www.transriau.com
14:27 WIB - Bagansiapiapi Kota Terbersih Se-Riau | 10:14 WIB - Pemerintah Siapkan Master Desain Pengembangan Wisata Alam | 21:23 WIB - Gubernur Syamsuar Minta Lindungi Spesies Flora dan Fauna di Tahura Sultan Syarif Hasim | 20:58 WIB - DPD Demokrat Riau Gelar Silaturahmi Dengan Wartawan di Pelalawan | 20:55 WIB - Ribuan Masyarakat Pelalawan Deklarasikan AHY jadi Presiden dalam Gerak Jalan Santai Partai Demokrat | 09:25 WIB - PBB Akan Rayakan Hari Jadi ke 2 di Sopo Yeremia Wajib Senyum
  Selasa, 16 08 2022 | Jam Digital
Follow:
 
Gubri Usulkan Rp4 Triliun untuk Infrastruktur dan UMKM dari Lembaga AS MCC

Selasa, 05/10/2021 - 20:56:17 WIB
Gubernur Riau, H Syamsuar bersama tim dari PPN/Bappenas meninjau pelabuhan Ro-Ro Dumai, Selasa (5/10/2021)
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, telah mengajukan proposal kepada pemerintah pusat melalui Kementrian PPN/Bappenas, untuk mendapatkan hibah dari lembaga pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Millenium challenge corporation (MCC). Proposal ini untuk pembangunan infrastruktur dan pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp4 triliun.

Sebagai tindak lanjut proposal yang diajukan oleh Pemerintah Provisi Riau, Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, Himawan Hariyoga Djojokusumo, yang juga ketua tim pengarah persiapan dan pengembangan Compact-2, telah mengadakan pertemuan membahas program dari proposal yang diajukan oleh Gubernur Riau.

“Kita sudah mengadakan pertemuan membahas proyek yang akan memperoleh, pendanaan hibah dari program MCC Compact-2. Riau ini salah satu dari lima lokasi program di Indonesia," ujar Himawan, usai mengadakan pertemuan dengan Gubernur Riau, Syamsuar, di Kantor Gubernur Riau, Selasa (5/10/2021).

"Kami mengapresiasi komitmen dari Gubernur untuk mengawal langsung dari awal, supaya apa yang diusul memenuhi kriteria compact-2 dari Amerika. Program ini mengangkat tema untuk meningkatkan produktifitas melalui pembiayaan proyek-proyek infrastruktur maupun yang terkait dengan UMKM,” ujarnya lagi 

Dari pengajuan yang diserahkan oleh Gubernur Riau, kata Himawan, banyak untuk pembiayaan infrastruktur. Apalagi di Provinsi Riau banyak industri yang berkembang yang dapat untuk meningkatkan perekonimian masyarakat. Kemudian, ada juga program yang diajukan oleh Pemprov Riau, belum cocok dengan program MCC, sehingga lebih cocok diajukan untuk program yang lain. 

“Kebetulan yang di Provinsi Riau ini banyak fokus untuk pembiayaan infrastruktur. Tetapi yang dibangun infrsatruktur untuk kegiatan ekonomi masyarakat. Misalnya, kawasan industri dan ada sejumlah kriteria diharapkan bisa dipenuhi. Sehingga nanti provinsi Riau ini bisa mendapatkan alokasi dukungan pendanaan yang memadai," ungkapnya. 

"Ini bukan satu-satunya program untuk mendukung kebutuhan pemprov Riau, tapi salah satu yang akan dimanfaatkan sesuai dengan yang dicontohkan. Ada mungkin yang tidak masuk dalam kriteria itu nanti tentunya lebih cocok didukung program yang lain,” jelasnya. 

Disinggung berapa besar anggaran yang akan diterima oleh Pemprov Riau dari MCC, Himawan belum bisa memastikannya. Karena akan ada studi kelayakan, survei, riset dasar, penilaian lingkungan dan sosial, pembiayaan infrastruktur dan UMKM, serta kegiatan lainnya yang dapat menjadi landasan kuat untuk memberikan hibah tersebut.

“Ini masih diusulkan akan di review lagi dari MCC oleh pihak sana, nanti baru ketahuan berapa kira-kira yang disetujui. Karena ada beberapa persyaratan yang tetap harus diperhatikan. Misalnya soal lingkungan apakah ini memperhatikan lingkungan hidup," sebutnya. 

Himawan memaparkan, meskipun infrastruktur, dalam proses dan perencanaannya melibatkan stakholders yang luas, dan dengan penekanan UMKM kelompok perempuan, dan swasta. "Karena dukungan pembiayaan nanti tidak 100 persen, tetapi harus di blender finance masuk bersumber pendanaan lain," ucapnya. 

Setelah disetujui oleh MCC dan pemerintah, imbuh Himawan, melalui Bapenas akan menyerahkan anggaran yang disiapkan untuk Riau. Setiap program yang dijalankan disesuaikan dengan anggaean yang ada dalam bentuk hibah. Lalu, hibah tersebut akan dikelola oleh Bappenas, termasuk pembangunan infrastruktur dan aset yang dibangun tersebut menjadi milik daerah.

“Jadi hibah ini dikelola oleh Bappenas, nanti kalau ada satu proyek misalnya jalan atau apa, itu nanti barang milik negara akan dihibahkan kepada daerah akan ada serah terima barang milik negara aset ya, dari pihak Amerika ke Indonesia dan kepada daerah yang akhirnya kepada daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, berharap dari usulan yang diajukan Pemprov Riau dapat diterima oleh MCC. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur, sesuai dengan program yang ada di MCC Compact-2. Melalui program tersebut dalam meningkatkan perekonomian di Riau.

“Tim dari Bappenas ke Riau, untuk mengecek langsung kelapangan dan sekaligus kita menyampaikan usulan tadi yang disampaikan. Kita berdoa semoga dengan adanya dukungan hibah MCC. Kita harapkan dapat membantu terutama yang berkaitan masalah peningkatan kesejahteraan kita, dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Gubri.

“Sekaligus dapat nanti membenahi UMKM yang menurunkan angka kemiskinan, termasuk juga skala gender. Target akan dapat menurunkan angka kemiskinan meningkatkan ekonomi dan tumbuhnya usaha-usaha kecil. Nilai usulan kalau tak salah 4 triliun lebih,” kata Gubri.

Usai mengadakan pertemuan dengan Gubernur Riau, tim dari PPN/Bappenas bersama rombongan langsung meninjau Kota industri di Kota Dumai, termasuk meninjau pelabuhan Dumai, dan Roro Dumai. (mcr)



 
Berita Terkini:
  • Bagansiapiapi Kota Terbersih Se-Riau
  • Pemerintah Siapkan Master Desain Pengembangan Wisata Alam
  • Gubernur Syamsuar Minta Lindungi Spesies Flora dan Fauna di Tahura Sultan Syarif Hasim
  • DPD Demokrat Riau Gelar Silaturahmi Dengan Wartawan di Pelalawan
  • Ribuan Masyarakat Pelalawan Deklarasikan AHY jadi Presiden dalam Gerak Jalan Santai Partai Demokrat
  • PBB Akan Rayakan Hari Jadi ke 2 di Sopo Yeremia Wajib Senyum
  • Danrem 031/WB: Kinerja PTPN V Membanggakan
  • Gubernur Riau Syamsuar Terima Sertifikat Pantun dari UNESCO
  • Anggota DPRD Riau H. Sari Antoni Raih Gelar Magister Manajemen di Pascasarjana Unilak
  • PTPN V Semarakkan Festival Rakyat Bagholek Godang
  • Pemerintah Beri Penghargaan Terhadap 12 Tokoh Pejuang
  • Pemerintah Wujudkan Riau Hijau
  • Gubernur Syamsuar Wujud Pendidikan Berkualitas di Riau
  • Doa dan Harapan Gubernur Terdahulu
  • Peringatan Hari Jadi ke 65 Riau, DPRD Riau Gelar Rapat Paripurna
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 05/06/2022 - 19:55 WIB
    Koalisi Indonesia Bersatu Membawa Kesejukan Untuk Riau Lebih Baik
    PHR WK Rokan Luncurkan ProKlim di Riau
    Datuk Setia Amanah Kukuhkan Pimpinan LAMR
    Gubri Borong Anugerah Adinata Syari'ah 2022
    Riau Peringkat 1 di Sumatra, Investasi APRIL Terbesar
    Membangun Dari Desa, Apa Saja yang telah dilaksanakan Gubernur Syamsuar
    DPRD Pelalawan Sampaikan Aspirasi Masyarakat Dalam Paripurna
    Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
    Cegah Karhutla di Masa Pandemi
    PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
    Logo HUT Riau-64 Penuh Makna
    Memulai Karir di Pemerintah dari Penghulu
    Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir
    Gubernur Riau Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Asrama Haji
    Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, RAPP Dukung Pemulihan Ekonomi Sektor Hutan Tanaman Industri
    Puluhan Karangan Bunga Berdatangan ke Sekretariat DPC Demokrat Pekanbaru
    Santer Isu Bakal Bertarung di Pilwako, Dua Anggota DPRD Riau Terlihat Hadiri Festival Rebana
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved