www.transriau.com
17:40 WIB - PT SLS Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla | 12:33 WIB - PKS Usung Pasangan Aman di Pilkada Bengkalis, Abi Bahrun Nyatakan Siap Jadi Pelayan Masyarakat | 12:21 WIB - Ilhamdi: Bupati Pelalawan Belum Laksanakan Amar Putusan MA Perkara Pilkades Desa Pangkalan Panduk | 22:31 WIB - Pasangan Husni Thamrin - T. Edy Sabli Telah Siap Maju di Pilkada Pelalawan | 20:12 WIB - SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Riau dan 5 Organisasi PWI Gelar Webinar Jurnalistik | 16:53 WIB - Dari Webinar Perpustakaan UIN Suska Riau, Pustakawan Mampu Hasilkan Tulisan Terstandar
  Rabu, 15 Juli 2020 | Jam Digital
Follow:
 
Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438, Bupati Irwan Pimpin Rakor Bersama Instansi Terkait

Selasa, 18/04/2017 - 20:50:59 WIB

TERKAIT:
 
  • Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438, Bupati Irwan Pimpin Rakor Bersama Instansi Terkait
  •  

    Antisipasi ketersediaan bahan pokok dan BBM menghadapi Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Kebupaten Kepulauan Meranti, Pemerintan Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Meranti mengggelar rapapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si rapat ini melibatkan seluruh Dinas terkait, para Distributor kebutuhan pokok, serta instansi vertikal lainnya, bertempat diruang rapat kantor Bupati, Selasa (18/4/2017).

    Turut hadir Asisten II Sekdakab. Meranti Ir. H. Anwar Zainal, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H. Herman, Wakapolres Meranti Kompol. Wawan, Kasi Intel Kajari Meranti Ade Maulana, Perwakilan Karantina, KPPBC Bea Cukai Sepatpanjang, Kadisperhubungan Meranti Drs. Hendra Putra, Agen Distributor Sembako, Pengusaha SPBU dan APMS BBM, para Camat, serta tokoh masyarakat.

    Seperti dijelaskan Bupati Meranti, lonjakan harga dan ketersediaan bahan pokok dipasaran jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, harus diantisipasi sejak dini agar tidak memberatkan masyarakat dan terjadinya Inflasi. Untuk itu Pemda perlu melakukan pemetaan kekuatan stock kebutuhan pokok masyarakat khususnya yang sangat dibutuhkan masyarakat pada moment hari besar keagamaan itu. Seperti Gula Pasir, Tepung Terigu, Minyak Goreng, Kacang Tanah, dan minuman kaleng yang banyak dikonsumsi masyarakat saat lebaran.

    "Kita harus memastikan berapa stock bahan pokok yang ada dan berapa kebutuhan sehingga kekuranganya dapat diupayakan," jelas Bupati.

    Selain komoditi diatas, Pemda juga memastikan ketersediaan beras, bawang merah, daging dan lannya.

    Sementara menyangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti diakui Kadisperindag H. Herman sudah mulai stabil seiring dengan telah dioperasikannya 2 SPBU yang berlokasi di jalan Imam Bonjol dan Jalan Alah Air yang memberikan dampak positif bagi ketersediaan stock BBM.

    Untuk saat ini seperti diterangian salah seorang perwakilan distributor, Andos, ketersediaan bahan pokok seperti Gula Pasir, Minyak Makan, Tepung Terigu maupun harganya masih stabil, namun menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri permintaan terhadap Gula Pasir, Tepung Terigu, Minyak Goreng akan mengalami peningkatan 100 persen. Dan biasanya tingginya permintaan menyebabkan stock sembako dipasaran menipis yang berdampak pada semakin mahalnya harga kebutuhan pokok. Apalagi ketika Sembako itu harus dipasok dari daerah Jawa. Dicontohkannya untuk gula jika dipasok dari negara tetangga Malaysia harga perkilo berkisar 8000 rupiah, tapi jika didatangkan dari Jawa maka akan melonjak menjadi 15000 rupiah.

    Namun yang menjadi masalah masuknya barang dari negara tetangga ke Selatpanjang tidak bisa sembarangan karena ada peraturan yang mengatur. Hal itu dijelaskan oleh pihak Bea Cukai Selatpanjang Widyo. "Hingga saat ini belum ada regulasi yang mengizinkan pemenuhan kebutuhan pokok langsung dari Negara tetangga, karena untuk pemenuhan kebutuhan pokok pemerintah mengharuskan dicukupi dari dalam negeri," jelasnya sebagai perlindungan terhadap petani lokal.

    Barang kebutuhan pokok dari luar negeri hanya bisa masuk melalui Tj. Balai Karimun dan Pelabuhan Dumai sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan

    Dan barang barang kebutuhan pokok yang masuk ke Selatpanjang kebanyakan berasal daei Tj. Balai Karimun. "Barang yang masuk antar pulau seperti dari Karimun dan Dumai tidak pernah ditangkap Bea Cukai kecuali Direct langsung dari luar negeri," ujar Widyo.

    Hal itu ditanggapi oleh Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dikatakannya ia sangat setuju dalam pemenuhan kebutuhan pokok mendahulukan hasil produksi lokal dalam rangka proteksi petani, namun untuk beberapa jenis barang harusnya lebih selektif agar tidak memberatkan maayarakat apalagi didaerah perbatasan seperti Meranti dimana barang kebutuhan pokok yang dipasok dari luar negeri lebih murah daripada yang berasal daei Jawa.

    Ia berharap kedepan di Selatpanjang dapat dibuat pelabuhan barang dalam jumlah yang terbatas, untuk itu Bupati berencana akan bertemu Kanwil Bea dan Cukai di Karimun agar proses masuknya barang dari Karimun ke Meranti tidak terjadi kucing-kucingan lagi dengan petugas.

    Zaini mewakili Forum Kebangsaan dan tokoh masyarakat  dadi 10 Paguyuban yang ada berharap, ada solusi dari Pemerintah Daerah dan Forkopimda terkait tersedianya bahan kebutuhan pokok dengan harga yang tidak mahal jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

    "Harusnya ada barang yang dipasok antar pulau dan ada barang yang harus didatangkan dari negara tetangga, karena sudah menjadi kebiasaan orang di Selatpanjang masukan barang dari negara tetangga yang kebih murah harganya," ujar Zaini.

    Hal senada juga dikatakan Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia, Mulyono, yang berharap proses masuknya barang kebutuhan masyarakat ke Selatpanjang dapat diperlonggar.

    Mendengar masukan tokoh masyarakat, tersebut pihak Bea Cukai berjanji akan memberikan solusi terbaik, begitu juga dari Karantina, Polres Meranti dan Kejari Meranti. Yang mengetahui benar dan nyata dirasakan jika barang-barang kebutuhan pokok dilasok dari Jawa harganya jauh lebih mahal dan sangat mmberatkan maayarakat di Meranti yang sebagian besar masih miskin.
     
    "Jika masalah ekonomi terjadi, tentu ujung-ujungnya akan terjadi gangguan keamanan, kami dari Polres berharap kelangkaan bahan pokok tidak terjadi agar kestabilan harga terjamin," ujar Wakapolres Meranti Kompol Wawan yang juga didukung Danramil Selatpanjang Mayor. B. Tambunan.

    Terkait masukan dari Camat Tebing Tinggi Rizki Hidayat  dan Camat Tebing Tinggi Barat Helfandi, yang menyarankan dilakukannya operasi pasar dan pengawasan dilapangan agar tidak terjadi lonjakan harga.

    Kadisperindag Meranti H. Herman, mengaku pihaknya telah membentuk dan akan mengupayakan dalam operasi pasar menjamin beras yang diberikan adalah beras premium sesuai yang diperintahkan oleh Bupati.

    Menyangkut daging dijelaskan Kadis Pertanian, Jaka, diakui persediaan masih kekurangan untuk mencukupinya masih Import dari india dari Malaysia. Begitu juga harga yang belum stabil dari 100 ribu rupiah sampai 130 ribu rupiah. Kenaikan harga daging ini diakui Jaka disebabkan banyaknya daging sapi yang berasal dari Meranti untuk mencukupi kebutuhan lokal, justru dijual ke Kabupaten tetangga. Dan Bupati meminta Perindag bersama TP4D Kejari Meranti untuk menindaknya. "Kita tidak ingin sapi yang kita adakan menggunakan APBD malah dinikmati oleh Kabupaten lain," ucap Bupati.

    Dalam rapat itu juga disimpulkan perlunya ada Diskresi (kebijakan diambil sesuai kebutuhan dan situasi) terkait pasokan bahan kebutuhan pokok dari luar negeri ke Meranti. Perlu dilakukan koordinasi dengan Bulog Pekanbaru terkait pemenuhan kebutuhan pokok di Meranti. "Kita harus memastikan hatga terjangkau dan stock mencukupi sehingga ada jaminan yang diberikan pada masyarakag," pungkas Bupati.

    Sekedar informasi kebutuhan beberapa bahan pokok strategis pertahun di Meranti sebagai berikut : Beras 16 ribu Ton/Tahun, Gula Pasir 12 ribu Ton/Tahun, Tepung Terigu 250.158 Kg/Tahun, Minyak Goreng 2 Ton/Tahun, Kacang Tanah 45.602 Kg/Tahun.

    Stock yang tersedia saat ini jenis komoditas beras jumlah stock sebanyak 840 Ton, Gula Pasir 258 Ton, Tepung Terigu 50.29 Ton, Minyak Goreng 34.3 Ton.*



     
    Berita Terkini:
  • PT SLS Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla
  • PKS Usung Pasangan Aman di Pilkada Bengkalis, Abi Bahrun Nyatakan Siap Jadi Pelayan Masyarakat
  • Ilhamdi: Bupati Pelalawan Belum Laksanakan Amar Putusan MA Perkara Pilkades Desa Pangkalan Panduk
  • Pasangan Husni Thamrin - T. Edy Sabli Telah Siap Maju di Pilkada Pelalawan
  • SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Riau dan 5 Organisasi PWI Gelar Webinar Jurnalistik
  • Dari Webinar Perpustakaan UIN Suska Riau, Pustakawan Mampu Hasilkan Tulisan Terstandar
  • H-6 ditutupnya Lomba Vlog, sudah 120 Video Karya diterima Panitia
  • Dosen FH UIR Husnu Abadi Baca Puisi di 90 Tahun Prof Solly Lubis
  • Ikhsan: Empat Bakal Calon Kepala Daerah yang Terima SK Golkar Telah Memenuhi Indikator
  • GKSB DPR RI Dukung Langkah Fatah dan Hamas Bersatu Lawan Israel
  • Tim Gabungan Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan di Desa Lubuk Sakat
  • SKK Migas-KKKS Wilayah Sumbagut Serahkan Bantuan 270 Paket Sembako ke PWI Riau
  • Kejari Pelalawan Tetapkan Dua Tersangka Korupsi
  • Satpolair Polres Rohil Panen Raya Perdana Tambak Ikan Hasil Binaan
  • Indra Gunawan Eet Bersaksi Untuk Perkara Amril Mukminin di PN Tipikor Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 05/07/2020 - 22:04 WIB
    RAPP Raih Sertifikasi Sistem Manajemen Energi
    Walikota Pekanbaru Resmikan Koridor Baru Bus TMP
    Rekam Jejak 20 Pejabat Eselon II Pemprov Riau yang Baru dilantik Gubernur Syamsuar
    Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji 1441 H/2020 M
    Pertamina EP Lirik Field Berdayakan Petani ditengah Pandemi
    Gubri Pimpin Penyemprotan Disenfektan dan Pelaksanaan Rapid Test Bukitraya
    Utamakan Keselamatan, Keberangkatan Jemaah Haji 1441H Dibatalkan
    Gubri Tinjau Persiapan Pelaksanaan New Normal Covid-19 di Rohil
    Masih Muda dan Mulai Usaha, Why Not?
    Gubri Syamsuar Sosialisasikan Program New NormalĀ 
    JNE Distribusikan Beras Bansos Pemerintah RI
    PT Selaras Abadi Utama dan Mitra Kerja Salurkan Bantuan Sosial di Pelalawan
    PT NWR dan PT NSR Kembali Salurkan Ratusan Paket Sembako Untuk Masyarakat Langgam
    PTPN V Salurkan 7.000 Paket Sembako Senilai 1 Miliar, Mendukungkung Terwujudnya New Normal
    Kontribusi Nyata Untuk Brand Lokal
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved