www.transriau.com
23:53 WIB - UIR Bertekad Masuk Peringkat 100 Nasional | 23:37 WIB - Safari Ramadhan Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Kecamatan Bantan | 19:01 WIB - Gubri dan Walikota Pekanbaru Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai | 23:25 WIB - Gubri dan Wagubri Berbuka Puasa Bersama dengan Masyarakat dan Mahasiswa Asal Riau di Jakarta | 20:21 WIB - RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau | 21:11 WIB - UIR Gunakan 6 Aplikasi Berbasis Online
  Selasa, 21 Mei 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati Siak Gelar Kunker Ke Meranti, Perkuat Kerjasama Bangun Daerah

Kamis, 20/04/2017 - 22:37:54 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Siak Gelar Kunker Ke Meranti, Perkuat Kerjasama Bangun Daerah
  •  

    Bupati Kabupaten Siak H. Syamsuar melakukan kunjungan kerja (Kungker) di Kabupaten Kepulauan Meranti, kunjungan ini dalam rangka mensinergikan program pembangunan di dua Kabupaten Pesisir bertetangga itu untuk saling mendukung menuntaskan berbagai persoalan daerah melalui pembangunan infrastruktur merangkai pulau dan sebagainya, Kamis (20/4/2017).

    Kunker diawali dengan mengelilingi jalan-jalan protokol di Meranti dan peninjauan Pasar Modern guna melihat perkembangan Kota Selatpanjang yang menjadi Ibu Kota Kabupaten, selanjutnya melakukan pertemuan dengan Perangkat Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat Meranti yang dikemas dengan dialog bertempat di Aula Afifa, Selatpanjang

    Turut hadir dalam pertemuan itu Wakil Bupati H. Said Hasyim, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Sekdakab. Merati Drs. Julian Norwis SE MM, Kapolres Meranti AKBP. Barliansyah, Dandim, Danramil, Asisten Sekdakab. Meranti, Kepala Dinas/Badan dilingkungan Pemkab. Meranti, Camat, Kades, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat.

    Bupati Siak H. Syamsuar usai mengelilingi Kota Selatpanjang dan meninjau Pasar Modern bersama Bupati Meranti H. Irwan dan tokoh maayarakat Riau H. Wan Abu Bakar, mengaku takjub melihat perkembangan Meranti yang dinilai luar biasa. Bahkan dirinya mengaku lupa dengan Kota Selatpanjang karena begitu banyak perubahan yang terjadi salah satunya jalan-jalan yang dulunya kecil kini telah lebar dan dibuat Hot Mix.

    "Sudah banyak saya lupa karena jalan jalan sudah lebar dan beraspal, dahulu SD Delima dijalan Kartini sering banjir, Meranti saat ini sudah sangat luar biasa, saya mendapati banyak sekali perubahan di Kota Selatpanjang dan saya yakin perkembangan juga terjadi diseluruh Kecamatan," Ujar Bupati Siak Syamsuar.

    H. Syamsuar yang sempat menjabat sebagai Pj. Bupati Meranti diawal pemekaran tahun 2010 lalu merasa senang karena apa yang menjadi harapan para pejuang pemekaran secara bertahap mulai diwujudkan oleh Pemerintah Daerah.

    "Inilah hasil perjuangan pemekaran Kabupaten Bengkalis, dahulu Meranti sulit, hanya satu mobil  saja yang ada, berbeda dengan sekarang, dulu kemana-mana agar lebih leluasa saya menggunakan honda dan hampir seluruh kampung saya jelajahi, mungkin hanya 10 persen saja yang belum terkunjungi," akunya merasa begitu berkesan saat bertugas di Meranti.

    Lebih jauh dijelaskan Bupati Siak H. Syamsuar terkait kedatangan dirinya untuk semakin menguatkan sinergitas program pernah disepakati daerah-daerah yang berada dikawasan pesisir. Salah satunya SIAP BEDELAU (Siak, Pelalawan, Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti), yakni kerjasama antar daerah dalam membantu percepatan pembangunan.

    "Kerjasama ini sangat diperlukan karena sebuah Kabupaten tidak bisa maju sendiri tanpa dukungan Kabupaten lain, setiap Kabupaten memiliki potensi dan kelebihan masing-masing diharapkan bisa saling isi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan didaerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat disemua wilayah," paparnya.

    Dikatakan Syamsuar Kabupaten Siak seperti halnya Meranti sudah ditakdirkan berada di daerah pesisir yang selalu menjadi langganan kebakaran dan sulit dihindari, untuk menanggulangi itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit begitu juga dalam hal membangun infrastruktur daerah. Dengan adanya kerjasaam antara Siak dan Meranti ini dapat dilakukan sinergitas program sehingga biaya yang dikeluarkan dapat ditekan. Dicontohkan Bupati Siak dalam hal membangun jembatan penghubung antara Meranti dan Siak dicarikan lokasi yang paling ideal seperti Jembatan Air Mabuk-Putong untuk mengatasi ketergantungan terhadap transportasi air sehingga merangkai pulau jadi terwujud.

    Kerjasama menurut Bupati Siak H. Syamsuar juga dalam rangka penghematan anggaran, apalagi dengan kondisi anggaran yang sulit saat ini dimana daerah penghasil Migas seperti Siak dan Meranti mengalami penurunan anggaran APBD akibat jatuhnya harga minyak dunia dan semakin diperparah dengan tidak konsistennya transfer dana dari Kementerian Keuangan karena tidak tercapainya target penerimaan pajak Nasional, padahal alokasi anggarannya telah disetujui.

    Seperti diketahui APBD Siak yang sebelumnya diatas 3 Triliun kini turun menjadi kurang dari 2 Triliun hal serupa juga terjadi di Meranti yang sebelumnya 1.6 Triliun kini hanya berkisar 1.1 Triliun. "Ini sangat menyulitkan Pemda dan DPRD dalam penyusunan anggaran, program sudah berjalan tetapi uang tidak ada, dan ini menjadi persoalan seluruh daerah penghasil Migas" ucapnya.

    Dan agar pembangunan Infrastruktur didaerah dapat berjalan sesuai harapan dikatakan Bupati Siak, tak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Riau sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat.

    Menyangkut penguatan sinergitas program pembangunan infrastruktur jembatan kedua Kabupaten ini mendapat apresiasi dari Bupati Meranti H. Irwan M.Si, menurutnya jika hal itu terwujud maka akan membuka isolasi Meranti yang terhubung langsung ke Sumatera yang menjadi tujuan dari program merangkai pulau.

    Pada kesempatan itu, Bupati Siak juga menyampaikan ketertarikannya dengan komitmen Pemda Meranti dalam mengembangkan tanaman pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan didaerah. H. Syamsuar mengaku upaya Pemkab. Meranti dalam mewujudkan kedaulatan pangan didaerah itu layak untuk ditiru.

    Selain itu, Bupati Siak juga tertarik dengan potensi kopi Meranti (Liberika.red) yang sudah terkenal hingga kenegara tetangga Malaysia dan Singapura menurutnya potensi harus terus dipertahankan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi dalam mewujudkan mesejahteraan masyarakat.

    Tak lupa Bupati Siak mengucapkan apresiasi kepada Bupati Meranti H. Irwan M.Si yang energik yang telah berhasil membangun Meranti seperti yang sama-sama dirasakan saat ini. *



     
    Berita Terkini:
  • UIR Bertekad Masuk Peringkat 100 Nasional
  • Safari Ramadhan Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Kecamatan Bantan
  • Gubri dan Walikota Pekanbaru Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai
  • Gubri dan Wagubri Berbuka Puasa Bersama dengan Masyarakat dan Mahasiswa Asal Riau di Jakarta
  • RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau
  • UIR Gunakan 6 Aplikasi Berbasis Online
  • Ketua PPK Pangkalan Kuras Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Penggelembungan Suara
  • KPK Lakukan Pencegahan Kepada Bupati Bengkalis ke Luar Negeri
  • Wauuu...... KPK Kembali Geledah Kantor Bupati Bengkalis dan Dinas PUPR
  • GOJEk Hadir Sebagai Solusi Ekonomi Bagi Mitra Driver
  • Mencoblos Atas Nama Orang Lain, Warga Rokan Hilir Lolos dari Ancaman Penjara
  • Siak Hulu Terima Rp 49 Milyar Dari Dana APBD Kampar
  • Gubri Dukung Penuh Usulan Riau Gemar Berzakat
  • Sekda Sebut HSNI Sarana Penyalur Informasi
  • Riau Ramadhan Fair Juga Takjil Gratis
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Sabtu, 18/05/2019 - 20:21 WIB
    RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau
    GOJEk Hadir Sebagai Solusi Ekonomi Bagi Mitra Driver
    Bulan Ramadhan Penuh Cerita di Pasar Nostalgia
    DPRD Perjuangkan Anggaran Sekolah Gratis Untuk Masyarakat Riau Tahun 2020
    Pemkab Inhil Jalin Kerjasama dengan Pemkab Tanjab Barat dan Tanjab Timur
    Bank Riau Kepri Siap Layani Pembayaran Tagihan ATB di Kota Batam
    Perwakilan Uni Eropa Tinjau Perkebunan dan Pengolahan Sawit PTPN V
    Wabup Rohil dan Kadisdik Tinjau Pelaksanaan UN Yang Diikuti 26.777 Pelajar SD dan SMP
    PN Pekanbaru Vonis 1 Tahun 6 Bulan Terdakwa Pemalsuan Surat Tanah
    Kapolres Kampar Melepas Peserta Festival Sampan Hias Acara Balimau Kasai Menyambut Ramadhan
    Caleg di Kabupaten Meranti Dijatuhi Vonis 3 Bulan Penjara
    Bupati Kampar Amanahkan Ketua BNK Kepada Yusri
    Presiden Tekankan Pentingnya Penyelesaian Masalah Sengketa Lahan
    Wabup Bangga Pemilu di Inhil Berjalan Lancar
    Bupati Amril Terima Penghargaan dari Menkumham
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved