www.transriau.com
07:50 WIB - PWI Riau Gelar Pertandingan Pingpong dan Domino, 200 Pendaftar Pertama Dapat Jaket Gratis | 19:49 WIB - Syamsuar Apresiasi PTPN V Atas Program Pembangunan RTH di Lubuk Dalam | 22:40 WIB - Menko Maritim RI Panen Raya di Kampung Bungaraya Siak | 20:13 WIB - Kepala BPKAD Riau Syahrial Abdi Sebut APBD Sudah Bisa Dimanfaatkan | 14:59 WIB - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Lakukan Sejumlah Agenda di Pelalawan | 18:43 WIB - Kabupaten Siak Terima Anugerah Kategori Kota Kecil ke Empat Kali
  Jum'at, 18 Januari 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Tahun 2017 Diskanlut Rohil Programkan Budidaya Udang Galah

Kamis, 17/11/2016 - 22:07:32 WIB
Udang galah hasil pembudidayaan yang dilakukan oleh kelompok tani di Kabupaten Rohil
TERKAIT:
 
  • Tahun 2017 Diskanlut Rohil Programkan Budidaya Udang Galah
  •  

    Udang galah (Macrobrachium Rosenbergii) adalah sejenis udang air tawar, Udang galah (Macrobrachium Rosenbergii) atau dikenal juga sebagai Giant Freshwater Shrimp merupakan salah satu jenis Crustacea, dari famili Palamonidae dengan species Macrobrachium rosenbergii. yang mempunyai ukuran terbesar dibandingkan dengan udang air tawar lainnya. Udang galah hidup pada dua habitat, pada stadia larva hidup di air payau dan kembali ke air tawar pada stadia juvenil hingga dewasa.

    Udang galah adalah jenis udang yang bisa dibudidayakan pada lahan tanah sawah, kolam atau empang air tawar. Pemeliharaannya relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis udang lainnya dan sampai saat ini belum ditemukan adanya hama atau penyakit yang membahayakan yang dapat mengganggu budidaya udang galah dan dapat menyebabkan terjadinya kegagalan panen. Komoditas ini diklaim oleh berbagai negara sebagai fauna asli dari India dan Indonesia.

    Berbicara spesies udang galah di rokan hilir seyogyanya rohil merupakan wilayah yang sentra terhadap pembudidayaan udang galah tersebut, namun disayangkan ketika masyarakat menunggu program tersebut tapi pemerintah sendiri belum siap untuk menjalankan program tersebut.

    Sebelumnya program pembudidayaan udang galah sudah ada diprogramkan pada tahun 2004 lalu namun program tersebut tidak terealisasi, sebab pada saat itu sedang gencarnya melaksanakan patrol laut dimana maraknya para  pencuri ikan diwilayah Rokan Hilir.

    Naahh.. pemikiran yang baik adalah pemikiran bagaimana kedepannya rohil bisa mengembangkan budidaya udang galah tersebut. Sebenarnya udang galah sudah ada sejak beberapa tahun lalu yang terletak di kepenghuluan jumrah tepatnya di perairan sungai rokan kecamatan rimba melintang, namun kehidupan udang galah tersebut berada secara alami dan keberadaannya tidak menentu sesuai dengan kondisi alam.

    "Kalau dulu memang kepenghuluan jumrah penghasil udang galah di rohil, bahkan ada rumah makan udang galah yang disiapkan, namun saat ini tidak ada lagi akibat keberadaan udang galah di kepenghuluan jumrah tepatnya diperairan sungai rokan tidak ditemukan lagi, " kata penghulu jumrah ahmad sukardi

    Ditambahkan sukardi,  keberadaan udang galah saat ini tidak  musim lagi, kemudian udah galah tersebut ada ketika pasang besar tiba, "Kita berharap kedepannya instansi yang terkait bisa mengembangkan kembali udang galah secara budidaya, agar hewan spesies air tawar tersebut bisa dinikmati masyarakat," ujarnya
     

    Penghulu Jumrah Sukardi

    Sukardi mengatakan bahwa dahulunya jumrah merupakan penghasil udang galah, namun kini keberadaan udang tersebut sulit untuk dijumpai Apa yang akan dilakukan oleh dinas perikanan dan kelautan di rohil terkait pengembangan budidaya udang galah, dimana sebelumnya sudah pernah di programkan. Tahun 2017 program tersebut akan dimunculkan melalui datuk penghulu dengan cara dimasukkan kedalam musrenbang tingkat desa dan kecamatan

    "Dengan adanya keinginan dari penghulu untuk menciptakan pengembangan budidaya udang galah, maka penghulu usulkan ke desa dan kecamatan melalui musrenbang, nanti kami ( diskanlut ) akan menangkap aspirasi tersebut, sebab program tersebut kami anggap sangat cocok dan bagus, program itu akan kita masukkan pada tahun anggaran 2017 nanti," Kata plt Kadiskanlut Rohil M. Amin

    Terkait mencari bibit udang galah, sambung amin,  tidak begitu susah sebab ada beberapa daerah yang menyuplai bibit tersebut. Misalnya diyogyakarta nanti kita kirim kepekanbaru kemudian baru bawa ke Rohil
     

    Pelaksana tugas Kepala diskanlut Rohil M. Amin yang akan memprogramkan pembudidayaan udang galah pada tahun 2017 mendatang.

    Saat ini keberadaan udang galah dirohil masih bergantung dengan alam sehingga keberadaan udah tersebut tidak teratur, maka dari itu diperlukan pengembangan budidaya diair tawar agar populasi udang tersebut bias dinikmati masyarakat.

    "Selain budidaya, diskanlut juga akan menebar benih dialam agar populasinya bias dinikmati oleh masyarakat. Beberapa waktu lalu kami ( diskanlut ) juga menebar bibit patin disungai teluk mega kecamatan tanah putih sedingin, masyarakat bias mendapatkan ikan patin itu seberat belasan kilo," Paparnya

    Hingga kini belum ditemukan adanya masyarakat yang melakukan pembudidayaan udang galah tersebut, hal tersebut merupakan pekerjaan diskanlut kedepannya bagaimana masyarakat di rohil bisa melakukan pembudidayan udang galah.

    Jika pembudidayaan udang galah berhasil maka akan membantu masyarakat yang membudidayakan udang tersebut sebab harga perkilo udang galah berkisar 120 hingga 150 ribu perkilonya.
     

    Salah satu contoh pembudidaqyaan udang galah

    Ada beberapa penyebab berkurangnya populasi udang galah yang sebelumnya sudah ditebarkan benih melalui alam ( sungai ) diantaranya hasil tangkapan nelayan dengan cara melebihi tangkapan, kualitas air sungai yang menurun yang diakibat campuran dari berbagai bahan kimia dan limbah.

    Pengembangan budidaya udang galah yang akan diprogramkan oleh dinas perikanan dan kelautan rohil pada tahun 2017 mendatang melalui usulan dari setiap penghulu sangat dinantikan oleh masyarakat terutama para pembudidaya, angan angan yang ingin digapai dari hasil pembudidayaannya tersebut adalah terbantu perekonomian masyarakat, sebab keberadaan udang galah ditengah masyarakat sanga dinantikan dan memiliki harga yang fantastis, oleh sebab itu masyarakat berharap program tersebut bisa terealisasi sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. ( Adv/Humas )




     
    Berita Terkini:
  • PWI Riau Gelar Pertandingan Pingpong dan Domino, 200 Pendaftar Pertama Dapat Jaket Gratis
  • Syamsuar Apresiasi PTPN V Atas Program Pembangunan RTH di Lubuk Dalam
  • Menko Maritim RI Panen Raya di Kampung Bungaraya Siak
  • Kepala BPKAD Riau Syahrial Abdi Sebut APBD Sudah Bisa Dimanfaatkan
  • Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Lakukan Sejumlah Agenda di Pelalawan
  • Kabupaten Siak Terima Anugerah Kategori Kota Kecil ke Empat Kali
  • Kampar Terima Anugerah Piala Adipura
  • PWI Riau Gelar LKTJ Raja Ali Kelana Berhadiah Rp25 Juta
  • Bengkalis Kembali Terima Penghargaan Adipura dari Kementerian LHK
  • Bupati Irwan Laporkan Akun Facebook Yanti Susi Ke Direskrimsus Polda Riau
  • Syamsuar Resmikan 13 Proyek Infrastruktur di Kabupaten Siak
  • ICS Kampar Siap Beroperasi
  • Syamsuar dan Edy Kunjungi Politeknik Caltex Riau
  • Jembatan Siak IV Tuntas, Pertengahan Februari Dilakukan Uji Kekuatan
  • Syamsuar Pamit dengan Masyarakat Sabak Auh
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 09/01/2019 - 08:06 WIB
    Disdukcapil Buka Pelayanan Pembuatan e-KTP di MPP
    Digi Learning Bank Riau Kepri Resmi Diluncurkan
    MPP Pekanbaru Mulai Buka Layanan
    Bank Riau Kembali Raih Trusted Company Based on CGPI Ajang Indonesia Most Trusted Company Award
    Pemda Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid
    Bank Riau Kepri Terima 3 Penghargaan Pada Ajang SPEx2 Award 2018
    APBD Murni 2019 Pemmo Pekanbaru disahkan
    Dihadapan Kapolri Plt Gubri Bersama Dirut Bank Riau Kepri Teken MoU Samsat Nasional
    Riau Expo 2018, Sinar Mas Tampilkan Kuliner dan Hasil Pertanian Binaannya
    PT RAPP Memeriahkan Event Riau Expo 2018
    Bawaslu Riau Putuskan Deklarasi Kepala Daerah Dukung Jokowi Tidak Penuhi Unsur Pidana
    KPK Segara Launching MoU Pajak Online Antara 4 Walikota dan 1 Bupati di Riau/Kepri Dengan BRK
    Pemkab Bintan Terima Satu Unit Mobil Pelayanan Pajak Daerah CSR Bank Riau Kepri
    Pemprov Riau Beri Penghargaan 17 Pemuda Berprestasi
    Plt Gubri Lantik 79 Kepala SMA/SMK dan SLB se Provinsi Riau
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved