www.transriau.com
04:45 WIB - PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar | 21:56 WIB - Kejari Rohil Santuni 30 Oran Anak Yatim dan Buka Bersama Dengan Insan Pers | 16:22 WIB - Bupati Kampar Catur Sugeng Kunjungi Kemenpora RI Perjuangkan Pembangunan Stadion | 12:42 WIB - Chevron Buka Bersama Dengan WPR | 10:11 WIB - Semua Mobdin Wajib dikandangkan | 19:25 WIB - GO-FOOD Festival Ajak Mitra Merchant dan Masyarakat Cari Kebaikan di Bulan Ramadan
  Jum'at, 24 Mei 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Wabup Meranti Serahkan Piagam Bagi Insan Kesehatan Berprestasi

Senin, 12/11/2018 - 22:21:59 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Meranti Serahkan Piagam Bagi Insan Kesehatan Berprestasi
  •  

    Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018, Pada Kesempatan itu Wakil Bupati mengajak seluruh komponen bangsa membiasakan prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, bertempat dihalaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin (12/11/2018).
     
    Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner, Pabung Bengkalis Mayor TNI P. Girsang, Perwakilan Polres Meranti, Kepala Dinas/Badan dilingkungan Pemkab. Meranti, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH dan Para Pejabat Eselon III.
     
    Dalam sambutannya membacakan pidato Mentri Kesehatan RI, Wakil Bupati Kepulauan Meranti mengatakan, Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan seluruh masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Hal itu akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya peningkatan kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Mengubah pola hidup kearah promotive-preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat. Dan yang terpenting dimulai dari diri sendiri sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.
     
    Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu Gerakan Nasional yang tentang dalam lnpres No.1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Telah berjalan dengan baik begitu juga pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu Iayanan.
     
    Dalam kaitan peran pemerintah untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial telah dibayarkan iuran bagi penerima bantuan luran (PIB) yakni 92.3 juta jiwa. Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menerima Iayanan JKN sebanyak 21.763 pada tahun 2017. Untuk fasilitas tingkat lanjutan juga mengalami peningkatan menjadi 2.292 pada tahun 2017.
     
    Pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah Daerah Terpencil. Perbatasan. dan Kepulauan (DTPK), hingga tahun 2017 Pemerintah telah menempatkan 6.316 tenaga kesehatan melalui Nusantara Sehat (NS), Waiib Kerja Dokter Spesdiahs (WKDS) serta penugasan khusus calon dokter spesialis.
     
    Pemerintah pada tahun 2017 untuk meningkatkan mutu layanan telah maningkatkan sarana dan prasarana pada fasilitas tingkat pertama sebanyak 375 rehabilitasi Puskesmas. 35 pembangunan Gedung, 750 pembangunan baru Puskesmas. 34 Unit Puskesmas keliling perairan. 537 Unit Puskesmas keliling roda empat. Penyediaan 1.650 Unit ambulans roda dua. 86 Unit ambulans roda empat, dan 2.525 peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas. serta 10.437 penyediaan alat kesehatan di Puskesmas. Saat ini untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan telah terdapat 104 rumah sakit rujukan Regional, 20 RS rujukan Propinsi, 4 RS rujukan Nasional. dan 408 RSUD Iainnya.
     
    Untuk capaian program HIV/AIDS melalui upaya terobosan Temukan, Obati. Pertahankan pengobatan ARV (TOP) sampai 2017 teiah dlberikan ARV sebanyak 87.031 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Dalam Upaya pengendalian TBC melalui upaya Inovasi Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) dengan menerapkan integrasi keglatan Program indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK), duperoleh success rate minimal 85% sampai 2017 di 307 Kab/Kota, proporsi status gizi sangat pendek dan pendek pada Balita mangalami penurunan dari 37.2% pada tahun 2013. menjadi 30.8% di tahun 2018 (data RISKESDAS).
     
    Meski begitu diakui Wakil Bupati bangsa Indonesia terutama Kabupaten Kepulauan Meranti masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang masih tarjadi di Indonesia dimana masih tingginya angka kematian ibu. tingginya angka kurang gizi. penyakit menular dan tidak menular. Masalah itu menurut Wakil Bupati Meranti harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang. Terutama Puskesmas. Dan jajaran pengelola Puskemas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesalkan permasalahan kesehatan di daerah.
     
    Puskesmas dan tenaga kesehatan harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat, melakukan upaya promosi perilaku hidup sehat. Saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan olah pemerintah cukup besar. sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
     
    Lebih jauh dikatakan Wakil Bupati, sempena peringatan Hari Kesehatan Nasional saat ini, ia mengajak semua insan kesehatan kobarkan semangat melayani. semangat menggerakkan. semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat. semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapalan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri masing-masing.
     
    Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan Program Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan Lintas sektor terkait. Oleh karena itu. Jajaran Dinas Kesehatan Meranti mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat(GERMAS). Dengan GERMAS, kira mengajak keria sama lintas sektor dan lantas program dalam mewujudkan masyarakar untuk berperilaku hidup sehat. yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa lndonesia yang kuat.
     
    "Oleh karena itu saya Ingin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor.  organisasi masyarakat dan Iain-lain. sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemauan serta dapar manghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia khususnya Kepulauan Meranti yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lainya didunia," ucap Wakil Bupati mengakhiri.
     
    Sekedar informasi, pada kesempatan itu juga diserahkan Piagam dan Piala untuk para pemenang Lomba Kesehatan di Kepulauan Meranti. Pertama Pemilihan Posyandu Teladan sebagai salah satu bentuk upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).
    Pemberian piagam penghargaan, piala, dan hadiah kepada pemenang Lomba Pemilihan Posyandu Teladan Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2018, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, Sekda Meranti H. Yulian Norwis dan jajaran Forkopimda, kepada
     
    Juara I : Posyandu Seroja, Desa Teluk Samak Kepala Desa Teluk Samak, Abdul Gani Wilayah Kerja UPT Puskesmas Tanjung Samak Kecamatan Rangsang.
     
    Juara II : Posyandu Bijak Lestari, Desa Lemang Kepala Desa Lemang, Samsul Bahri, S.Pdi Wilayah Kerja UPT Puskesmas Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat Hadiah.
     
    Juara III: Posyandu Sukaramai, Kelurahan Selatpanjang Timur Lurah Selatpanjang Timur, Robert Saputra, SJP, M.Si Wilayah kerja UPT Puskesmas Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi.
     
    Selanjutnya Penyerahan Hadiah Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Tingkat Kabupaten, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat
     
    Juara I : Desa Sungai Tohor, Juara II : Desa Sungai Cina Kepala Desa Sungai Cina, Juara Ill : Desa Mengkirau.
     
    Tak ketinggalan Penyerahan Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Kepada,
     
    1. dr. Albi Akbar Habibi Wilayah Kerja UPT Puskemas Anak Setatah, 2. Lesti Rahmawati Bidan Desa di Poskesdes Topang dibawah UPT Puskesmas Tanjung Samak, 3. Suhadi selaku Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung.
     
    Terakhir Penyerahan Sertifikat Open Defecation Free (ODF) yang merupakan program pemerintah untuk merubah prilaku hygiene sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat yang meliputi  5 pilar utama yakni 1. Stop Buang Air Besar Sembarangan 2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) 3. Pengelolaan Makanan dan Minuman 4. Pengelolaan Limbah Cair 5. Pengelolaan Limbah padat (Sampah). Adapun Desa yang menerima adalah Desa Kuala Merbau, Desa Centai, Desa Teluk Samak, Desa Citra Damai, Desa Tanjung Bakau, Desa Tanjung Samak, Desa Nipah Sendanu, Desa Sesap Kepala Desa Jumri, SP, Desa Permai, Desa Insit, Desa Kundur, Desa Alai, Desa Maini, Desa, Desa Tenan, Desa Mekar Delima. Penyerahan piagam dilakukan oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim kepada Kepala Desa bersangkutan. (Hms)



     
    Berita Terkini:
  • PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar
  • Kejari Rohil Santuni 30 Oran Anak Yatim dan Buka Bersama Dengan Insan Pers
  • Bupati Kampar Catur Sugeng Kunjungi Kemenpora RI Perjuangkan Pembangunan Stadion
  • Chevron Buka Bersama Dengan WPR
  • Semua Mobdin Wajib dikandangkan
  • GO-FOOD Festival Ajak Mitra Merchant dan Masyarakat Cari Kebaikan di Bulan Ramadan
  • UIR Bertekad Masuk Peringkat 100 Nasional
  • Safari Ramadhan Pemkab Bengkalis di Kecamatan Bantan
  • Gubri dan Walikota Pekanbaru Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai
  • Gubri dan Wagubri Berbuka Puasa Bersama dengan Masyarakat dan Mahasiswa Asal Riau di Jakarta
  • RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau
  • UIR Gunakan 6 Aplikasi Berbasis Online
  • Ketua PPK Pangkalan Kuras Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Penggelembungan Suara
  • KPK Lakukan Pencegahan Kepada Bupati Bengkalis ke Luar Negeri
  • Wauuu...... KPK Kembali Geledah Kantor Bupati Bengkalis dan Dinas PUPR
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Sabtu, 18/05/2019 - 20:21 WIB
    RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau
    GOJEk Hadir Sebagai Solusi Ekonomi Bagi Mitra Driver
    Bulan Ramadhan Penuh Cerita di Pasar Nostalgia
    DPRD Perjuangkan Anggaran Sekolah Gratis Untuk Masyarakat Riau Tahun 2020
    Pemkab Inhil Jalin Kerjasama dengan Pemkab Tanjab Barat dan Tanjab Timur
    Bank Riau Kepri Siap Layani Pembayaran Tagihan ATB di Kota Batam
    Perwakilan Uni Eropa Tinjau Perkebunan dan Pengolahan Sawit PTPN V
    Wabup Rohil dan Kadisdik Tinjau Pelaksanaan UN Yang Diikuti 26.777 Pelajar SD dan SMP
    PN Pekanbaru Vonis 1 Tahun 6 Bulan Terdakwa Pemalsuan Surat Tanah
    Kapolres Kampar Melepas Peserta Festival Sampan Hias Acara Balimau Kasai Menyambut Ramadhan
    Caleg di Kabupaten Meranti Dijatuhi Vonis 3 Bulan Penjara
    Bupati Kampar Amanahkan Ketua BNK Kepada Yusri
    Presiden Tekankan Pentingnya Penyelesaian Masalah Sengketa Lahan
    Wabup Bangga Pemilu di Inhil Berjalan Lancar
    Bupati Amril Terima Penghargaan dari Menkumham
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved