www.transriau.com
17:40 WIB - Dihadiri Kapolres Pelalawan, PT SLS Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla | 12:33 WIB - PKS Usung Pasangan Aman di Pilkada Bengkalis, Abi Bahrun Nyatakan Siap Jadi Pelayan Masyarakat | 12:21 WIB - Ilhamdi: Bupati Pelalawan Belum Laksanakan Amar Putusan MA Perkara Pilkades Desa Pangkalan Panduk | 22:31 WIB - Pasangan Husni Thamrin - T. Edy Sabli Telah Siap Maju di Pilkada Pelalawan | 20:12 WIB - SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Riau dan 5 Organisasi PWI Gelar Webinar Jurnalistik | 16:53 WIB - Dari Webinar Perpustakaan UIN Suska Riau, Pustakawan Mampu Hasilkan Tulisan Terstandar
  Rabu, 15 Juli 2020 | Jam Digital
Follow:
 
Wabup Sambut baik Laporan Pansus LKPJ Kepala Daerah Meranti

Kamis, 04/05/2017 - 23:00:19 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Sambut baik Laporan Pansus LKPJ Kepala Daerah Meranti
  •  

    Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengikuti Rapat Paripurna tentang Laporan Pansus LKPJ Tahun 2016 dan Penyerahan Keputusan DPRD Sebagai Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Kepala Daerah, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kepulauan Meranti, Kamis (4/5/2017).

    Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut, Wakil Bupati H. Said Hasyim, Ketua DPRD H. Fauzy Hasan, Wakil Ketua DPRD Meranti Taufikurahman, Wakil Ketua DPRD Muzamil, Forkopimda, Asisten III Sekda. Meranti H. T. Akhrial, Asisten II Sekda. Ir. H. Anwar Zainal, Kepala OPD dan Bagian Se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

    Dalam Rapat Paripurna tesebut disampaikan penilaian dan rekomendasi Pansus LKPJ Kepala Daerah yanh disampaikan oleh perwakilan Pansus, Marhisam terkait urusan wajib di Kabupaten Kepulauan Meranti dilaksanakan oleh 32 satuan setelah dilakukan pembahasan, menelaah dan menganalisa kemudian memberikan Laporan Rekomendasi terhadap LKPJ tersebut.

    Diantaranya sebagai berikut

    1. urusan Industri perlu juga dilakukan pemetaan industri untuk mendapatkan potensial industri yang layak bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. Perlunya di bangun jalur transportasi yang memadai sehingga dapat peningkatan jumlah produksi barang.

    2. kelautan dan perikanan yang merupakan sektor utama dalam pembangunan kabupaten kepulauan meranti sebagai kawasan maritim, Pansus memiliki rekomendasi agar kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat untuk dapat di evaluasi pelaksanaannya.

    Perlu dilakukannya pengawasan terhadap aset-aset yang telah dimiliki oleh dinas perikanan baik aset yang ada di dinas maupun bantuan yang diberikan kepada masyarakat.Keberadaan Balai Benih Ikan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Budidaya Perikanan hendaknya dapat langsung bermanfaat bagi masyarakat. Pansus meminta agar pembangunan prasarana tersebut menjadi prioritas penganggaran bagi OPD.

    3. Pemberdayaan Masyarakat Desa yang sejauh ini belum ditemukan kendala berarti di lapangan. Namun demikian, Pansus memberikan catatan perlu tanggap terhadap isu-isu dilapangan dan agar terus memonitor Kepala Desa untuk mencapai tujuan daerah sesuai visi, misi Kepala Daerah Meningkatkan kemampuan aparatur desa agar mampu mendukung proses pembangunan dalam memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat.

    Terkait dengan tapal batas antar desa dalam satu Kecamatan Pansus menilai agar OPD terkait cepat tanggap, apabila timbul indikasi-indikasi yang berkaitan dengan batas desa, sehingga dapat mengurangi terjadinya konflik.

    4. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak yang sejauh ini belum ditemukan kendala berarti di lapangan. Pansus memberikan catatan:

    Banyaknya pemberitaan terjadi pencabulan dan pemekorsaan terhadap anak dibawah umur, Pansus meminta kepada OPD terkait agar memberikan perlindungan hukum terhadap anak sesuai dengan prosedur dan proses hukum yang berlaku. Untuk menekan jumlah terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak (mencegah),belum tampak inovasi sebagai solusi. Pada urusan ini tidak hanya menyelenggarakan pelayanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

    5. Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Pansus memberikan RekomendasiPerlu dilakukan pendataan yang sungguh-sungguh terhadap kawasan kawasan sentra dibidang pertanian dan peternakan, dalam rangka revitalisasi pertanian dan peternakan, kami masih melihat belum adanya klasifikasi yang jelas untuk penetapan wilayah pertanian dan peternakan.

    6. Ketenagakerjaan yang sejauh ini belum ditemukan kendala berarti di lapangan. Namun demikian, Pansus memberikan rekomendasi  pentingnya keberadaan Balai Latihan Kerja untuk dapat memberikan manfaat bagi angkatan kerja di daerah ini, Juga agar pemerintah daerah mulai secara sungguh-sungguh memperbaiki kebijakan sehubungan dengan advokasi masalah-masalah ketenagakerjaan dan perburuhan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

    7. Kepemudaan dan Olah Raga  yang sejauh ini belum ditemukan kendala berarti di lapangan. Namun demikian, Pansus memberikan catatan harus melakukan pendataan berdasarkan skala prioritas icon pariwisata yang benar-benar ditonjolkan, seperti contoh hutan mangrove yang merupakan potensi untuk dijadikan kawasan wisata di Kabupaten Kepulauan Meranti.

    8. Bidang Kesehatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti harus memperhatikan ketersediaan tenaga medis baik perawat, bidan dan dokter dan kebijakan pendistribusian tenaga-tenaga tersebut secara merata ke setiap kecamatan, Kebijakan tersebut yang diiringi juga dengan kebijakan menyangkut kesejahteraan mereka. Memperhatikan sarana prasarana fisik di pedesaan terutama rumah para medis.

    Setelah mendengarkan penilaian dan rekomendasi Pansus LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Wakil Bupati H. Said mengatakan Kepala daerah sangat komit mengawasi dan menilai kinerja Kepala OPD, salah satu yang menjadi fokus adalah seberapa besar Kepala OPD bisa meraih anggaran APBD Provinsi dan APBN dalam mendukung pembangunan di Kepulauan Meranti. Hal itu menimbang dengan semakin kecilnya anggaran APBD Daerah, oleh karena itu Wabup. H. Said Hasyim juga meminta dukungan dari Legislator di DPRD untuk memberikan pokok-pokok fikiran dewan karena tanpa dukungan Legislator apa yang dilakukan oleh Pemda tidka dapat dilaksanakan secara maksimal.

    Pada kesempatan itu Wabup. H. Said Hasyim perhatian Legislator yang sangat besar dan sangat menyambut baik LKPJ yang telah dibahas Panitia Khusus DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti melibatkan SKPD terkait berlangsung secara kritis, dinamis, demokratis penuh rasa tanggung jawab dan sesuai dengan mekanisme yang berlaku, namun tetap dalam kerangka suasana kerjasama yang sangat kondusif.

    “Kami menyambut baik dan menerima segala catatan strategis dan rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD baik berupa saran, masukan maupun keritikan, baik menyangkut substansi materi maupun redaksi hasil pembahasan LKPJ antara DPRD dengan eksekutif sebagaimana dituangkan dalam Keputusan DPRD tentang catatan-catatan Strategis LKPJ Bupati Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2016 tersebut.” Demikian diungkapkan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs Said Hasyim, dalam pidatonya.

    Dikatakannya, terhadap kerja keras Pansus yang telah berhasil melakukan pembahasan terhadap LKPJ dan menghasilkan sebuah catatan-catatan dalam bentuk rekomendasi perlu mendapat apresiasi dari semua pihak. Betapa tidak, karena melalui Rekomendasi  ini nantinya mampu menjadi guiden kearah pembangunan yang lebih baik dan sempurna sesuai dengan harapan kita bersama.

    Pembahasan demi pembahasan telah dilakukan, oleh karenanya kepada Ketua, Sekretaris dan seluruh anggota Pansus secara khusus diucapkan terima kasih.

    “Kami menyambut baik dan menerima segala catatan strategis dan rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD baik berupa saran, masukan maupun keritikan, baik menyangkut substansi materi maupun redaksi hasil pembahasan LKPJ antara DPRD dengan eksekutif sebagaimana dituangkan dalam Keputusan DPRD tentang catatan-catatan Strategis LKPJ Bupati Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2016 tersebut.” Ujarnya.

    Dijelaskannya, Bagi pemerintah  catatan dimaksud sebagai upaya untuk menemukan kelemahan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, dalam rangka meningkatkan efisiensi, efektifitas, produktifitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan hal tersebut merupakan salah satu fungsi utama DPRD yakni melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan di daerah.

    “Kami akan berusaha sungguh-sungguh untuk menindaklanjuti catatan-catatan strategis tersebut sebagai bahan perbaikan kinerja dimasa-masa akan datang.Apabila terdapat keberhasilan dalam pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun 2016 yang lalu adalah merupakan hasil kerja keras yang telah dilakukan oleh kita bersama yang senantiasa harus dipertahankan.” Jelasnya. *



     
    Berita Terkini:
  • Dihadiri Kapolres Pelalawan, PT SLS Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla
  • PKS Usung Pasangan Aman di Pilkada Bengkalis, Abi Bahrun Nyatakan Siap Jadi Pelayan Masyarakat
  • Ilhamdi: Bupati Pelalawan Belum Laksanakan Amar Putusan MA Perkara Pilkades Desa Pangkalan Panduk
  • Pasangan Husni Thamrin - T. Edy Sabli Telah Siap Maju di Pilkada Pelalawan
  • SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Riau dan 5 Organisasi PWI Gelar Webinar Jurnalistik
  • Dari Webinar Perpustakaan UIN Suska Riau, Pustakawan Mampu Hasilkan Tulisan Terstandar
  • H-6 ditutupnya Lomba Vlog, sudah 120 Video Karya diterima Panitia
  • Dosen FH UIR Husnu Abadi Baca Puisi di 90 Tahun Prof Solly Lubis
  • Ikhsan: Empat Bakal Calon Kepala Daerah yang Terima SK Golkar Telah Memenuhi Indikator
  • GKSB DPR RI Dukung Langkah Fatah dan Hamas Bersatu Lawan Israel
  • Tim Gabungan Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan di Desa Lubuk Sakat
  • SKK Migas-KKKS Wilayah Sumbagut Serahkan Bantuan 270 Paket Sembako ke PWI Riau
  • Kejari Pelalawan Tetapkan Dua Tersangka Korupsi
  • Satpolair Polres Rohil Panen Raya Perdana Tambak Ikan Hasil Binaan
  • Indra Gunawan Eet Bersaksi Untuk Perkara Amril Mukminin di PN Tipikor Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 05/07/2020 - 22:04 WIB
    RAPP Raih Sertifikasi Sistem Manajemen Energi
    Walikota Pekanbaru Resmikan Koridor Baru Bus TMP
    Rekam Jejak 20 Pejabat Eselon II Pemprov Riau yang Baru dilantik Gubernur Syamsuar
    Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji 1441 H/2020 M
    Pertamina EP Lirik Field Berdayakan Petani ditengah Pandemi
    Gubri Pimpin Penyemprotan Disenfektan dan Pelaksanaan Rapid Test Bukitraya
    Utamakan Keselamatan, Keberangkatan Jemaah Haji 1441H Dibatalkan
    Gubri Tinjau Persiapan Pelaksanaan New Normal Covid-19 di Rohil
    Masih Muda dan Mulai Usaha, Why Not?
    Gubri Syamsuar Sosialisasikan Program New Normal 
    JNE Distribusikan Beras Bansos Pemerintah RI
    PT Selaras Abadi Utama dan Mitra Kerja Salurkan Bantuan Sosial di Pelalawan
    PT NWR dan PT NSR Kembali Salurkan Ratusan Paket Sembako Untuk Masyarakat Langgam
    PTPN V Salurkan 7.000 Paket Sembako Senilai 1 Miliar, Mendukungkung Terwujudnya New Normal
    Kontribusi Nyata Untuk Brand Lokal
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved