www.transriau.com
19:10 WIB - PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Karena Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia | 10:54 WIB - Dharma Karya Kencana Perkuat Komitmen Nusalima Medika Cegah Stunting Wujudkan Keluarga Berencana | 08:28 WIB - Jelang Pilkada 2024, Marak Akun Bodong Facebook Mengatasnamakan Syamsuar | 12:46 WIB - Popular di Ranah Pengiriman, JNE Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024 | 11:15 WIB - Usia 30 Bulan, Produktivitas Sawit Muda PTPN IV Regional III Di Atas Standar Nasional | 08:06 WIB - PalmCo Perkuat Sinergi Tiga Perguruan Tinggi Vokasi Wujudkan Ketahanan Pangan dan Energi
  Rabu, 17 Juli 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Dari Lahan Tak Terpakai Jadi Pusat Ekonomi Desa, Pujasera Bangko Jaya Bantuan PHR Magnet Kuliner Bar

Rabu, 03/07/2024 - 11:36:44 WIB
Suasana ramainya pengunjung Pujasera Bangko Jaya bantuan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Kabupaten Rokan Hilir yang menjadi salah satu tujuan pusat kuliner dan tempat berkumpul masyarakat sekitar.
TERKAIT:
   
 

ROKAN HILIR – Warga Desa Bangko Jaya, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir patut berbangga. Kehadiran Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) berhasil mengubah lahan tak terpakai menjadi pusat perekonomian, lokasi telah menjadi magnet pusat kuliner baru di wilayah tersebut. 

Di bawah inisiatif pemuda lokal, Ali Habibi, Pujasera Bangko Jaya hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan tempat berkumpul yang menyediakan beragam kuliner serta wahana permainan anak-anak. 

Sejak beroperasi tahun lalu, Pujasera telah menarik minat masyarakat untuk berjualan dan mengunjungi tempat tersebut setiap hari. Dibuka pada 6 Oktober 2023, Pujasera ini telah menjadi magnet bagi masyarakat lokal dan pengunjung dari sekitar wilayah Rokan Hilir.

"Sebelum fokus mengelola Pujasera, saya aktif di organisasi kepemudaan desa. Saya melihat potensi besar dari lahan yang tidak terpakai di area pasar ini untuk memberdayakan ekonomi masyarakat," ujar Ali Habibi, penggagas Pujasera Bangko Jaya.

Pemuda jebolan Riau’s Youth Leader Club (RiYoLC) PHR WK Rokan ini menyampaikan, bahwa Pujasera tersebut tidak hanya memberikan tempat bagi UMKM lokal untuk berjualan dengan biaya sewa terjangkau, tetapi juga mengurangi tingkat kriminalitas di sekitar area yang sebelumnya kosong dan tidak terawat. 

Ali Habibi lantas menjalin kolaborasi dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan Politeknik Negeri Bengkalis untuk mendukung pengembangan Pujasera ini. Saat ini, Pujasera Bangko Jaya telah menampung sekitar 19 lapak dan tenant dengan jam operasional dari pukul 17.00 hingga 22.00 WIB setiap hari. Dalam waktu singkat, Pujasera ini telah menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan menikmati kuliner di tengah keterbatasan tempat rekreasi di desa.

“Kami sediakan tempat untuk masyarakat berjualan. Dan dari uang sewa itu untuk kebersihan serta keamanan. Untuk yang kontainer Rp 400.000, kalau tenda Rp 300.000 per bulan. Sudah lengkap tenda, meja, kursi, ada juga live music,” katanya. 

Masyarakat dan UMKM bisa mulai berjualan di Pujasera Desa Bangko Jaya pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Menurutnya, ada peningkatan saat Ramadan kemarin, karena saat sore hari rata-rata dagangan sudah ludes dibeli.

"Awal buka setiap malamnya bisa peroleh Rp 500.000– Rp 700.000, saat Ramadan makin meningkat. Apalagi, Pujasera ini cuma di desa Bangko Jaya saja yang ada bazar, maka masyarakat mau datang dan berkumpul. Kami pun beberapa kali mengadakan kegiatan nonton bareng untuk menarik minat pengunjung,” tuturnya.

Habibi juga menyampaikan bahwa 90 persen dari pembangunan Pujasera tersebut merupakan bantuan dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). Dijelaskan Habibi, PHR memberikan bantuan berupa kontainer jualan, lampu, kursi, hingga penimbunan lahan. 

“Ke depannya saya berharap kerja sama masyarakat, PHR, dan pemerintah makin baik, karena Pujasera ini salah satu yang menunjang perekonomian masyarakat. Dengan kerja sama tersebut, kebutuhan untuk Pujasera bisa terpenuhi, seperti perluasan hingga penambahan fasilitas. Ke depannya, rencana akan dibuat indoor untuk area duduk masyarakat yang belanja,” kata dia.

Program RiYoLC yang merupakan ajang kolaborasi PHR dengan tokoh-tokoh muda untuk melahirkan ide-ide dan pemikiran kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat Riau ini telah memberikan dampak positif bagi Ali Habibi, sehingga mampu berkreasi melahirkan inovasi. Sesuai dengan misi program tersebut sebagai wujud nyata kesungguhan PHR dalam meningkatkan SDM Riau yang unggul dan terampil. 

Salah seorang masyarakat yang berdagang di Pujasera Bangko Jaya, Rodiyah (24) mengakui keberadaan Pujasera tersebut sangat membantu perekonomiannya. Apalagi, sebelum bergabung usaha dirinya hanya membantu orangtua di rumah. 

Rodiyah yang menjual aneka minuman cokelat tersebut sangat mengapresiasi Pujasera yang dikelola oleh Habibi atas bantuan PHR. Sebagai pedagang, dia berharap ada tambahan wahana permainan di lokasi agar Pujasera itu makin semarak. “Fasilitas saat ini sudah memadai. Dengan membayar sewa Rp400.000 per bulan, kami nyaman berjualan. Harapannya bisa ditambah tempat bermain anak-anak,” katanya. 

Penghulu Bangko Jaya, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Suhardi turut mengapresiasi keberadaan Pujasera itu. Dia menilai, keberadaan Pujasera tersebut membuat masyarakat makin antusias untuk datang dan berkumpul mencari kuliner. Pasalnya, selama ini tempat untuk berkumpul bersama teman dan keluarga di desanya terbilang minim. 

“Inisiatif dari pemuda desa kami, dan juga dukungan PHR ini sangat bagus, serta patut diapresiasi, karena membantu menambah pendapatan warga Desa Bangko Jaya. Mungkin ke depan pihak pengelola dan PHR berkolaborasi untuk mengembangkan Pujasera ini jadi lebih bagus,” katanya. 

Suhardi meyakini dengan adanya Pujasera itu, geliat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan makin meningkat. 

Terpisah, Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto menjelaskan bahwa dukungan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan untuk memberdayakan masyarakat melalui kreativitas dan ekonomi lokal. 

“Inisiasi program pengembangan Pujasera Bangko Jaya ini merupakan salah satu contoh bagaimana PHR memberikan akses dan peluang kepada para pemuda di wilayah operasinya untuk meningkatkan kreativitas, serta dapat berkontribusi dalam mendukung perekonomian masyarakat melalui sektor informal, UMKM, dan menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya. 

Pujasera Bangko Jaya bukan hanya sekadar tempat jualan, tetapi juga simbol keberhasilan kolaborasi antara pemuda, perusahaan, dan pemerintah dalam membangun ekonomi berbasis lokal. Dengan terus menghadirkan inovasi dan mendengar aspirasi masyarakat, Pujasera ini diharapkan akan terus berkembang sebagai motor penggerak ekonomi kreatif di desa.

Sebagai informasi, Pujasera Desa Bangko Jaya diresmikan pada Jumat, 6 Oktober 2023. Hadir dalam peresmian tersebut Corporate Secretary WK Rokan Rudi Ariffianto, Camat Bangko Pusako Adnan, Ketua Gerakan Milenial Rohil (GMRB) Nalladia Ayu Rokan, pejabat kepenghuluan, hingga tokoh pemuda dan masyarakat setempat.***



 
Berita Terkini:
  • PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Karena Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia
  • Dharma Karya Kencana Perkuat Komitmen Nusalima Medika Cegah Stunting Wujudkan Keluarga Berencana
  • Jelang Pilkada 2024, Marak Akun Bodong Facebook Mengatasnamakan Syamsuar
  • Popular di Ranah Pengiriman, JNE Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
  • Usia 30 Bulan, Produktivitas Sawit Muda PTPN IV Regional III Di Atas Standar Nasional
  • PalmCo Perkuat Sinergi Tiga Perguruan Tinggi Vokasi Wujudkan Ketahanan Pangan dan Energi
  • Izin Investasi CEOR Minas Disetujui, PHR Siap Tancap Gas Tingkatkan Produksi Blok Rokan
  • BUMN Sawit Indonesia-Malaysia Jajaki Kerjasama Pemanfaatan EBT Wujudkan Net Zero Carbon
  • Region Head Rurianto: Tahun Baru Islam Momentum Perkuat Perbaikan
  • SKK Migas Perkuat Kolaborasi dengan Pemprov Riau Untuk Tingkatkan Produksi
  • Selesai Dibangun, PHR Serahkan Gerai Sentra UMKM Bangkinang Riverside ke Pemda Kampar
  • Batik Mandau Binaan PHR, Menangguk Cuan Lewat Motif Pompa Angguk
  • Syamsuar Terus Lakukan Komunikasi dengan Partai Koalisi Maju Gubernur Riau
  • PHR Raih 3 Sertifikasi ISO Sekaligus, Buktikan Komitmen Lingkungan, Keselamatan dan Mutu
  • Sah! H Syamsuar Terima Mandat Resmi dari DPP Golkar Maju Pilkada Gubernur Riau
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
     
    TRANS PILIHAN
    Sabtu, 06/07/2024 - 09:52 WIB
    Syamsuar Terus Lakukan Komunikasi dengan Partai Koalisi Maju Gubernur Riau
    Sah! H Syamsuar Terima Mandat Resmi dari DPP Golkar Maju Pilkada Gubernur Riau
    Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
    Golkar dan PKS Bertemu Perkuat Rencana Koalisi di Pilkada 2024
    Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau
    RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
    Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru
    Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau
    Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi
    Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023
    PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
    Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
    PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
    Program Pencegahan Stunting PHR di Riau Sasar 11.340 Penerima Manfaat
    Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
    Menteri Perhubungan Dukung Penuh Lancang Kuning Carnival di Riau
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved