www.transriau.com
22:39 WIB - DPRD dan Pemerintah Kota Pekanbaru Temui Menteri PPPA | 20:11 WIB - HM Wardan Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis Di RSUD Puri Husada | 20:01 WIB - Bupati Inhil Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 Kepada BPK | 12:01 WIB - Posisi Wakil Ketua DPRD Riau Partai Demokrat Berganti, Ketua dan Sekretaris Kompak Bungkam | 20:15 WIB - UIR dan IIUM Sepakat Gelar Konferensi Universitas Islam se Asia Tenggara | 20:57 WIB - PWI Riau Bekerjasama Dengan SKK Migas Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas dan UKW
  Minggu, 24 Maret 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Mewujudkan Pelayanan Kependudukan Yang Baik Disdukcapil Rohil Turun Ke Daerah

Senin, 21/11/2016 - 19:57:30 WIB
Kantor Disdukcapil Rohil
TERKAIT:
 
  • Mewujudkan Pelayanan Kependudukan Yang Baik Disdukcapil Rohil Turun Ke Daerah
  •  

    Identitas merupakan modal utama bagi warga yang tinggal disebuah Negara,  identitas sebagai garda terdepan untuk mengetahui keberadaan masyarakat, untuk itu setiap masyarakat wajib memiliki identitas diri. Tak kalah dengan masyarakat rohil, dimana hingga kini Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memiliki jumlah Penduduk 627.190 Jiwa yang terdiri dari 324.253 Laki-laki serta 302.937 Perempuan, dengan wilayah yang begitu luas membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) harus bekerja keras dan membuat strategi yang baik dalam memberikan pelayanan  kependudukan kepada masyarakat.

    Salah satu starategi yang baik adalah dimana dinas kependudukan dan pencatatan sipil rohil setiap tahunnya selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik serta memberikan kemudahan dalam setiap pengurusan yang berkaitan dengan Disdukcapil. Segala perbaikan dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Rohil.
     
    Hingga kini disdukcapil dibawah kepemimpinan Basyaruddin selalu mengutamakan bagaimana seluruh masyarakat rohil harus memiliki identitas diri terkhusus pembuatan KTP elektronik.  Dijelaskan basarudin, sesuai dengan  Peraturan Menteri tanggal 12 Mei 2016  No.471/1768/SC tentang Percepatan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan Akta Kelahiran, Disdukcapil  telah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam persyaratan pengurusannya.

    Jika sebelumnya persyaratan dalam mengurus KTP harus melampirkan surat pengantar dari  RT, Datuk Penghulu/Lurah, serta Surat dari kecamatan.namun saat ini masyarakat cukup hanya dengan membawa salinan (foto copy) Kartu Keluarga dan langsung dapat melakukan perekaman di Disdukcapil.

    Selain itu, dalam percepatan dan memberikan kemudahan dalam kepengurusan KTP  Elektronik, pada tahun 2015 Disdukcapil telah melakukan program swepping disetiap wilayah di Rohil dengan cara pelayanan keliling dengan menggunakan mobil yang telah disiapkan pemerintah daerah. Pelayanan tersebut dilakukan  ke setiap kecamatan

    Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang jauh dari Kabupaten dan hal tersebut sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang menyebutkan bahwa Disdukcapil bukan hanya melayani masyarakat lagi namun harus 'melakukan swepping' ke setiap Kecamatan.

    "Kita rubah sistemnya dimana sebelumnya kami menunggu berkas masyarakat untuk membuat KK dan KTP dikantor, namun kami akan bahkan sudah melakukan swepping untuk menjemput berkas masyarakat yang ingin mengurus baik itu KK maupun KTP," ungkap Basaruddin

    Namun dalam program pelayanan keliling  tersebut, Disdukcapil  hanya bersifat menjemput berkas dari masyarakat. Selanjutnya berkas tersebut akan dibawa ke kantor Disdukcapil untuk melakukan pencetakan karena  pencetakan E KTP hanya bisa dilakukan di Kantor Disdukcapil. Hal tersebut dikarenakan semua proses pencetakan menggunakan jaringan online.


    Proses perekaman KTP elektronik dikantor disdukcapil Rokan Hilir

    Dalam perbaikan pelayana kedepannya, Disdukcapil beserta Pemerintah Pusat  telah mempunyai perencanaan untuk  mempersiapkan mobil pelayanan yang  dilengkapi dengan mesin pencetak KTP Elektronok serta lengkap dengan seluruh jaringannya. Agar dalam program layanan keliling KTP langsung bisa jadi di tempat. Hal  tersebut sesuai dengan  hasil rapat  di Kementerian Dirjen Kependudukan.

    Sementara itu ,untuk saat ini Disdukcapil dalam pelayanan pencetakan KTP Elektronik,  dalam satu hari hanya mampu mencetak 150 KTP. Hal tersebut dikarenakan adanya alat pencetak yang rusak. Disdukcapil sendiri memiliki 4  mesin percetakan, 1 mesin  rusak, 2 mesin dipakai, sedangkan 1 mesin lagi disimpan untuk cadangan.

    Selain itu Disdukcapil khususnya dalam pelayanan penerbitan Akte Kelahiran  bagi Anak yang berusia 0-18 Bulan yang wajib memiliki Akte Kelahiran  memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusannya. Dimana   pada tahun  sebelumnya persaratan dalam mengurus Akte Kelahiran tersebut cukup rumit yakni  Kartu Keluarga, KTP orang tua, Surat Nikah, Surat keterangan dari Bidan, KTP  Saksi, surat pengantar dari Penghulu/Lurah, bahkan Surat dari Kecamatan.

    "Sebelumnya dalam kepengurusan pembuatan akte kelahiran agak terlihat sulit dengan banyaknya persyaratan namun saat ini masyarakat hanya perlu membawa KK,KTP, surat bidan dan surat nikah, tak perlu lagi bawa surat pengantar dari kepenghuluan dan kecamatan," Katanya
     

    Dalam Penerbitan Akte kelahirtan Bagi anak yang berusia 0-18 bulan, Disdukcapil tidak mengutip biaya apapun karena penerbitannya telah digratiskan pemerintah. Namun bagi Anak yang berusia di atas 18 bulan dikenakan denda sebesar Rp20.000 dalam penerbitannya. Hingga saat ini Disdukcapil telah menerbitkan Akte kelahiran sebanyak 12.084.

    dengan begitu gencarnya meningkatkan pelayanan kependudukan agar maksimal, tentunya ditemukan kendala saat menjalan tugas tersebut diantaranya dalam mewujudkan pelayanan yang maksimal tersebut bertolak belakang dengan fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah pusat, dimana hingga kini masih ada beberapa wilayah rohil yang infrastrukturnya belum maksimal terbangun sehingga mengganggu akses untuk mewujudkan pelayanan kependudukan tersebuat diwilayah tertentu.


    Mobil operasional Disdukcapil Kabupaten Roakn Hilir

    Selain itu kendala di Kecamatan sendiri antara lain yakni, alat perekam di kecamatan sebagian ada yang telah rusak dan kerusakan  alat perekaman tersebut telah dilaporkan Disdukcapil ke pusat untuk diperbaiki namun hingga saat ini belum ada instruksi dari pemerintah pusat. Karena Alat Perekam tersebut masih dalam tanggung jawab pusat.

    Kendala yang tidak pernah luput dalam pelayanan administrasi kependudukan adalah ketersediaan tenaga listrik, tanpa listrik yang stabil, pelayanan keppenduduk tidak bisa berjalan dengan lancar. Meskipun demikian disdukcapil rohil tetap berusaha memberikan pelayanan yang maksimal terhadap kepengurusan administrasi penduduk meskipun berbagai kedala selalu terhadang disaat memberikan pelayanan. (Advertorial/trc/Humas)



     
    Berita Terkini:
  • DPRD dan Pemerintah Kota Pekanbaru Temui Menteri PPPA
  • HM Wardan Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis Di RSUD Puri Husada
  • Bupati Inhil Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 Kepada BPK
  • Posisi Wakil Ketua DPRD Riau Partai Demokrat Berganti, Ketua dan Sekretaris Kompak Bungkam
  • UIR dan IIUM Sepakat Gelar Konferensi Universitas Islam se Asia Tenggara
  • PWI Riau Bekerjasama Dengan SKK Migas Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas dan UKW
  • Tiga Fakultas di UIR Rencanakan Joint Reseach Bersama IIUM
  • UIR-USIM Sepakat Kerjasama di Bidang Pendidikan
  • Bupati Kampar Tandatangani Zona Integritas di Badan Pertanahan Kampar
  • Kades Koto Aman Mobilisasi Warganya Pulang Kampung
  • Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa dan Tsunami
  • Pemkab Siak Serahkan laporan Hasil Keuangan ke-BPK Perwakilan Riau
  • Kampar Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau Ke XXXVIII Tahun 2019
  • Komisi III DPRD Riau Tindak Lanjuti Laporan LAM Inhu Terhadap Keberadaan Perusahaan
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Kamis, 21/03/2019 - 20:01 WIB
    Bupati Inhil Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 Kepada BPK
    Walikota Pekanbaru Serahkan 53 Sertifikat Tanah Masyarakat Rumbai
    BRK Sabet 3 Penghargaan Ajang Infobank 2nd Satisfaction Loyalty Engagement Award 2019
    Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto Sapa Masyarakat Riau
    Bawaslu Dumai Temukan Ribuan Surat Suara Rusak
    PWI Riau Silaturahmi Dengan Menteri LHK
    Jajaran Pemkab Inhil Ikuti Bimtek SAKIP
    Pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024 Pada Rapat Paripurna DPRD Riau
    Bupati Kampar Hadiri Syukuran Peresmian Jembatan Gantung Desa Pulau Rambai
    Dalam Sehari MPP Proses 700 Perizinan
    Kota Pekanbaru Terima Bantuan Pendidikan dan Kemendikbud Sebesar Rp401, 5 Miliyar
    Bupati Inhil Ziarah Makam Syech Mohammad Arsyad Albanjari dan Datuk Landak
    Menteri Pendidikan Terpukau Saksikan Penampilan Siswa di Riau
    Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    Tindak Pidana Pemilu
    Kades Tegal Rejo Jaya Inhil ditetapkan Sebaai DPO Setelah Divonis 4 Bulan Penjara
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved