www.transriau.com
22:53 WIB - Bangun Hubungan Sinergitas Pjs Bupati Inhil Silahturahmi Dengan Panwaslu | 19:05 WIB - Azis Zaenal : BPD Harus Jadi Motivator Pembangunan Desa | 18:58 WIB - Netizen Ramai-ramai Kecam RSUD Bangkinang Diduga Tolak Pasien | 18:37 WIB - Begini Kronologi OTT KPK di Lampung Tengah Sebanyak 19 Orang, Bupati Hingga Pimpinan DPRD | 18:31 WIB - Polsek Siak Hulu Gelar Operasi Cipkon Jelang Perayaan Imlek | 18:20 WIB - Alternatif Baru Untuk Jemaah Umroh, PT Kiblatain Jaya Wisata Wilayah Riau Resmi Beroperasi
  Minggu, 18 Februari 2018 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati dan Forkopimda Tuntaskan Sengketa Ciliandra dengan Masyarakat

Senin, 20/11/2017 - 23:06:55 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati dan Forkopimda Tuntaskan Sengketa Ciliandra dengan Masyarakat
  •  

    Masa penantian belasan tahun masyarakat Desa Siabu akhirnya menemui jalan terang. Sengketa masyarakat Desa Siabu dengan PT Ciliandra Perkasa memperoleh penyelesaian win-win solution dari Bupati Kampar bersama Forkopimda. Solusi tersebut disampaikan oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM kepada pers pada Senin (20/11/2017) di Kantor Bupati Kampar.

    Turut hadir Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto Si.K, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beni Setiyanto, Ketua Kejaksaan Negeri Bangkinang, Wadanyon 132/BS, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Sekda Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si, ketua DPRD Kampar yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kampar Faisal dan anggota DPRD Kampar Fahmil SE, kepala Desa Siabu, Ninik Mamak, masyarakat desa serta insan pers saat konfrensi pers dan dari PT Ciliandra Perkasa hadir Direktur Utama Hareanto Tananuludjono di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar.

    Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM mengatakan Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai mediator antara Masyarakat Desa Siabu Kecamatan Salo dengan PT Ciliandra Perkasa, telah mempelajari data dari berbagai pihak.
     
    “Setelah kita mengadakan pertemuan, berunding dan dialog serta berkali-kali saya mengadakan rapat internal bersama Forkopimda, Wakil Bupati, Sekda dan para Kepala OPD, tidak ada satupun yang kita tutup-tutupi,"tegasnya.

    Bupati memaparkan bahwa semuanya sangat transparan dan setelah mempelajari masukan-masukan yang dianggap tanda kutip perbedaan pendapat, selisih pendapat, data kebun yang dibangun oleh PT Ciliandra di sekitar daerah Siabu, sudah dapat kami (Pemerintah Kabupaten Kampar) yang memediasi apa yang diminta oleh masyarakat Siabu.

    "Apa yang dikehendaki oleh PT Ciliandra kemudian fakta-faktanya kita perhatikan, data-datanya kita lihat dan kita pelajari maka dapatlah suatu kesepakatan penyelesaian terhadap kondisi kebun di Siabu yang dikelola dan ditanam oleh PT Ciliandra,"kata Bupati Kampar.

    Azis Zaenal juga mengatakan inilah hasil kerja Pemerintah Kabupaten Kampar bersama Forkopimda untuk mencari win-win solution sehingga investor tidak terganggu untuk mengembangkan usahanya di Kabupaten Kampar dan masyarakat pun dapat terbantu ekonominya.

    Berikut ini isi kesepakatan tersebut :

    Kesepakatan bersama No.0204/SKB/04/XI/2017 dan No.525bid.up.p./2017/487 antara PT Ciliandra Perkasa dengan Pemerintah Kabupaten Kampar. Pada hari ini Selasa, 14 November 2017 bertempat di Pekanbaru.
    1. Kami yang bertanda tangan dibawah ini Hareanto Tananuludjono (Direktur utama PT Ciliandra Perkasa) selanjut disebut pihak pertama
    2. Ir H Bustan Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan hewan Kabupaten Kampar (Pemerintah Kabupaten Kampar) selanjut disebut pihak kedua
    Bahwa pihak pertama dan pihak kedua secara bersama-sama sepakat selanjutnya disebut sebagai para pihak, terlebih dahulu para pihak menerangkan sebagai berikut :
    1. Pihak pertama memiliki areal kebun yang belum memiliki HGU seluas 2845 Heaktar di Desa Siabu yang saat ini terjadi konflik dan dituntut oleh masyarakat Desa Siabu untuk dijadikan kebun pola KKPA dan membutuhkan pihak ke dua untuk mengurus dan menyelesaikan antara pihak pertama dengan masyarakat Desa Siabu.
    2. Selanjutnya kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan PT Ciliandra dengan masyarakat Desa Siabu untuk melakukan pembangunan kebun kelapa sawit pola KKPA untuk masyarakat Desa Siabu dengan ketentuan sebagai berikut :
    • PT Ciliandra Perkasa bersedia membangun kebun kelapa sawit seluas 600 Heaktar yang lokasinyanya diutamakan di sekitar desa Siabu, apabila tidak ada lahan di sekitar Desa Siabu maka akan di bangun di daerah lain namun tetap di daerah Kabupaten Kampar.
    • Bahwa biaya pembebasan lahan sampai dengan pembangunan lahan seluar 600 hektar di biayai oleh PT Ciliandra Perkasa yang nantinya akan dibebankan kepada koperasi yang nantinya akan dibentuk oleh masyarakat desa Siabu. 
    • Bahwa koperasi sebagai wadah anggota masyarakat Desa Siabu akan segera dibentuk dan dilanjutkan kerjasama dengan PT Ciliandra Perkasa dalam rangka pembangunan kebun kelapa sawit. 
    • Selama masa pembangunan kebun kelapa sawit pola KKPA seluas 600 Heaktar, PT Ciliandra Perkasa memberikan dana kompensasi kepada Desa Siabu sebasar Rp.500 juta setiap bulan, setiap akhir bulan terhitung bulan November 2017 sampai dengan pembangunan kebun baru KKPA selesai dan telah menghasilkan untuk diserahkan langsung kepada koperasi masyarakat desa Siabu. 
    • Bahwa apabila PT Ciliandra Perkasa dalam jangka waktu 7 (tujuh) tahun belum dapat menyerahkan kebun kelapa sawit pola KKPA seluas 600 Heaktar kepada masyarakat Desa Siabu maka PT Cilandra Perkasa bersedia menyerahkan lahan perkebunan yang ada, yang dimilikinya, yang belum HGU, dan kebun yang ada sekarang akan diserahkan kepada masyarakat Siabu dengan pola KKPA. 
    • Bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar akan memberikan izin perkebunan seluas 600 Heaktar kepada kepada koperasi masyarakat Desa Siabu sesuai ketentuan yang berlaku, sesuai dengan aturan yang berlaku. 
    • PT Ciliandra Perkasa memberikan CSR kepada Pemerintah Kabupaten Kampar tahun 2017 sebesar Rp.1,2 Miliar yang dipergunakan untuk pembangunan Kabupaten Kampar. 
    • PT Ciliandra Perkasa bersedia membuka akses jalan dan membongkar portal yang ada di area perkebunannya, yang merupakan ruas jalan Bangkinang – Lipat Kain untuk kepentingan umum paling lambat 7 (tujuh) hari seteleah kesepakatan ini ditandatangani demikian juga Pemerintah Kabupaten Kampar bersedia membongkar portal untuk membuka akses PT Ciliandra Perkasa melalui jalan Bangkinang dan Salo. 
    • Bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar akan menjaga keadaan kondusif untuk terlaksananya kegiatan usaha kebun kelapa sawit PT Ciliandra Perkasa di Desa Siabu dan tidak adanya tuntutan dalam bentuk apapun selama semua kesepakatan bersama telah dilaksanakan oleh PT Ciliandra Perkasa kecuali di tentukan oleh peraturan perundang-undangan lain.
    Bupati Kampar menjelaskan bahwa kesepakan ini mempunyai kekuatan hukum yang sama, dan dibubuhi materai yang cukup dan para pihak menandatangani tanpa ada paksaan dari pihak manapun. (trc)



     
    Berita Terkini:
  • Bangun Hubungan Sinergitas Pjs Bupati Inhil Silahturahmi Dengan Panwaslu
  • Azis Zaenal : BPD Harus Jadi Motivator Pembangunan Desa
  • Netizen Ramai-ramai Kecam RSUD Bangkinang Diduga Tolak Pasien
  • Begini Kronologi OTT KPK di Lampung Tengah Sebanyak 19 Orang, Bupati Hingga Pimpinan DPRD
  • Polsek Siak Hulu Gelar Operasi Cipkon Jelang Perayaan Imlek
  • Alternatif Baru Untuk Jemaah Umroh, PT Kiblatain Jaya Wisata Wilayah Riau Resmi Beroperasi
  • Jangan Kebanyakan Selfi, Travel Penyelenggara Umroh Diminta Fokus Pada Tujuan Utama
  • Abdul Wahid : Travel Perjalanan Umroh Diminta Melaporkan Jadwal Keberangakatan Jemaah
  • Pjs Bupati Inhil Harapkan Dukungan Seluruh Elemen Masyarakat
  • Koordinasi Penyiaran Pilkada, KPID Riau Kunjungi RRI Pekanbaru
  • Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Permasalahan Utama Rantau Kampar Kiri Lipat Kain
  • Wabup Meranti Said Hasyim Bersama Ketua DPRD Meranti Buka Musrenbang Kecamatan 3T
  • H Said Syarifuddin Imbau Elemen Masyarakat Jaga Suasana Kondusif Selama Pilkada
  • Gubri Lantik Sukiman Sebagai Bupati Defenitif Kabupaten Rohul
  • Kejari Kampar Lakukan Penyuluhan Hukum Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    5 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    6 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Jumat, 16/02/2018 - 18:37 WIB
    Pakai Kode "Cheese"
    Begini Kronologi OTT KPK di Lampung Tengah Sebanyak 19 Orang, Bupati Hingga Pimpinan DPRD
    Harap Pinta Belasan Tahun
    Setelah Belasan Tahun Akhirnya Kota Pekanbaru Miliki Rumah Sakit
    Tanoto Foundation Bangun Gedung Program Vokasi Pulp dan Paper Center di UR
    Galeri Foto
    Deklarasi dan Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno
    Tingkatkan Peran Sebagai APEX BPR, Bank Riau Kepri Gelar Workshop Sinergitas
    Chevron Mulai Studi Proyek Indonesia Deepwater Development
    Rachmat Witoelar Utusan Khusus Presiden Untuk Perubahan Iklim Apresiasi Program DMPA Sinarmas
    Hamdan Zoelva : Permohonan RAPP Terkait SK 5322 Kasus Administratif, Bukan Melawan Negara
    Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Jabat Panglima TNI
    Gubernur Riau Terima DIPA Tahun 2018 Sebesar Rp21,91 Triliun
    Perdamaian Kordias-Suhardiman Pakai Adat Melayu, Potong Kerbau dan Makan Bejambau
    Bank Riau Kepri Raih Good Financial Performance Di Ajang Indonesia Best Banking Brand Award 2017
    DPM-PTSP Kota Pekanbaru Permudah Pelayanan Perizinan dengan Aplikasi SIMOLEK
    Memeriahkan HKN ke 53, Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan
    Pemkab Kampar Tingkatkan PAD dan Meminimalkan Beban Masyarakat
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved