www.transriau.com
14:59 WIB - GKSB DPR RI Dukung Langkah Fatah dan Hamas Bersatu Lawan Israel | 23:05 WIB - Tim Gabungan Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan di Desa Lubuk Sakat | 15:47 WIB - SKK Migas-KKKS Wilayah Sumbagut Serahkan Bantuan 270 Paket Sembako ke PWI Riau | 15:36 WIB - Kejari Pelalawan Tetapkan Dua Tersangka Korupsi | 16:20 WIB - Satpolair Polres Rohil Panen Raya Perdana Tambak Ikan Hasil Binaan | 13:15 WIB - Indra Gunawan Eet Bersaksi Untuk Perkara Amril Mukminin di PN Tipikor Pekanbaru
  Minggu, 12 Juli 2020 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati Irwan Lakukan Monitoring dan Evaluasi Proyek Pembangunan Meranti

Sabtu, 14/01/2017 - 14:22:09 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Irwan Lakukan Monitoring dan Evaluasi Proyek Pembangunan Meranti
  •  

    Bupati Kabupaten Meranti Drs. H. Irwan, M.Si bersama Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, melakukan peninjauan pembangunan di Kecamatan Rangsang, kegiatan yang dikemas dengan acara silahturahmi bersama aparatur Kecamatan dan Desa serta para tokoh maayarakat itu, dipusatkan di Kantor Desa Teluk Samak, Kecamatan Rangsang, Kamis (12/1/2017).

    Turut mendampingi Bupati, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makmun Murod, Kepala Badan Pemberdayaan Maayarakat Ikhwani, Kabag Humas Setdakab. Meranti Nasruni, Camat Rangsang Muyadi, Kabag Kesra, Kapolsek Rangsang, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat.

    Adapun proyek pembangunan infrastruktur yang mendapat peninjauan Bupati, diantaranya proyek pembangunan rehap Ponton dan proyek peningkatan jalan Pelantar sepanjang 300 Meter menggunakan anggaran APBD Meranti Tahun 2016 sebesar 6 Miliar. Proyek peningkatan jalan Desa Teluk Samak-Gemala Sari sepanjang 5.2 KM menggunakan dana DAK Reguler Pusat. Proyek pekerjaan pembanguna Hybrid PLTS-PLTD Provinsi Riau Kapasitas 150 kWp di Desa Teluk Rangsang, dan Proyek pembangunan gedung sekolah SMU I Rangsang Lokal Jauh di Desa Penyagun dari dana Bantuan Keuangan Provinsi Riau sebesar 725 Juta Rupiah.

    Disela peninjauan Bupati menjelaskan, maksut peninjauan itu adalah untuk memastikan proyek pembangunan infrastruktur tahun 2016 di Kecamatan Rangsang berjalan sesuai harapan, sekaligus dalam rangka monitoring proyek pembangunan yang akan dilaksanakan ditahun yang akan datang.

    "Kita ingin memastikan pembangunan yang diprogramkan pemerintah dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Bupati.

    Dikatakan Bupati, saat ini Pemerintah Pusat dan Kabupaten komit menggesa pembangunan didaerah perbatasan, seperti Kecamatan Rangsang yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia san Singapura.

    Untuk menggesa pembangunan di Kecamatan Rangsang, saat ini telah dilakukan peningkatan (base) jalan poros yang menghubungkan Desa Teluk Samak-Gemala Sari sepanjang 5.2 KM, dengan mengunakan dana DAK Reguler Pusat sebesar 18 Miliar, diharapkan kedepan proyek peningkatan jalan ini dapat dilanjutkan dari Base ke aspal Hotmix. Pemerintah Kabupaten berkeinginan jalan poros yang dibangun ini dapat menghubungkan 3 Kecamatan yakni Kecamatan Rangsang, Kecamatan Rangsang Pesisir, dan Rangsang Barat.

    Untuk menuntaskan pembangunan jalan poros Hotmix di seluruh Kabupaten Meranti, seperti dikatakan Bupati, membutuhkan dana yang tidak sedikit, sebagai contoh untuk di Kecamatan Rangsang saja dengan panjang kurang lebih 60 KM yang menghubungkan Desa Tanjung Samak-Citra Damai-Wonosari-Teluk Samak-Gemala Sari-Penyagun-Repun-Tebun hingga tembus ke Desa Sokop Kecamatan Rangsang Pesisir, diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 500 Miliar rupiah.

    Namun begitu Pemda Meranti akan berupaya untuk melakukan pembangunan secara bertahap dengan menggunakan alokasi dana APBD Kabupaten, Provinsi hingga APBN. Tahun ini Pemda Meranti telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan poros di Kecamatan Rangsang sebesar 50 Miliar, Rangsang Barat 27 Miliar, Pulau Padang 40 Miliar, Tebing Tinggi 100 Miliar dan Rangsang Pesisir 50 Miliar.

    Untuk itu agar proses pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya berjalan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Bupati berharap dukungan dan partisipasi semua pihak khususnya masyarakat, dalam menjaga aset pembangunan yang telah dilaksanakan. "Saya himbau RT/RW tokoh masyarakat, agama dapat mensosialisasikan pada masyarakat untuk menjaga jalan yang sudah dibangun sebaik-baiknya," harap Bupati.

    Permintaan Bupati bukannya tidak beralasan, hal itu berdasar laporan yang ia terima banyak oknum masyarakat yang sengaja mengambil pasir dan batu pada jalan yang dibangun untuk keperluan pribadi. "Saya lihat proyek peningkatan jalan di Rangsang dan Rangsang Pesisir setahun kemudian kembali rusak, ternyata jalannya dicangkul oleh oknum masyarakat untuk lantai dapur dan lainnya, saya ingatkan pemerintah bertanggung jawab untuk membangun infrastruktur jalan dan selanjutnya masyarakat bertanggung jawab untuk merawat dan menjaganya,"ujar Bupati.

    Ditambahkan Bupati, ia berkeinginan seluruh jalan poros di Meranti menggunakan aspal Hotmix seperti jalan-jalan yang ada di Kota Selatpanjang, jadi peningkatan jalan Base di Kecamatan adalah sebagai pondasi awal setelah padat akan dilapisi lagi menggunakan aspal . "Kita ingin bagaimana seluruh jalan di Meranti kwalitasnya bisa menyamai jalan yang ada di Selatpanjang, begitu juga jalan poros yang ada di Kecamatan termasuk di Rangsang ini," jelasnya.

    "Untuk itu butuh partisipasi masyarakat untuk menjaganya, jika bisa dijaga mudah-mudahan tahun berikutnya bisa di Hotmix, jika sudah begitu yang meraih manfaat adalah masyarakat, jadi mari jaga aset yang dibangun pemerintah ini," ucapnya lagi.

    Dihadapan masyarakat Kecamatan Rangsang, Bupati menjelaskan, situasi ekonomi Indonesia berada dalam keadaan tertekan yang disebabkan keuangan negara mengalami krisis. Hal itu berdampak pula pada Kabupaten Meranti, meski begitu Pemda Meranti tidak akan menyerah dan akan mengupayakan pembangunan infrastruktur strategis sesuai kemampuan dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada.

    Untuk pembangunan Desa sendiri Pemda akan membantu lewat dana ADD meski jumlahnya semakin menurun Bupati berharap Kades dapat mensiasatinya dengan memaksimalkan seluruh potensi yanga ada. "Saya harap Kades dapat memaksimalkan potensi yang ada, kedepan jalan lingkungan dapat diselesaikan oleh Kades melalui program ADD yang memang terus mengalami penurunan akibat keuangan daerah yang sulit," jelasnya.

    "Saya harap Kades  dapat memakluminya, saat ini Pemerintah Pusat terus menambah alokasi dana per desa sebesar 700 Juta, ditambah 400 sampai 500 Juta dari APBD Kabupaten, gunakan dana itu sehemat dan seefisien mungkin dengan memfokuskanya pada pembangunan infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan," ungkap Bupati

    Bupati juga mengingatkan kepada Kades untuk tidak lagi mengusulkan pembangunan jalan poros dengan cara semenisasi karena tidak akan bertahan lama. "Kades jangan lagi mengusulkan pembangunan jalan poros dengan semenisasi karena dua tahun sudah hancur, kecuali untuk jalan lingkungan, tujuan pemerintah menyarankan ini bukan tidak pro pada pengusaha lokal namun ingin hasil pembangunan baik dan masyarakat puas atas pembangunan itu," paparnya.

    "Saya berharap pembangunan yang dilaksnakan bermanfaat untuk masyarakat, yang juga turut berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan maayarakat demi tumbuh kembangnya Meranti dimasa yang akan datang," pungkasnya. (trc)



     
    Berita Terkini:
  • GKSB DPR RI Dukung Langkah Fatah dan Hamas Bersatu Lawan Israel
  • Tim Gabungan Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan di Desa Lubuk Sakat
  • SKK Migas-KKKS Wilayah Sumbagut Serahkan Bantuan 270 Paket Sembako ke PWI Riau
  • Kejari Pelalawan Tetapkan Dua Tersangka Korupsi
  • Satpolair Polres Rohil Panen Raya Perdana Tambak Ikan Hasil Binaan
  • Indra Gunawan Eet Bersaksi Untuk Perkara Amril Mukminin di PN Tipikor Pekanbaru
  • Kepala Kemenag Pekanbaru Ajak Jemaah Haji, Pengusaha Travel dan Bank Mendukung Gerakan Wakaf Uang
  • Pemeriksaan Sekda Riau di Kejati Berimbas Pada Pencalonan Komut BRK
  • Markarius Sarankan DPRD Riau Bentuk Pansus Tenaga Kerja
  • Gubri: Ingin Institusi Pengawasan Harus Kuat
  • Rektor UIR dan Bupati Kampar Saksikan Pascasarjana Teken MoA dengan Sekda
  • Diduga Karena Persoalan Asmara, Seorang Mahasiswa ditemukan Gantung Diri
  • Pengadilan Agama Kelas IA Pekanbaru Teken MoU dengan Kemenag Akses SIPA
  • Yuyun Hidayat Serap Aspirasi Masyarakat Tapung Hulu
  • PPs UIR Silaturrahmi ke Pemko Dumai Tindaklanjuti MoU
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 05/07/2020 - 22:04 WIB
    RAPP Raih Sertifikasi Sistem Manajemen Energi
    Walikota Pekanbaru Resmikan Koridor Baru Bus TMP
    Rekam Jejak 20 Pejabat Eselon II Pemprov Riau yang Baru dilantik Gubernur Syamsuar
    Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji 1441 H/2020 M
    Pertamina EP Lirik Field Berdayakan Petani ditengah Pandemi
    Gubri Pimpin Penyemprotan Disenfektan dan Pelaksanaan Rapid Test Bukitraya
    Utamakan Keselamatan, Keberangkatan Jemaah Haji 1441H Dibatalkan
    Gubri Tinjau Persiapan Pelaksanaan New Normal Covid-19 di Rohil
    Masih Muda dan Mulai Usaha, Why Not?
    Gubri Syamsuar Sosialisasikan Program New NormalĀ 
    JNE Distribusikan Beras Bansos Pemerintah RI
    PT Selaras Abadi Utama dan Mitra Kerja Salurkan Bantuan Sosial di Pelalawan
    PT NWR dan PT NSR Kembali Salurkan Ratusan Paket Sembako Untuk Masyarakat Langgam
    PTPN V Salurkan 7.000 Paket Sembako Senilai 1 Miliar, Mendukungkung Terwujudnya New Normal
    Kontribusi Nyata Untuk Brand Lokal
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved