www.transriau.com
19:21 WIB - UIR-USIM Sepakat Kerjasama di Bidang Pendidikan | 20:21 WIB - Bupati Kampar Tandatangani Zona Integritas di Badan Pertanahan Kampar | 22:35 WIB - Kades Koto Aman Mobilisasi Warganya Pulang Kampung | 19:45 WIB - Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa dan Tsunami | 19:43 WIB - Pemkab Siak Serahkan laporan Hasil Keuangan ke-BPK Perwakilan Riau | 19:41 WIB -
  Kamis, 21 Maret 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Strategi Suyatno dan Jamiluddin Bangun Negeri Seribu Kubah

Rabu, 23/11/2016 - 07:39:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Strategi Suyatno dan Jamiluddin Bangun Negeri Seribu Kubah
  •  

    Sejak memikul tanggung jawab sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil), 8 Juni 2016, Suyatno-Jamiludin langsung merumuskan strategi pembangunan Negeri Seribu Kubah. Berbagai kebijakan diimplementasikan agar program pembangunan berjalan sesuai visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil.

    Strategi itu pun oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menjadi sasaran tembak mencapai tujuan kesejahteraan rakyat. Dirancang secara konseptual, analitis, realistis, rasional, dan komprehensif, fokus pembangunan Kabupaten Rohil dititik beratkan pada peningkatan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyataan demi pengentasan kemiskinan.

    Tentunya, pemanfaatan sumberdaya pembangunan (sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi dan modal) dicanangkan hingga ke kelurahan dan kepenghuluan. Mengembangkan agribisnis dan ekonomi pedesaan menjadi nilai tambah bagi masyarakat di samping perkebunan, perikanan dan kelautan, pertanian, minyak dan gas bumi, serta lainnya.

    Dalam membangun manusia yang cerdas, Bupati Rohil, H Suyatno menanamkan nilai-nilai religius kepada masyarakatnya dengan tetap menjunjung budaya Melayu yang memiliki keterampilan. Sedangkan, sistem penyelenggaraan tata pemerintahan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

    Untuk itulah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohil dijadikannya badan perencana yang responsif, inovatif dan amanah dengan mewujudkan sistem penyusunan dan dokumen-dokumen rencana pembangunan secara terintegrasi dan realistis.

    Di tangannya, Bappeda diwajibkan mewujudkan sistem perencanaan terkoordinasi antara lembaga pemerintah dan non pemerintah serta mendayagunakan potensi daerah dan sumberdaya alam, melalui pendekatan dan pemanfaatan sistem informasi yang optimal.

    [] Pendidikan dan Kesehatan

    Dalam dunia pendidikan, Bupati berkeinginan wujudkan sumber daya manusia yang kokoh, beriman dan bertakwa. Kebijakan pembangunan pendidikan di tiap sekolah pendidikan dasar, pertama, menengah, serta pendidikan luar sekolah terus didorongnya dengan melengkapi berbagai infrastruktur agar penghayatan dan pengalaman keagamaan menjadi keunggulan peserta didik secara optimal.

    Demikian juga dalam kesehatan masyarakat, belum lama ini Bupati Rohil, H Suyatno, mendapat undangan khusus dari Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek karena dinilai meningkatkan kesehatan daerah perbatasan. Menkes pun berjanji memperkuat infrastruktur kesehatan daerah perbatasan, seperti Rohil dengan meningkatkan jumlah penempatan tenaga dokter dan bidan.


    Buati Rohil Akrab bersama ASN dilingkangan Pemkab Rokan Hilir

    Menyangkut pengelolaan tata pemerintahan, Bupati Rohil, H Suyatno, menekankan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga honorer bekerja profesional. Sehingga, pegawai memiliki keunggulan kompetitif melalui pembinaan manajemen PNS.

    Mengembangkan Sistem pembinaan PNS dilakukan berdasarkan sistem karier dan prestasi kerja. Melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat), PNS dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sehingga, efisiensi dan efektivitas manajemen pegawai terus didukung oleh Sistem Informasi Manajemen kepegawaian yang tepat dan akurat.

    "Strategi pembangunan inilah yang saya jalankan sehingga kesejahteraan rakyat terus meningkat. Infrastruktur, pendidikan, kesehatan diprioritaskan supaya masyarakat miskin menjadi hidup layak. Karena, pembangunan nasional tidak saja menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang pesat, tetapi juga menghasilkan kesejahteraan rakyat yang makin meningkat dan makin merata," tutur Suyatno.

    Meningkatkan derajat pendidikan dan kesehatan, bagi Suyatno dampak pada peningkatan kualitas pembangunan. "Di bidang keagamaan, selama ini kita telah berhasil menciptakan suasana kehidupan antaragama yang rukun. Sehingga, pemeluk agama dapat menjalankan ibadahnya dengan tenteram, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," sambungnya.

    Dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat, Suyatno, merumuskan strategi dengan desa siaga. Seluruh masyarakat diminta berperilaku hidup bersih dan sehat serta seluruh keluarga sadar gizi.

    "Sasaran utama strategi ini adalah Setiap orang miskin mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Setipa bayi, anak, dan kelompok masyarakat risiko tinggi terlindungi dari penyakit dengan tersedianya SDM kesehatan yang kompeten di setiap desa," bebernya

    Di samping itu, strategi pembangunan kawasan perbatasan tak luput dari sasaran utama Suyatno. Memantapkan penataan kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tak bisa ditawar-tawar. Hal itu dilakukan dalam bentuk percepatan pembangunan daerah tertinggal dengan meningkatkan pengembangan perekonomian daerah dan kualitas sumber daya manusia yang didukung oleh kelembagaan dan ketersediaan infrastruktur perekonomian dan pelayanan dasar.


    Drs Jamiluddin Resmi menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Rohil pada suatu kegiatan keagamaan dan sosial

    Drs Jamiluddin Resmi menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Rohil mendapingi  H Suyatno, Jamiluddin sudah memiliki sejumlah agenda untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Salah satunya, Wabup Jamiluddin akan rutin blusukan dari satu kampung ke kampung lain dalam menyerap aspirasi masyarakat.

    Mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah dan mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal, menindaklanjuti laporan atau temuan hasil pengawasan, serta melaksanakan pemberdayaan perempuan dan pemuda, dan mengembangkan pelestarian sosial budaya dan lingkungan hidup.

    Ia menilai blusukan adalah modal kuat untuk merasakan apa yang dibutuhkan rakyat selain tetap memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dibebankan kepadanya. Hasil temuan dari blusukan bakal dikolaborasikannya sekaligus memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan dan kelurahan serta kepenghuluan.

    Sesuai amanah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), blusukan menjadi tradisi untuk menyerap apa yang diinginkan rakyat bakal terus dilakukan Jamiluddin nantinya. Mantan anggota DPRD tiga periode dan dua kali menjabat Wakil Ketua DPRD Rohil bakal membagi waktunya antara di kantor dan di lapangan. (Adv/trc/Jul))





     
    Berita Terkini:
  • UIR-USIM Sepakat Kerjasama di Bidang Pendidikan
  • Bupati Kampar Tandatangani Zona Integritas di Badan Pertanahan Kampar
  • Kades Koto Aman Mobilisasi Warganya Pulang Kampung
  • Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa dan Tsunami
  • Pemkab Siak Serahkan laporan Hasil Keuangan ke-BPK Perwakilan Riau
  • Kampar Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau Ke XXXVIII Tahun 2019
  • Komisi III DPRD Riau Tindak Lanjuti Laporan LAM Inhu Terhadap Keberadaan Perusahaan
  • Alfedri, Dari Hobi Menjala Ikan Kini Jadi Bupati
  • Tak Kenal Lelah, Disdukcapil Kampar Antar Langsung 2.767 Keping KTP Kepada Warga
  • Bupati Ikuti Tabligh Akbar Dan Istighosah di Mapolres Inhil
  • Wabup Jamiluddin Inspektur Upacara HUT Damkar Ke 100, Satpol PP Dan Satlinmas
  • Irma Novrita : e-KTP Belum Tercetak, Silahkan Melapor
  • Sekda Kota Pekanbaru Serahkan 301 SK Pengangkatan CPNS 2018
  • Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah dibuka Untuk Umum
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Jumat, 15/03/2019 - 23:45 WIB
    Walikota Pekanbaru Serahkan 53 Sertifikat Tanah Masyarakat Rumbai
    BRK Sabet 3 Penghargaan Ajang Infobank 2nd Satisfaction Loyalty Engagement Award 2019
    Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto Sapa Masyarakat Riau
    Bawaslu Dumai Temukan Ribuan Surat Suara Rusak
    PWI Riau Silaturahmi Dengan Menteri LHK
    Jajaran Pemkab Inhil Ikuti Bimtek SAKIP
    Pidato Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2019-2024 Pada Rapat Paripurna DPRD Riau
    Bupati Kampar Hadiri Syukuran Peresmian Jembatan Gantung Desa Pulau Rambai
    Dalam Sehari MPP Proses 700 Perizinan
    Kota Pekanbaru Terima Bantuan Pendidikan dan Kemendikbud Sebesar Rp401, 5 Miliyar
    Bupati Inhil Ziarah Makam Syech Mohammad Arsyad Albanjari dan Datuk Landak
    Menteri Pendidikan Terpukau Saksikan Penampilan Siswa di Riau
    Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    Tindak Pidana Pemilu
    Kades Tegal Rejo Jaya Inhil ditetapkan Sebaai DPO Setelah Divonis 4 Bulan Penjara
    MPP Pekanbaru Diresmikan Menpan RB
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved