 2017

    Kementerian PUPR  diwakili Direktur Pengembangan Air Minum, Sundoro, mengatakan, pembangunan SPAM Durolis merupakan bagian dari proyek strategis nasional, yang tertuang dalam RPJMN. Dan proyek ini dimanfaatkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

    "SPAM Durolis, merupakan salah satu sasaran dari RPJMN. Yang bisa dimanfaatkan sebagai air minum bagi masyarakat, dan untuk meningkatkan kualitas kehi­dupan manusia dan perubahan ekonomi,” jelasnya.

    Dijelaskan Sundoro, pada tahun 2019 mendatang pemerintah menargetkan 100 persen akses air minum layak bagi masyarakat di tuntaskan. Karena air merupakan salah satu kebutuhan yang harus di miliki masyarakat.

    "Pada akhir tahun 2019  diharapkan 100 persen masyarakat dapat mengakses layanan air minum yang layak. SPAM Regional Durolis adalah salah satu skenario pengembangan air minum regional yang akan dikembangkan di seluruh wilayah Provinsi Riau," katanya. (Advetorial/Jul)



     
    Berita Terkini:
  • Peningkatan Kualitas SDM jadi Prioritas di Musrenbang RKPD 2019
  • Firdaus : Kawasan Industri Tenayan Raya Meningkatkan Daya Saing Ekspor
  • DPRD Riau Sidak PT SLS Dan PT ADEI di Kabupaten Pelalawan
  • DPRD Riau Bersama Dishub dan Polda Riau Amankan 7 Truk Melebihi Tonase di Jalan Lintas Timur
  • Musrenbang Kabupaten Kampar 2019 Sekaligus Launching Aplikasi E-Monev
  • Bank Riau Kepri Serahkan CSR Kepada Pemkab Inhil Pembangunan Ponpes Anwarul Ulum
  • Bupati Inhil Hadirkan Pelaku Industri Kelapa Sebagai Peserta Pada Seminar Nasional
  • MTQ ke-52 Tingkat Kota Pekanbaru Tahun 2019 Digelar
  • Bupati Inhil Sambut Kunjungan Kerja Perdana Gubernur Riau
  • Idris Laena Dorong IKM di Riau Ciptakan Wirausaha Baru
  • DPRD dan Pemerintah Kota Pekanbaru Temui Menteri PPPA
  • HM Wardan Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis Di RSUD Puri Husada
  • Bupati Inhil Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 Kepada BPK
  • Posisi Wakil Ketua DPRD Riau Partai Demokrat Berganti, Ketua dan Sekretaris Kompak Bungkam
  • UIR dan IIUM Sepakat Gelar Konferensi Universitas Islam se Asia Tenggara
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 24/03/2019 - 13:43 WIB
    Idris Laena Dorong IKM di Riau Ciptakan Wirausaha Baru
    Bupati Inhil Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 Kepada BPK
    Walikota Pekanbaru Serahkan 53 Sertifikat Tanah Masyarakat Rumbai
    BRK Sabet 3 Penghargaan Ajang Infobank 2nd Satisfaction Loyalty Engagement Award 2019
    Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto Sapa Masyarakat Riau
    Bawaslu Dumai Temukan Ribuan Surat Suara Rusak
    PWI Riau Silaturahmi Dengan Menteri LHK
    Jajaran Pemkab Inhil Ikuti Bimtek SAKIP
    Rapat Paripurna DPRD Riau Penyampaian Visi dan Misi Gubernur Masa Bakti 2019-2024
    Bupati Kampar Hadiri Syukuran Peresmian Jembatan Gantung Desa Pulau Rambai
    Dalam Sehari MPP Proses 700 Perizinan
    Kota Pekanbaru Terima Bantuan Pendidikan dan Kemendikbud Sebesar Rp401, 5 Miliyar
    Bupati Inhil Ziarah Makam Syech Mohammad Arsyad Albanjari dan Datuk Landak
    Menteri Pendidikan Terpukau Saksikan Penampilan Siswa di Riau
    Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved