www.transriau.com
07:50 WIB - PWI Riau Gelar Pertandingan Pingpong dan Domino, 200 Pendaftar Pertama Dapat Jaket Gratis | 19:49 WIB - Syamsuar Apresiasi PTPN V Atas Program Pembangunan RTH di Lubuk Dalam | 22:40 WIB - Menko Maritim RI Panen Raya di Kampung Bungaraya Siak | 20:13 WIB - Kepala BPKAD Riau Syahrial Abdi Sebut APBD Sudah Bisa Dimanfaatkan | 14:59 WIB - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Lakukan Sejumlah Agenda di Pelalawan | 18:43 WIB - Kabupaten Siak Terima Anugerah Kategori Kota Kecil ke Empat Kali
  Jum'at, 18 Januari 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Upaya Pemkab Rohil Meningkatkan Pemberdayaan Industri Kecil, Koperasi dan Perdagangan

Sabtu, 20/08/2016 - 00:34:50 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Rokan Hilir, Jon Syafrindow
TERKAIT:
 
  • Upaya Pemkab Rohil Meningkatkan Pemberdayaan Industri Kecil, Koperasi dan Perdagangan
  •  

    Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memiliki banyak potensi ekonomi kerakyatan diantaranya seperti Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Perdagangan serta industri. Dimana potensi tersebut dapat dikembangkan secara langsung melalui gerakan koperasi dan UKM baik secara makro maupun mikro. Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu unsur penting penggerak ekonomi kerakyatan yang dapat membantu pemerintah dalam pengetasan kemiskinan dan mengurangi pengganguran.
     
    Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Rokan Hilir terus berupaya dan berusaha penuh mengembangkan Koperasi dan UKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan seperti meningkatnya unit-unit usaha industri kecil dengan mengoptimalkan penggunaan bahan baku lokal, inovasi produk, akses permodalan serta perluasan jangkauan pemasaran
     
    Beberapa program misalnya yang terus dilakukan seperti pengembangan Koperasi dan UKM dengan pemberdayaan dan peningkatan kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolah Koperasi dan UKM melalui program pelatihan dan pendidikan serta pengembangan pangsa pasar produk-produk dari koperasi dan UKM tersebut melalui berbagai promosi dn pameran produk UMKM. Selain itu juga meningkatkan permodalan Koperasi dan UKM melalui bantuan  penguatan Permodalan dengan mitra BUMN serta pemberian fasilitas pembiayaan dengan prosedur sederhana dengan tingkat bunga yang rendah
     
    Kepala Dinas Koperasi dan UKM Rokan Hilir, Jon Syafrindow mengharapkan agar koperasi yang ada di Rohil mampu mandiri dan tidak mengharapkan bantuan pemerintah lagi. Menurutnya dengan adanya pelatihan manajemen pengelolaan koperasi dilakukan agar semua koperasi yang ada di Rohil bertanggung jawab dalam membesarkan dan mengembangkan koperasi yang mereka pimpin.
     
    Diskop dan UKM sangat berharap agar koperasi bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, memberikan peran sebagai penguatan usaha berbasiskan ekonomi kerakyatan. "Kami sebagai dinas koperasi memberikan apresiasi dan memotivasi kepada segenap pengurus koperasi untuk meningkatkan kinerja, dan  mengenai SHU harapan kita tahun depan bisa di tingkatkan lagi termasuk juga kuantitasnya," katanya.
     
    Dijelaskannya hingga saat ini berdasarkan data tahun 2015 lalu, tercatat ada sebanyak 251 unit koperasi di Rokan Hilir. Untuk persentase jumlah koperasi yang aktif melaksanakan rapat anggota tahunan tahun buku 2014 hanya 26 persen. Kemajuan koperasi di Rokan Hilir tidak terlepas dari komitmen dan kerjasama semua pihak. Pemkab Rohil terus berkomitmen untuk meningkatkan perannya dalam membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program, baik yang bersifat peningkatan sumber daya manusia, pembiayaan, pemasaran, keuangan maupun teknologi.
     

    Dinas Koperasi Usaha kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memberikan pelatihan Akutansi Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan

    Pembinaan IKM dan UKM tersebut diharapkan mampu mengurangi jumlah pengangguran serta menekan angka kemiskinan di Negeri Seribu Kubah tersebut. Hal ini merupakan Program Bupati Rohil H.Suyatno AMP yang selalu disampaikan kepada Dinas-Dinas terkait agar pro-aktif  dalam menggali potensi daerah.

    Dengan diadakannya pembinaan terhadap masyarakat IKM Dan UKM tersebut terbukti dapat menekan angka pengangguran serta kemiskinan di Kabupaten Rohil. Pada awalnya angka kemiskinan di Kabupaten Rohil berjumlah 21,76 persen namun pada tahun 2014 mengalami penurunan menjadi 5,83 persen. Dan saat sekarang jumlah kemiskinan di Rohil hanya tinggal 3,7 persen. Penurunan angka kemiskinan tersebut merupakan hasil kerja keras Pemerintah bersama Dinas terkait  dengan mengadakan berbagai program serta pembinaan terhadap IKM dan UKM dalam upaya penekanan angka kemiskinan dan pengangguran di negeri Seribu Kubah.

    Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia terhadap Pembinaan Kemampuan Teknologi (KUB TENUN TEKAD) yang berorientasi kepada usaha ekonomi masyarakat yang produktif dan mandiri bagi kemajuan Industri Kecil Dan Menengah khususnya yang bergerak di bidang Tenun untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya suatu sistem perencanaan yang baik, evaluasi dan pengawasan di kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi (KUB TENUN TEKAD) tersebut. Sehingga diharapkan adanya suatu Peningkatan dan Kemajuan terhadap kemamfaatan fasilitas pengembangan bagi usaha ekonomi kerakyatan terhadap Industri Kecil dan Menengah.

    Adapun Jumlah peserta kegiatan bagi industri kecil dan menengah terhadap Pembinaan Kemampuan Teknologi (KUB TENUN TEKAD) di Kecamatan Bangko terdiri dari 15 orang yang selama ini telah memiliki kemampuan sebagai Pengrajin Tenun.

    Diharapkan kedepannya terwujudnya Peningkatan Industri Tenun yang unggul yang dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi perkembangan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Rokan Hilir. Serta juga diharapkan peserta dapat pula membuat dan mengkreasikan cara-cara pembuatan Gaun Pengantin Melayu Riau lengkap dan diharapkan pula adanya terobosan-terobosan dalam kreatifitas pada warna dan motif yang berkesuaian dengan adat dan budaya melayu yang dinamis di masa yang akan datang

    "Turunnya angka kemiskinan tersebut tentunya membuat semua kita bangga, dan itu merupakan berkat kekompakan kita dan seluruh SKPD Serta Masyarakat untuk selalu mendukung program pemerintah,sehingga apa yang kita cita-citakan secara berlahan terlaksana dengan baik," Ungkap Suyatno.

    Namun Bupati juga mengakui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Rohil Khususnya di bidang IKM Dan UKM masih rendah namun meski demikian, Pemerintah memiliki tekad yang begitu besar dan kuat untuk mendidik para pelaku usaha IKM dan UKM dengan cara membekali ilmu lewat pembinaan serta pelatihan.

    Dikatakan Bupati, sasaran prioritas pemantapan stabilitas ekonomi makro adalah terpeliharanya stabilitas ekonomi makro yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan berkualitas serta peningkatan kemampuan pendanaan pembangunan baik yang bersumber dari pemerintah maupun swasta dengan tetap menjaga stabilitas ekonomi daerah. Perekonomian Kabupaten Rokan Hilir pada periode 2009-2013 terus mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan dan cenderung stabil yang ditunjukkan oleh pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. dibandingkan dengan perkembangan perekonomian pada tahun sebelumnya

    Pemkab Rohil melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rohil setiap tahunnya terus berupaya menghidupkan IKM serta UKM yang ada di Rohil dalam rangka menunjang perekonomian masyarakatnya. Apalagi dalam kondisi Rohil yang saat ini mengalami devisit anggaran yang begitu luar biasa.


    Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Rohil Azwar saat mengunjungi Koperasi Wanita Bunga Bangsa (WBB) di Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau selama 15 tahun berdiri sudah menyimpan Rp3,2 miliar

    Dengan kondisi yang demikian Pemda Rohil bertekad lebih menggalakkan IKM dan UKM agar kehidupan masyarakatnya tidak ikut bobrok. Selain itu agar kehidupan masyarakat Rohil tidak selalu bergantung kepada DBH Migas yang kian tahun kian memburuk. Sehingga pemerintah bertekat menggalakkan IKM dan UKM semaksimal mungkin.

    Secara umum struktur perekonomian Kabupaten Rokan Hilir berdasarkan nilai PDRB harga konstant tahun 2000 dengan minyak dan gas pada periode 2009-2013 terlihat mengalami sedikit pergeseran. yang ditandai oleh peran sektor pertambangan semakin menurun, sedangkan kontribsi sektor pertanian dan industri semakin meningkat yang diikuti oleh peningkatan kontribusi pada sektor sekunder dan tersier Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir 2016 lainnya

    Jika diperhatikan pada perekonomian tanpa minyak dan gas berdasarkan nilai PDRB harga konstant tahun 2000 terlihat bahwa sektor pertanian memiliki kontribusi dominan yaitu sebesar 52.49 persen pada tahun 2011. diikuti oleh sektor perdagangan dengan kontribusi sebesar 24.23 persen. dan sektor industri dengan kontribusi sebesar 10.68 persen. sedangkan sektor lainnya memiliki kontribusi yang relatif lebih kecil.

    Kedepannya, Pemerintah bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan mencari produk-produk unggulan di setiap kecamatan di seluruh Rohil untuk bisa ditampilkan. Kemudian bila produk UKM sudah ditemui, selanjutnya dilakukan penjaringan. Setelah itu akan dilakukan pembinaan. Selain itu,selain melakukan pembinaan dan pelatihan,Pemkab Rohil juga setiap tahunnya terus menerus memberikan bantuan kepada para pelaku IKM Serta UKM yang ada di Kabupaten Rohil. (Adv/Jul/hms)



     
    Berita Terkini:
  • PWI Riau Gelar Pertandingan Pingpong dan Domino, 200 Pendaftar Pertama Dapat Jaket Gratis
  • Syamsuar Apresiasi PTPN V Atas Program Pembangunan RTH di Lubuk Dalam
  • Menko Maritim RI Panen Raya di Kampung Bungaraya Siak
  • Kepala BPKAD Riau Syahrial Abdi Sebut APBD Sudah Bisa Dimanfaatkan
  • Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Lakukan Sejumlah Agenda di Pelalawan
  • Kabupaten Siak Terima Anugerah Kategori Kota Kecil ke Empat Kali
  • Kampar Terima Anugerah Piala Adipura
  • PWI Riau Gelar LKTJ Raja Ali Kelana Berhadiah Rp25 Juta
  • Bengkalis Kembali Terima Penghargaan Adipura dari Kementerian LHK
  • Bupati Irwan Laporkan Akun Facebook Yanti Susi Ke Direskrimsus Polda Riau
  • Syamsuar Resmikan 13 Proyek Infrastruktur di Kabupaten Siak
  • ICS Kampar Siap Beroperasi
  • Syamsuar dan Edy Kunjungi Politeknik Caltex Riau
  • Jembatan Siak IV Tuntas, Pertengahan Februari Dilakukan Uji Kekuatan
  • Syamsuar Pamit dengan Masyarakat Sabak Auh
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 09/01/2019 - 08:06 WIB
    Disdukcapil Buka Pelayanan Pembuatan e-KTP di MPP
    Digi Learning Bank Riau Kepri Resmi Diluncurkan
    MPP Pekanbaru Mulai Buka Layanan
    Bank Riau Kembali Raih Trusted Company Based on CGPI Ajang Indonesia Most Trusted Company Award
    Pemda Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid
    Bank Riau Kepri Terima 3 Penghargaan Pada Ajang SPEx2 Award 2018
    APBD Murni 2019 Pemmo Pekanbaru disahkan
    Dihadapan Kapolri Plt Gubri Bersama Dirut Bank Riau Kepri Teken MoU Samsat Nasional
    Riau Expo 2018, Sinar Mas Tampilkan Kuliner dan Hasil Pertanian Binaannya
    PT RAPP Memeriahkan Event Riau Expo 2018
    Bawaslu Riau Putuskan Deklarasi Kepala Daerah Dukung Jokowi Tidak Penuhi Unsur Pidana
    KPK Segara Launching MoU Pajak Online Antara 4 Walikota dan 1 Bupati di Riau/Kepri Dengan BRK
    Pemkab Bintan Terima Satu Unit Mobil Pelayanan Pajak Daerah CSR Bank Riau Kepri
    Pemprov Riau Beri Penghargaan 17 Pemuda Berprestasi
    Plt Gubri Lantik 79 Kepala SMA/SMK dan SLB se Provinsi Riau
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved