www.transriau.com
23:25 WIB - Zulmansyah Kukuhkan PWI Bengkalis 2018-2021 | 23:07 WIB - Gubernur Riau Bawa Bantuan 1 Ton Beras ke Buluh Cina | 22:49 WIB - Kecamatan Bagan Sinambeh Raih Peringkat Pertama Penilaian EKK di Riau | 19:32 WIB - DWP Kampar Rayakan HUT ke 19 | 19:22 WIB - Tim Tanggap Bencana Banjir Temukan Korban Tenggelam di Desa Terantang | 21:37 WIB - Gapki Region Sumatera Gelar Andalas Forum Radisson Golf & Convention Center
  Selasa, 18 Desember 2018 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati dan Forkopimda Tuntaskan Sengketa Ciliandra dengan Masyarakat

Senin, 20/11/2017 - 23:06:55 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati dan Forkopimda Tuntaskan Sengketa Ciliandra dengan Masyarakat
  •  

    Masa penantian belasan tahun masyarakat Desa Siabu akhirnya menemui jalan terang. Sengketa masyarakat Desa Siabu dengan PT Ciliandra Perkasa memperoleh penyelesaian win-win solution dari Bupati Kampar bersama Forkopimda. Solusi tersebut disampaikan oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM kepada pers pada Senin (20/11/2017) di Kantor Bupati Kampar.

    Turut hadir Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto Si.K, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beni Setiyanto, Ketua Kejaksaan Negeri Bangkinang, Wadanyon 132/BS, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Sekda Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si, ketua DPRD Kampar yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kampar Faisal dan anggota DPRD Kampar Fahmil SE, kepala Desa Siabu, Ninik Mamak, masyarakat desa serta insan pers saat konfrensi pers dan dari PT Ciliandra Perkasa hadir Direktur Utama Hareanto Tananuludjono di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar.

    Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM mengatakan Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai mediator antara Masyarakat Desa Siabu Kecamatan Salo dengan PT Ciliandra Perkasa, telah mempelajari data dari berbagai pihak.
     
    “Setelah kita mengadakan pertemuan, berunding dan dialog serta berkali-kali saya mengadakan rapat internal bersama Forkopimda, Wakil Bupati, Sekda dan para Kepala OPD, tidak ada satupun yang kita tutup-tutupi,"tegasnya.

    Bupati memaparkan bahwa semuanya sangat transparan dan setelah mempelajari masukan-masukan yang dianggap tanda kutip perbedaan pendapat, selisih pendapat, data kebun yang dibangun oleh PT Ciliandra di sekitar daerah Siabu, sudah dapat kami (Pemerintah Kabupaten Kampar) yang memediasi apa yang diminta oleh masyarakat Siabu.

    "Apa yang dikehendaki oleh PT Ciliandra kemudian fakta-faktanya kita perhatikan, data-datanya kita lihat dan kita pelajari maka dapatlah suatu kesepakatan penyelesaian terhadap kondisi kebun di Siabu yang dikelola dan ditanam oleh PT Ciliandra,"kata Bupati Kampar.

    Azis Zaenal juga mengatakan inilah hasil kerja Pemerintah Kabupaten Kampar bersama Forkopimda untuk mencari win-win solution sehingga investor tidak terganggu untuk mengembangkan usahanya di Kabupaten Kampar dan masyarakat pun dapat terbantu ekonominya.

    Berikut ini isi kesepakatan tersebut :

    Kesepakatan bersama No.0204/SKB/04/XI/2017 dan No.525bid.up.p./2017/487 antara PT Ciliandra Perkasa dengan Pemerintah Kabupaten Kampar. Pada hari ini Selasa, 14 November 2017 bertempat di Pekanbaru.
    1. Kami yang bertanda tangan dibawah ini Hareanto Tananuludjono (Direktur utama PT Ciliandra Perkasa) selanjut disebut pihak pertama
    2. Ir H Bustan Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan hewan Kabupaten Kampar (Pemerintah Kabupaten Kampar) selanjut disebut pihak kedua
    Bahwa pihak pertama dan pihak kedua secara bersama-sama sepakat selanjutnya disebut sebagai para pihak, terlebih dahulu para pihak menerangkan sebagai berikut :
    1. Pihak pertama memiliki areal kebun yang belum memiliki HGU seluas 2845 Heaktar di Desa Siabu yang saat ini terjadi konflik dan dituntut oleh masyarakat Desa Siabu untuk dijadikan kebun pola KKPA dan membutuhkan pihak ke dua untuk mengurus dan menyelesaikan antara pihak pertama dengan masyarakat Desa Siabu.
    2. Selanjutnya kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan PT Ciliandra dengan masyarakat Desa Siabu untuk melakukan pembangunan kebun kelapa sawit pola KKPA untuk masyarakat Desa Siabu dengan ketentuan sebagai berikut :
    • PT Ciliandra Perkasa bersedia membangun kebun kelapa sawit seluas 600 Heaktar yang lokasinyanya diutamakan di sekitar desa Siabu, apabila tidak ada lahan di sekitar Desa Siabu maka akan di bangun di daerah lain namun tetap di daerah Kabupaten Kampar.
    • Bahwa biaya pembebasan lahan sampai dengan pembangunan lahan seluar 600 hektar di biayai oleh PT Ciliandra Perkasa yang nantinya akan dibebankan kepada koperasi yang nantinya akan dibentuk oleh masyarakat desa Siabu. 
    • Bahwa koperasi sebagai wadah anggota masyarakat Desa Siabu akan segera dibentuk dan dilanjutkan kerjasama dengan PT Ciliandra Perkasa dalam rangka pembangunan kebun kelapa sawit. 
    • Selama masa pembangunan kebun kelapa sawit pola KKPA seluas 600 Heaktar, PT Ciliandra Perkasa memberikan dana kompensasi kepada Desa Siabu sebasar Rp.500 juta setiap bulan, setiap akhir bulan terhitung bulan November 2017 sampai dengan pembangunan kebun baru KKPA selesai dan telah menghasilkan untuk diserahkan langsung kepada koperasi masyarakat desa Siabu. 
    • Bahwa apabila PT Ciliandra Perkasa dalam jangka waktu 7 (tujuh) tahun belum dapat menyerahkan kebun kelapa sawit pola KKPA seluas 600 Heaktar kepada masyarakat Desa Siabu maka PT Cilandra Perkasa bersedia menyerahkan lahan perkebunan yang ada, yang dimilikinya, yang belum HGU, dan kebun yang ada sekarang akan diserahkan kepada masyarakat Siabu dengan pola KKPA. 
    • Bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar akan memberikan izin perkebunan seluas 600 Heaktar kepada kepada koperasi masyarakat Desa Siabu sesuai ketentuan yang berlaku, sesuai dengan aturan yang berlaku. 
    • PT Ciliandra Perkasa memberikan CSR kepada Pemerintah Kabupaten Kampar tahun 2017 sebesar Rp.1,2 Miliar yang dipergunakan untuk pembangunan Kabupaten Kampar. 
    • PT Ciliandra Perkasa bersedia membuka akses jalan dan membongkar portal yang ada di area perkebunannya, yang merupakan ruas jalan Bangkinang – Lipat Kain untuk kepentingan umum paling lambat 7 (tujuh) hari seteleah kesepakatan ini ditandatangani demikian juga Pemerintah Kabupaten Kampar bersedia membongkar portal untuk membuka akses PT Ciliandra Perkasa melalui jalan Bangkinang dan Salo. 
    • Bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar akan menjaga keadaan kondusif untuk terlaksananya kegiatan usaha kebun kelapa sawit PT Ciliandra Perkasa di Desa Siabu dan tidak adanya tuntutan dalam bentuk apapun selama semua kesepakatan bersama telah dilaksanakan oleh PT Ciliandra Perkasa kecuali di tentukan oleh peraturan perundang-undangan lain.
    Bupati Kampar menjelaskan bahwa kesepakan ini mempunyai kekuatan hukum yang sama, dan dibubuhi materai yang cukup dan para pihak menandatangani tanpa ada paksaan dari pihak manapun. (trc)



     
    Berita Terkini:
  • Zulmansyah Kukuhkan PWI Bengkalis 2018-2021
  • Gubernur Riau Bawa Bantuan 1 Ton Beras ke Buluh Cina
  • Kecamatan Bagan Sinambeh Raih Peringkat Pertama Penilaian EKK di Riau
  • DWP Kampar Rayakan HUT ke 19
  • Tim Tanggap Bencana Banjir Temukan Korban Tenggelam di Desa Terantang
  • Gapki Region Sumatera Gelar Andalas Forum Radisson Golf & Convention Center
  • UIR Segera Dirikan Pusat Studi Halal Kerjasama dengan BPOM dan MUI
  • Calon Mahasiswa Baru UIR Asal Kepri Dapat Ikuti CBT di Batam dan Tanjungpinang Pada Bulan Januari 20
  • PT. CPI Luncurkan Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja
  • Rektor UIR Lepas 10 Dosen & Pegawai Umroh ke Mekkah
  • PWNU Riau Minta Gubri Wan Thamrin Maksimalkan Tugas
  • Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Menkumham Yasonna Laoly
  • BPJS Pekanbaru Sosialisasikan Pendaftaran Melalui OSS
  • Walikota Pekanbaru Imbau Seluruh ASN Gunakan Pakaian Melayu
  • PT BSP Support Kegiatan PWI Riau
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Senin, 03/12/2018 - 20:57 WIB
    Pemda Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid
    Bank Riau Kepri Terima 3 Penghargaan Pada Ajang SPEx2 Award 2018
    APBD Murni 2019 Pemmo Pekanbaru disahkan
    Dihadapan Kapolri Plt Gubri Bersama Dirut Bank Riau Kepri Teken MoU Samsat Nasional
    Riau Expo 2018, Sinar Mas Tampilkan Kuliner dan Hasil Pertanian Binaannya
    PT RAPP Memeriahkan Event Riau Expo 2018
    Bawaslu Riau Putuskan Deklarasi Kepala Daerah Dukung Jokowi Tidak Penuhi Unsur Pidana
    KPK Segara Launching MoU Pajak Online Antara 4 Walikota dan 1 Bupati di Riau/Kepri Dengan BRK
    Pemkab Bintan Terima Satu Unit Mobil Pelayanan Pajak Daerah CSR Bank Riau Kepri
    Pemprov Riau Beri Penghargaan 17 Pemuda Berprestasi
    Plt Gubri Lantik 79 Kepala SMA/SMK dan SLB se Provinsi Riau
    Penandatanganan MoU Kerjasama Bisnis Kadin dan Aljazair
    Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim Terima Sertifikat WBTB Dari Mendikbud
    Sekda Pemprov Riau Buka Rakor Pengawasan Daerah 2018
    KPK RI Kumpulkan Lima Kepala Bapenda di Bank Riau Kepri
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved