www.transriau.com
16:25 WIB - Jelang Hari Bhayangkara, Polsek Tambang Santuni Anak Yatim | 15:38 WIB - Jajaran Pemkab Inhil Ucapkan Selamat Atas Pernikahan Putra Bungsu Bupati | 13:45 WIB - Galeri Foto Malam Resepsi Syukuran Milad Ke - 54 Kabupaten Inhil | 09:35 WIB - Wakili Riau ke Tingkat Nasional, Apa Saja Keunggulan Siskamling Desa Tanah Merah Kampar | 09:33 WIB - Bupati Sampaikan Jabawan Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kampar | 09:02 WIB - Mengenal Sosok Pengacara Jokowi dan Prabowo yang 'Bertarung' di MK
  Rabu, 19 Juni 2019 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati Kampar Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2017-2018

Selasa, 20/11/2018 - 17:21:58 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Kampar Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2017-2018
  •  

    Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM menyampaikan Capian Kinerja Tahun 2017-2018 pada Pengantar Nota Keuangan Tentang RAPBD Kabupaten Kampar 2019 Saat Paripurna DPRD Kabupaten Kampar di ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kampar. Senin (19/11/2018)

    Dalam paripurna tersebut Bupati Kampar mengatakan dalam hampir dua tahun ini kita telah berupaya untuk melaksanakan program pembangunan dalam rangka mewujudkan program 3i yaitu infrastruktur, industry dan investasi sebagai langkah mewujudkan visi dan misi yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Kampar.

    Beberapa capaian yang telah dilakukan pada tahun anggaran 2017 dan 2018 secara jelas dan ringkas Bupati Kampar memaparkan seperti alokasi anggaran untuk bidang pendidikan diatas mandatory minimal 20 persen, digunakan untuk pelayanan sektor pendidikan dimana setiap tahun angka partisipasi kasar (APK) diatas 94 persen yang sudah diatas APK Nasional.

    Direncanakan pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Kampar mengalokasikan anggaran untuk beasiswa untuk mastarakat, terdiri dari beasiswa untuk bidang kesehatan, tehnik dan IT

    Dibidang kesehatan alokasi anggaran setiap tahun telah memenuhi ketentuan dimana daerah diwajibkan mengalokasikan anggaran kesehatan minimal 10 persen. Alokasi anggaran ini digunakan untuk pelayanan sektor kesehatan masyarakat, salah satunya dengan pengadaan ambulan setiap desa. Pada tahun 2017 sebanyak 11 unit dan 2018 sebanyak 29 unit serta pada tahun 2019 akan dialokasikan sebanyak 50 unit, dengan jumlah total diharapkan sampai tahun 2019 sebanyak 90 unit.

    “Salah satu upaya yang kita laksanakan pada saat ini adalah peningkatan status Rumah Sakit sebagai Rumah Sakit Rujukan, Kita mengharapkan nantinya RSUD Bangkinang yang sekarang masih type C akan ditingkatkan menjadikan Rumah Sakit Rujukan Type B untuk Regional.”sebut Bupati Kampar

    Bidang Infrastruktur merupakan misi ketiga dalam RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022, Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Kampar guba menjawab permasalahan aksesibilitasi dalam menunjang aktifitas dan mobilitas masyarakat, serta mengembangkan kawasan pemukiman yang nyaman dan memadai.

    Capaian pembangunan bidang infrastruktur khusus jalan dan jembatan pada tahun 2017 s/d 2018 yakni pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan sepanjang 113,7 KM, dan jembatan terbangun sebanyak 12 unit diantaranya 4 unit jembatan gantung, 6 unit jembatan besi dan 2 unit jembatan beton.

    Kemudian membuka jalan baru Sei Jernih – Poro untuk membuka akses ekonomi masyarakat yang menghubungan empat kecamatan meliputi Kecamatan Bangkinang, Kampar Utara, Rumbio Jaya dan Tambang sepanjang lebih kurang 27 km yang menghubungkan sebelas desa dan satu kelurahan.

    Khusus untuk mengetasi keterisoliran desa-desa dalam kawasan konservasi di Kecamatan Kampar kiri, telah dilakukan kesepakatan antara Pemrintah Kabupaten Kampar dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk membuka jalur interprestasi menghubungkan Sembilan desa yang selama ini hanya bisa diakses melalui jalur sungai subayang. “Pembangunan jalur ini sudah dimulai pada APBD-P 2018 dan berlanjut seterusnya 2019 sampai 2022”.ucap Azis

    Pada urusan perumahan dan pemukiman lanjut Bupati Kampar, telah dilaksanakan kegiatan bedah rumah melalui dana APBD Kabupaten Kampar, APBD Provinsi dan APBN, Tahun 2017 sebanyak 80 unit, tahun 2018 sebanyak 1.004 unit dan tahun 2019 direncanakan sebanyak 800 unit.

    Dijelaskan Bupati Kampar, pada tahun 2019 ini prioritas pembangunan infrastruktur Pemerintah Kabupaten Kampar diprioritaskan pada beberapa hal diantaranya pembangunan perkantoran terpadu delapan lantai yang akan dibangun melalui penganggaran tahun jamak, yang bertujuan untuk menyediakan fasilitas pelayanan kepad masyarakat yang representative guna meningkatkan kualitas pelayanan dan ikon baru di kota Bangkinang yang kita cintai ini. “Disamping digunakan sebagai perkantoran Pemerintah, geding ini juga akan digunakan untuk fasilitas publik dan perkantoran perusahaan swasta nasional yang beroperasi di Kabupaten Kampar”.ujar Azis

    Jalur Interprestasi di Kampar Kiri Hulu akan dibangun mulai tahun 2019 sepanjang lebih kurang 36 Km dengan lebar 1,5 meter, jumlah jembatan yang akan dibangun sebanyak 16 unit, dengan skema pendanaan melalui APBD Kabupaten Kampar dan APBN.

    Kemudian pembangunan menara dan landscape di kawasan Islamic center, pembangunan kawasan Bangkinang Riverside, Pembangunan alun-alun pada sebelas kecamatan, peningkatan dan pembangunan jalan akses antar kecamatan dan desa.

    Dibidang Perhubungan, untuk meningkatkan kemudahaan dan akses transportasi bagi masyarakat pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Kampar telah membuka trayek angkutan melalui Moda Perintis Danmri dari jalur Bangkinang menunju Bandara Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru serta pada tahun 2018 membuka jalur baru dari Bangkinang menuju objek wisata Candi Muara Takus di Kecamatan XIII Koto Kampar.

    Bidang Sosial Keagamaan, salah satu program unggulan dibidang kesra ini adalah umroh tokoh panutan masyarakat . Tahun 2017 dan 2018 telah diumrohkan sejumalh 60 orang dan pada tahun 2019 direncanakan sejumlah 30 orang berasal dari setiap desa.

    Bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, pencapaian program bidang pengendalian penduduk dan keluarga Kabupaten Kampar ditandai dengan turungnya angka Total Fertility Rate (TFR) sebesar 0,2 persen dari 2,7 persen tahun 2017 menjadi 2,5 persen tahun 2018 serta terbentuknya kampong KB di 21 Kecamatan. “Pada tahun 2018 ini total kampong KB ditargetkan 38 Kampung KB, beberapa penghargaan telah diraih pada bidang ini baik ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional.”ucap Azis

    Bidang perlindungan anak dan Pemberdayaan Perempuan, kasus kekerasan pada perempuan dan anak pada tahun 2018 turun sebesar 43 persen. Pada tahun 2018 dari 15 kasus kekerasan tertangani 100 persen. Untuk itu bidang ini pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Kampar menerima penghargaan Nasional tingkat Pratama sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2018.

    Bidang Pariwisata, dilihat dari data objek daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Kampar terus mengalami peningkatan setiap tahun. Pada tahun 2016 terdapat 56 objek wisata, pada tahun 2017 bertambah menjadi 69 dan pada tahun 2018 bertambah menjadi 82 atau bertambah sebanyak 26 ODTW dalam tiga tahun terakhir.

    Perkembangan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) juga mengalami penambahan setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah pengunjung wisata. Pada tahun 2016 Pokdarwis berjumlah 7 kelompok, pada tahun 2017 bertambah 19 kelompok dan pada tahun 2018 menjadi 21 kelompok atau bertambah 14 kelompok dalam tiga tahun.

    Pada Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah Kabupaten Kampar dalam dua tahun terakhir untuk menyusun Laporan Keuangan memperoleh predikat tertinggi yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, sehingga pada tahun 2019 Kabupaten Kampar memperoleh tambahan penerimaan daerah berupa Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 36 milyar lebih.

    Disamping itu guna mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel berdasarkan intruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi yang ditindaklanjuti dengan surat edaran menteri dalam negeri nomor SE 910/1867/SJ tentang implementasi non tunai pada Pemerintah Daerah, Tahun 2018 diharapkan kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk dapat melakukan transaksi Non Tunai pada setiap transaksi belanja.

    “Dan dapat kami sampaikan bahwa untuk transaksi non tunai Kabupaten Kampar merupakan salah satu daru dua belas Kabupaten/Kota dan Provinsi percontohan atau sebagai pilot projeck yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri.”ujar Bupati Kampar

    Selanjutnya untuk mempermudah dalam prosedur pembayaran, pada awal tahun 2018 ini juga Kabupaten Kampar telah melakukan suatu inovasi melalui pembayaran secara Electronik (E-Payment) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektif dalam pembayaran dimana semua transaksi dengan bendahara dan pihak ketuga/rekanan dilakukan secara electronic. “Hal ini juga untuk menghindari adanya praktek pungutan liar, gratifikasi dan praktek pencaloan.”lanjut Azis
         
    Proses penyusunan RAPBD pada dasaranya bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan ekonomi makro dan sumber daya yang tersedia serta mengalokasikan sumberdaya secara tepat yang memenuji tiga unsure utama yakni tranpatansi, akuntabilitas dan partisipatif.

    Disamping itu, pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2017 sebesar 174 milay dan meningkat pada tahun 2018 sebesar 214 milyar dengan program percepatan peningkatan PAD. Diharapkan pada tahun 2019 mendatang terus meningkat.

    Untuk Pengawasan Bupati Kampar menyampaikan, level kematangan (Maturitas) Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kabupaten Kampar berdasarkan hasol evaluasi dari BPKP telah mencapain level III atau terdefinisi, hal ini bisa dicapai tentu berkat kesungguhan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibawah koordinasi Inspektorat memenuhi seluruh Sub Unsur SPIP yang ditetapkan.

    Kemudian berkenaan dengan kapabilitas APIP yaitu kemampuan melaksanakan tugas-tugas pengawasan yang terdiri dari unsure kapasitas, kewenangan, dan kopentensi SDM APIP, berkat upaya dan kerja keras Inspektorat, Kabupaten Kampar saat ini telah berada pada level 3.

    “Ditinjau dari aspek keuangan daerah yang bisa diselamatkan total keuangan yang dapat selamatkanberjumlah Rp.4 milyar lebih.”ucap Azis

    Selanjut Bupati Kampar menjelaskan bahwa ubtu urusan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kita patut berbangga bahwa pada hari puncak HUT Koperasi ke-71 di Provinsi Banten, Kabupaten Kampar berhasil meraih predikat koperasi berprestasi tingkat nasional dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang diberikan oleh Presiden untuk koperasi Kesuma Bhakti Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja. (hms/trc)



     
    Berita Terkini:
  • Jelang Hari Bhayangkara, Polsek Tambang Santuni Anak Yatim
  • Jajaran Pemkab Inhil Ucapkan Selamat Atas Pernikahan Putra Bungsu Bupati
  • Galeri Foto Malam Resepsi Syukuran Milad Ke - 54 Kabupaten Inhil
  • Wakili Riau ke Tingkat Nasional, Apa Saja Keunggulan Siskamling Desa Tanah Merah Kampar
  • Bupati Sampaikan Jabawan Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kampar
  • Mengenal Sosok Pengacara Jokowi dan Prabowo yang 'Bertarung' di MK
  • PTPN V Santuni Keluarga Korban Banjir di Pekanbaru
  • Polsek Tapung Hulu Gelar Bakti Sosial Religi Jelang Hari Bhayangkara ke-73
  • Tiket Mahal, Gubri Tunggu Izin Menko Perekonomian Naik Pesawat Tujuan Jakarta Via Negeri Jiran
  • Gubri Tinjau Proyek Pembangunan Durolis di Rohil
  • Galeri Foto Sholat Idul Fitri dan Open House Hari Raya Idul Fitri 1440 H Bupati Inhil
  • Sekda Inhil: Gaji 13 PNS Akan Cair 1 Juli
  • Pemenang LKJ PWI Riau-KLHK Berhadiah Rp.115 Juta
  • Turis Mancanegara Mulai Berdatangan ke Rohil Saksikan Perayaan Bakar Tongkang
  • Puncak Perayaan HUT Kota Pekanbaru Bakal Digelar di Area Car Free Night
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 19/06/2019 - 13:45 WIB
    Galeri Foto Malam Resepsi Syukuran Milad Ke - 54 Kabupaten Inhil
    Galeri Foto Sholat Idul Fitri dan Open House Hari Raya Idul Fitri 1440 H Bupati Inhil
    Galeri Foto Milad Inhil Ke - 54
    Bupati Paparkan Capaian Pemkab Inhil dan Resolusi Daerah
    Nasib 5 Komisioner KPU Kuansing Menunggu Pleno DKPP RI
    HM Wardan Ajak ASN Jadikan Pancasila Pedoman Hidup
    PTPN V Berangkatkan 1.080 Pemudik Gratis
    Kampar Terima Opini Wajar Tanpa Pengecualian Untuk ke Tiga Kali Dari BPK RI
    BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS Tetap Prima Selama Libur Lebaran 2019
    Program Kemitraan URP PT. Chevron Berikan Peluang Bagi Mahasiswa Riau Menembus Dunia
    UIR Wisuda 1.022 Ahli Madya, Sarjana dan Magister
    RAPP Hibahkan Gedung Baru SPKT Polres Pelalawan Kepada Kapolda Riau
    GOJEk Hadir Sebagai Solusi Ekonomi Bagi Mitra Driver
    Bulan Ramadhan Penuh Cerita di Pasar Nostalgia
    DPRD Perjuangkan Anggaran Sekolah Gratis Untuk Masyarakat Riau Tahun 2020
    Pemkab Inhil Jalin Kerjasama dengan Pemkab Tanjab Barat dan Tanjab Timur
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved