www.transriau.com
22:42 WIB - Gubri Terima DIPA Tahun 2020 Sebesar Rp25,2 Triliun | 09:32 WIB - DPMPTSP Kampar Berdayakan UMKM Melalui Kemitraan Perusahaan guna mendorong Investasi Daerah | 19:18 WIB - Sengketa Pilkades Desa Nipah Sendanu Resmi Didaftarkan ke Pengadilan TUN Pekanbaru | 15:52 WIB - Tiga Negara Meriahkan Festival Bumi Sri Gemilang 2019 | 11:45 WIB - Bupati HM.Wardan Ikuti Rakoornas Forkopimda Se-Indonesia | 21:58 WIB - Hari Pertama Pekan Olahraga Korpri, Tim Badminton Riau Menang Lawan Kemendagri & Badan Atom Nasional
  Sabtu, 16 November 2019 | Jam Digital
Follow:
 
APBD Riau Tahun 2018 Disahkan Senilai Rp10,091 Triliun

Kamis, 30/11/2017 - 07:39:43 WIB
Ketua DPRD Riau Septina Primawati menandatangani Perda APBD Riau tahun 2018 disaksikan Wagubri Wan Thamrin Hasyim dan Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, Rabu Malam (29/11/2017)
TERKAIT:
 
  • APBD Riau Tahun 2018 Disahkan Senilai Rp10,091 Triliun
  •  

    Setelah melalui pembahasan yang alot di Banggar, Akhirnya pada Rabu malam (29/11/2017) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun anggaran 2018 disahkan dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Dalam kesempatan itu besaran APBD Riau 2018 yang disahkan Rp10,091 triliun

    Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau dr Sunaryo, didampingi Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Ketua Noviwaldy Jusman, Kordias Pasaribu. Sementara dari pihak eksekutif, dihadiri Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Tampak di kursi undangan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Riau.

    "Apakah saudara-saudara setuju terhadap laporan yang dibacakan anggota Banggar sehingga Raperda APBD bisa menjadi Perda APBD 2018," tanya Sunaryo, lantas dijawab setuju oleh anggota Dewan yang hadir malam itu.

    Paripurna DPRD Riau tersebut menuai protes yang keras dari beberapa legislator, Paripurna DPRD Riau tersebut sempat menuai protes yang keras dari beberapa legislator, namun akhirnya Perda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 berhasil disahkan dalam rapat paripurna DPRD Riau, Rabu (29/11/2017) malam.

    Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo dan dihadiri oleh 45 legislator, sempat berlangsung dengan lancar, sebelumnya M. Adil dari Fraksi Nasdem Hanura menginterupsi pimpinan rapat.

    Adil mempertanyakan tidak hadirnya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam rapat paripurna yang menurutnya sangat penting ini. "Keseriusan Gubernur dipertanyakan karena tidak hadir dalam agenda yang sangat penting ini. Kalau merasa Riau ini milik bersama, mestinya hari ini hadir semua," katanya dengan suara lantang.

    Anggota dewan yang lain juga ikut menimpali apa yang disampaikan oleh M. Adil, seperti Ade Agus Hartanto dari Fraksi PKB yang juga sepakat dengan pernyataan Adil. "Karena kita ini akan mengesahkan yang sangat penting, ini untuk Riau 1 tahun kedepan," katanya.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Pimpinan Sidang Paripurna Pengesahan APBD Riau tahun 2018 dr Sunaryo Rabu, (29/11/2017) di Ruang Paripurna gedung DPRD Riau jalan Jendral Sudirman Pekanbaru

    Karena merasa tidak ditanggapi dengan baik dan merasa tidak puas dengan apa yang disampaikan oleh pimpinan rapat, Adil akhirnya memilih walk out dari rapat paripurna

    Protes keras juga disampaikan DR Ilyas HU, bahkan dia menolak pengesahan APBD Riau Riau tahun 2018 ini. "Saya belum sempat bicara kenapa pimpinan langsung mengetok palu," Kata Ilyas HU

    Protes keras dari Ilyas HU, sempat membuat jalannya paripurna diskor selama 10 menit. Para pimpinan Dewan dan Ketua Fraksi terlibat pembahasan yang serius lagi didepan ruang Paripurna. Namun tetap saja palu yang sudah diketuk Pimpinan Paripurna tidak bisa dicabut sehingga Ilyas HU memilih walk out dari rapat paripurna  

    Walaupun dipenuhi dengan interupsi, akhirnya DPRD Riau berhasil mengesankan Perda APBD Riau tahun 2018 sebesar Rp10,091 triliun.

    Turut hadir dalam Rapat paripurna yaitu Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, perwakilan Forkopimda Riau, para asisten dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Riau.

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau akhirnya mengesahkan Perda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp 10,091 triliun.

    APBD ini mengalami kenaikan sebesar 2,06 persen dari anggaran yang diusulkan dalam rancangan KUA-PPAS sebelum pembahasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) yaitu sebesar Rp 9,887 triliun.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, Sugeng Pranoto membacakan laporan Banggar APBD Riau tahun 2018 Rabu, (29/11/2017)

    Dalam laporan yang dibacakan oleh juru bicara Banggar, Sugeng Pranoto, APBD sebesar Rp 10,091 triliun ini terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 5,753 triliun dan belanja langsung sebesar Rp 4,338 triliun.

    Belanja langsung ini terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 3,6 miliar, belanja barang dan jasa sebesar Rp 2,751 triliun dan belanja modal sebesar Rp 1,583 triliun.

    "Bila dilihat dari postur belanja langsung ini, belanja modal sebesar 15,69 persen. Memang tidak ada yang mengatur berapa persentase belanja modal dari APBD, namun harus diingat bahwa belanja modal merupakan belanja investasi pemerintah daerah," kata Sugeng membacakan laporan Banggar.

    Lebih lanjut dikatakannya, semakin tinggi belanja modal, maka pembentukan aset tetap akan semakin tinggi. Hal ini akan meningkatkan produktivitas daerah sehingga output yang dihasilkan daerah juga semakin besar dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

    "Belanja modal memiliki manfaat yang panjang, sehingga dampaknya tidak dapat dirasakan pada tahun yang sama," katanya.

    Namun, lanjut dia, belanja modal akan dirasakan masyarakat pada tahun berikutnya. Lama dampak belanja modal ini juga sulit untuk ditentukan dan berbeda-beda.

    Sementara itu wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Riau dan TAPD dalam menyelesaikan APBD ini.

    "Saya memberikan penghargaan yang setinggi- tinggi kepada anggota DPRD Riau khususnya kepada seluruh fraksi dan komisi yang telah banyak mencurahkan energi, fikiran, saran, tanggapan dan koreksi terhadap rancangan APBD Riau 2018 ini, sehingga menghasilkan komitmen bersama berupa persetujuan penetapan APBD ini dalam waktu yang relatif singkat ini,"katanya.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Suasana rapat paripurna DPRD Riau Pengesahan APBD Riau tahun 2018 pada Rabu Malam  (29/11/2017)

    Menurutnya apa yang telah direkomendasikan bersama ini telah dilakukan penyesuaian dan penyempurnaan baik dari belanja, pengeluaran hingga pendapatan daerah oleh DPRD dan TAPD.

    "Dan untuk proses selanjutnya RAPD ini akan kami sampaikan dokumennya ke Kementrian dalam negeri untuk di evaluasi,"jelasnya

    Dan kepada seluruh jajaran eksekutif ia berharap agar dapat meningkat kinerja dalam melaksanakan program pembangunan agar pemanfaatan anggaran bisa maksimal, efektif dan efesiensi. (Adv)



     
    Berita Terkini:
  • Gubri Terima DIPA Tahun 2020 Sebesar Rp25,2 Triliun
  • DPMPTSP Kampar Berdayakan UMKM Melalui Kemitraan Perusahaan guna mendorong Investasi Daerah
  • Sengketa Pilkades Desa Nipah Sendanu Resmi Didaftarkan ke Pengadilan TUN Pekanbaru
  • Tiga Negara Meriahkan Festival Bumi Sri Gemilang 2019
  • Bupati HM.Wardan Ikuti Rakoornas Forkopimda Se-Indonesia
  • Hari Pertama Pekan Olahraga Korpri, Tim Badminton Riau Menang Lawan Kemendagri & Badan Atom Nasional
  • Perdana Pemprov Riau Lelang Kendaraan Dinas Sebanyak 46 Unit Secara Online
  • DPMPTSP Pekanbaru Raih Predikat Layanan Prima dari Kemenpan RB
  • Bupati HM Wardan Meresmikan Rumah Tahfidz Quran Anwar Ulum Desa Kembang Mekarsari Kecamatan Keritang
  • DPRD dan Pemkab Kampar Tandatangani Nota Kepakatan KUA-PPAS APBD Tahun 2020 Sebesar Rp2.598 Triliun
  • Pemkab Rohil Raih Penghargaan Opini Tanpa Pengecualian Atas LKPD Tahun 2018
  • Bupati Ajak Masyarakat Wujudkan Rohil Yang Maju
  • Ketua PKK Inhil Bersama Jamaah Masjid Miftahul Huda Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H
  • Raja Perlis dan Riau Berjasama Bidang Ekonomi Islam
  • Hj. Zulaikhah Wardan Bangga Dengan Masyarakat Inhil dengan Tradisi Keagamaan yang Tak Pernah Luntur
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Jumat, 18/10/2019 - 07:26 WIB
    Bakal Calon Bupati Pelalawan Budi Artiful Jalin Silahturrahmi Dengan Wartawan
    SKK Migas - Chevron dan UIR Bangun Migas Center Pertama di Riau
    Gangguan Tidur Karena Cemas Pada Ibu Hamil
    Petani Karet Desa Airpanas Rokan Hulu Merasa Lega Setelah MoU Dengan PT BRI AGRO dan PTPN V
    Junior PTPN 5 U11, Raih Juara Pemain Terbaik dan Top Skorer Pada FOPSSI di Yogyakarta
    Bupati HM.Wardan Hadiri Istighosah Kebangsaan Se-Provinsi Riau
    Bupati Wardan Hadiri acara Pisah Sambut Dandim 0314/Inhil
    HM Wardan Resmikan Rumah Tahfizd Desa Danau Pulai Kempas
    Hj. Zulaikhah Wardan Lantik Pengurus PMI Kecamatan Kuindra Masa Bakti 2019-2024
    Bupati HM.Wardan Hadiri Rapat bersama Presiden RI, bahas Masalah Karlahut di Riau
    Kakanwil Kemenkum HAM Riau Letakan Batu Pertama Perluasan Kantor Imigrasi Tembilhan
    Bupati HM Wardan Hadiri Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Inhil Periode 2019-2024
    Wardan Lantik Pengurus DKR Inhil Masa Khidmat 2019-2024
    Bupati HM.Wardan Sambangi Posko Kesehatan Dampak Kabut Asap di Kecamatan Reteh
    HM Wardan Resmikan Mushola RSUD Tengku Sulung Pulau Kijang
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved