www.transriau.com
17:30 WIB - PHR Perkuat Kolaborasi dengan Mitra Kerja Menuju Operasi Migas Unggul dan Transparan | 09:56 WIB - Bidik Pemberdayaan 100 Ribu Gen Z, Tri Hadirkan “Gen Tri Community” di Sumatra | 21:55 WIB - Sejarah Pacu Jalur Kuansing: Warisan Budaya yang Mendunia | 16:30 WIB - Kejar Target Produksi, SKK Migas APGWI Sinergi Bersama PTPN IV Regional III | 15:43 WIB - Eksplorasi Masif Pascaalih Kelola, PHR Temukan Sumber Migas Baru di Blok Rokan! | 19:10 WIB - PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Karena Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia
  Jum'at, 19 Juli 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438, Bupati Irwan Pimpin Rakor Bersama Instansi Terkait

Selasa, 18/04/2017 - 20:50:59 WIB

TERKAIT:
   
 

Antisipasi ketersediaan bahan pokok dan BBM menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Kebupaten Kepulauan Meranti, Pemerintan Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Meranti mengggelar rapapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si rapat ini melibatkan seluruh Dinas terkait, para Distributor kebutuhan pokok, serta instansi vertikal lainnya, bertempat diruang rapat kantor Bupati, Selasa (18/4/2017).

Turut hadir Asisten II Sekdakab. Meranti Ir. H. Anwar Zainal, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H. Herman, Wakapolres Meranti Kompol. Wawan, Kasi Intel Kajari Meranti Ade Maulana, Perwakilan Karantina, KPPBC Bea Cukai Sepatpanjang, Kadisperhubungan Meranti Drs. Hendra Putra, Agen Distributor Sembako, Pengusaha SPBU dan APMS BBM, para Camat, serta tokoh masyarakat.

Seperti dijelaskan Bupati Meranti, lonjakan harga dan ketersediaan bahan pokok dipasaran jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, harus diantisipasi sejak dini agar tidak memberatkan masyarakat dan terjadinya Inflasi. Untuk itu Pemda perlu melakukan pemetaan kekuatan stock kebutuhan pokok masyarakat khususnya yang sangat dibutuhkan masyarakat pada moment hari besar keagamaan itu. Seperti Gula Pasir, Tepung Terigu, Minyak Goreng, Kacang Tanah, dan minuman kaleng yang banyak dikonsumsi masyarakat saat lebaran.

"Kita harus memastikan berapa stock bahan pokok yang ada dan berapa kebutuhan sehingga kekuranganya dapat diupayakan," jelas Bupati.

Selain komoditi diatas, Pemda juga memastikan ketersediaan beras, bawang merah, daging dan lannya.

Sementara menyangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti diakui Kadisperindag H. Herman sudah mulai stabil seiring dengan telah dioperasikannya 2 SPBU yang berlokasi di jalan Imam Bonjol dan Jalan Alah Air yang memberikan dampak positif bagi ketersediaan stock BBM.

Untuk saat ini seperti diterangian salah seorang perwakilan distributor, Andos, ketersediaan bahan pokok seperti Gula Pasir, Minyak Makan, Tepung Terigu maupun harganya masih stabil, namun menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri permintaan terhadap Gula Pasir, Tepung Terigu, Minyak Goreng akan mengalami peningkatan 100 persen. Dan biasanya tingginya permintaan menyebabkan stock sembako dipasaran menipis yang berdampak pada semakin mahalnya harga kebutuhan pokok. Apalagi ketika Sembako itu harus dipasok dari daerah Jawa. Dicontohkannya untuk gula jika dipasok dari negara tetangga Malaysia harga perkilo berkisar 8000 rupiah, tapi jika didatangkan dari Jawa maka akan melonjak menjadi 15000 rupiah.

Namun yang menjadi masalah masuknya barang dari negara tetangga ke Selatpanjang tidak bisa sembarangan karena ada peraturan yang mengatur. Hal itu dijelaskan oleh pihak Bea Cukai Selatpanjang Widyo. "Hingga saat ini belum ada regulasi yang mengizinkan pemenuhan kebutuhan pokok langsung dari Negara tetangga, karena untuk pemenuhan kebutuhan pokok pemerintah mengharuskan dicukupi dari dalam negeri," jelasnya sebagai perlindungan terhadap petani lokal.

Barang kebutuhan pokok dari luar negeri hanya bisa masuk melalui Tj. Balai Karimun dan Pelabuhan Dumai sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan

Dan barang barang kebutuhan pokok yang masuk ke Selatpanjang kebanyakan berasal daei Tj. Balai Karimun. "Barang yang masuk antar pulau seperti dari Karimun dan Dumai tidak pernah ditangkap Bea Cukai kecuali Direct langsung dari luar negeri," ujar Widyo.

Hal itu ditanggapi oleh Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dikatakannya ia sangat setuju dalam pemenuhan kebutuhan pokok mendahulukan hasil produksi lokal dalam rangka proteksi petani, namun untuk beberapa jenis barang harusnya lebih selektif agar tidak memberatkan maayarakat apalagi didaerah perbatasan seperti Meranti dimana barang kebutuhan pokok yang dipasok dari luar negeri lebih murah daripada yang berasal daei Jawa.

Ia berharap kedepan di Selatpanjang dapat dibuat pelabuhan barang dalam jumlah yang terbatas, untuk itu Bupati berencana akan bertemu Kanwil Bea dan Cukai di Karimun agar proses masuknya barang dari Karimun ke Meranti tidak terjadi kucing-kucingan lagi dengan petugas.

Zaini mewakili Forum Kebangsaan dan tokoh masyarakat  dadi 10 Paguyuban yang ada berharap, ada solusi dari Pemerintah Daerah dan Forkopimda terkait tersedianya bahan kebutuhan pokok dengan harga yang tidak mahal jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Harusnya ada barang yang dipasok antar pulau dan ada barang yang harus didatangkan dari negara tetangga, karena sudah menjadi kebiasaan orang di Selatpanjang masukan barang dari negara tetangga yang kebih murah harganya," ujar Zaini.

Hal senada juga dikatakan Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia, Mulyono, yang berharap proses masuknya barang kebutuhan masyarakat ke Selatpanjang dapat diperlonggar.

Mendengar masukan tokoh masyarakat, tersebut pihak Bea Cukai berjanji akan memberikan solusi terbaik, begitu juga dari Karantina, Polres Meranti dan Kejari Meranti. Yang mengetahui benar dan nyata dirasakan jika barang-barang kebutuhan pokok dilasok dari Jawa harganya jauh lebih mahal dan sangat mmberatkan maayarakat di Meranti yang sebagian besar masih miskin.
 
"Jika masalah ekonomi terjadi, tentu ujung-ujungnya akan terjadi gangguan keamanan, kami dari Polres berharap kelangkaan bahan pokok tidak terjadi agar kestabilan harga terjamin," ujar Wakapolres Meranti Kompol Wawan yang juga didukung Danramil Selatpanjang Mayor. B. Tambunan.

Terkait masukan dari Camat Tebing Tinggi Rizki Hidayat  dan Camat Tebing Tinggi Barat Helfandi, yang menyarankan dilakukannya operasi pasar dan pengawasan dilapangan agar tidak terjadi lonjakan harga.

Kadisperindag Meranti H. Herman, mengaku pihaknya telah membentuk dan akan mengupayakan dalam operasi pasar menjamin beras yang diberikan adalah beras premium sesuai yang diperintahkan oleh Bupati.

Menyangkut daging dijelaskan Kadis Pertanian, Jaka, diakui persediaan masih kekurangan untuk mencukupinya masih Import dari india dari Malaysia. Begitu juga harga yang belum stabil dari 100 ribu rupiah sampai 130 ribu rupiah. Kenaikan harga daging ini diakui Jaka disebabkan banyaknya daging sapi yang berasal dari Meranti untuk mencukupi kebutuhan lokal, justru dijual ke Kabupaten tetangga. Dan Bupati meminta Perindag bersama TP4D Kejari Meranti untuk menindaknya. "Kita tidak ingin sapi yang kita adakan menggunakan APBD malah dinikmati oleh Kabupaten lain," ucap Bupati.

Dalam rapat itu juga disimpulkan perlunya ada Diskresi (kebijakan diambil sesuai kebutuhan dan situasi) terkait pasokan bahan kebutuhan pokok dari luar negeri ke Meranti. Perlu dilakukan koordinasi dengan Bulog Pekanbaru terkait pemenuhan kebutuhan pokok di Meranti. "Kita harus memastikan hatga terjangkau dan stock mencukupi sehingga ada jaminan yang diberikan pada masyarakag," pungkas Bupati.

Sekedar informasi kebutuhan beberapa bahan pokok strategis pertahun di Meranti sebagai berikut : Beras 16 ribu Ton/Tahun, Gula Pasir 12 ribu Ton/Tahun, Tepung Terigu 250.158 Kg/Tahun, Minyak Goreng 2 Ton/Tahun, Kacang Tanah 45.602 Kg/Tahun.

Stock yang tersedia saat ini jenis komoditas beras jumlah stock sebanyak 840 Ton, Gula Pasir 258 Ton, Tepung Terigu 50.29 Ton, Minyak Goreng 34.3 Ton.*



 
Berita Terkini:
  • PHR Perkuat Kolaborasi dengan Mitra Kerja Menuju Operasi Migas Unggul dan Transparan
  • Bidik Pemberdayaan 100 Ribu Gen Z, Tri Hadirkan “Gen Tri Community” di Sumatra
  • Sejarah Pacu Jalur Kuansing: Warisan Budaya yang Mendunia
  • Kejar Target Produksi, SKK Migas APGWI Sinergi Bersama PTPN IV Regional III
  • Eksplorasi Masif Pascaalih Kelola, PHR Temukan Sumber Migas Baru di Blok Rokan!
  • PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Karena Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia
  • Dharma Karya Kencana Perkuat Komitmen Nusalima Medika Cegah Stunting Wujudkan Keluarga Berencana
  • Jelang Pilkada 2024, Marak Akun Bodong Facebook Mengatasnamakan Syamsuar
  • Popular di Ranah Pengiriman, JNE Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
  • Usia 30 Bulan, Produktivitas Sawit Muda PTPN IV Regional III Di Atas Standar Nasional
  • PalmCo Perkuat Sinergi Tiga Perguruan Tinggi Vokasi Wujudkan Ketahanan Pangan dan Energi
  • Izin Investasi CEOR Minas Disetujui, PHR Siap Tancap Gas Tingkatkan Produksi Blok Rokan
  • BUMN Sawit Indonesia-Malaysia Jajaki Kerjasama Pemanfaatan EBT Wujudkan Net Zero Carbon
  • Region Head Rurianto: Tahun Baru Islam Momentum Perkuat Perbaikan
  • SKK Migas Perkuat Kolaborasi dengan Pemprov Riau Untuk Tingkatkan Produksi
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Senin, 15/07/2024 - 21:55 WIB
    Sejarah Pacu Jalur Kuansing: Warisan Budaya yang Mendunia
    Syamsuar Terus Lakukan Komunikasi dengan Partai Koalisi Maju Gubernur Riau
    Sah! H Syamsuar Terima Mandat Resmi dari DPP Golkar Maju Pilkada Gubernur Riau
    Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
    Golkar dan PKS Bertemu Perkuat Rencana Koalisi di Pilkada 2024
    Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau
    RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
    Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru
    Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau
    Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi
    Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023
    PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
    Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
    PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
    Program Pencegahan Stunting PHR di Riau Sasar 11.340 Penerima Manfaat
    Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved