www.transriau.com
14:13 WIB - Gubri Pimpin Penyemprotan Disenfektan dan Pelaksanaan Rapid Test Bukitraya | 12:35 WIB - Utamakan Keselamatan, Keberangkatan Jemaah Haji 1441H Dibatalkan | 15:57 WIB - Selasa, Rektor UIR Lantik Wakil Dekan Fakultas dan Wadir Pascasarjana UIR | 16:47 WIB - Gubri Tinjau Persiapan Pelaksanaan New Normal Covid-19 di Rohil | 15:30 WIB - Masih Muda dan Mulai Usaha, Why Not? | 12:47 WIB - Gubri Syamsuar Sosialisasikan Program New Normal 
  Selasa, 02 Juni 2020 | Jam Digital
Follow:
 
APBD Riau Tahun 2018 Disahkan Senilai Rp10,091 Triliun

Kamis, 30/11/2017 - 07:39:43 WIB
Ketua DPRD Riau Septina Primawati menandatangani Perda APBD Riau tahun 2018 disaksikan Wagubri Wan Thamrin Hasyim dan Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, Rabu Malam (29/11/2017)
TERKAIT:
 
  • APBD Riau Tahun 2018 Disahkan Senilai Rp10,091 Triliun
  •  

    Setelah melalui pembahasan yang alot di Banggar, Akhirnya pada Rabu malam (29/11/2017) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun anggaran 2018 disahkan dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Dalam kesempatan itu besaran APBD Riau 2018 yang disahkan Rp10,091 triliun

    Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau dr Sunaryo, didampingi Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Ketua Noviwaldy Jusman, Kordias Pasaribu. Sementara dari pihak eksekutif, dihadiri Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Tampak di kursi undangan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Riau.

    "Apakah saudara-saudara setuju terhadap laporan yang dibacakan anggota Banggar sehingga Raperda APBD bisa menjadi Perda APBD 2018," tanya Sunaryo, lantas dijawab setuju oleh anggota Dewan yang hadir malam itu.

    Paripurna DPRD Riau tersebut menuai protes yang keras dari beberapa legislator, Paripurna DPRD Riau tersebut sempat menuai protes yang keras dari beberapa legislator, namun akhirnya Perda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 berhasil disahkan dalam rapat paripurna DPRD Riau, Rabu (29/11/2017) malam.

    Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo dan dihadiri oleh 45 legislator, sempat berlangsung dengan lancar, sebelumnya M. Adil dari Fraksi Nasdem Hanura menginterupsi pimpinan rapat.

    Adil mempertanyakan tidak hadirnya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam rapat paripurna yang menurutnya sangat penting ini. "Keseriusan Gubernur dipertanyakan karena tidak hadir dalam agenda yang sangat penting ini. Kalau merasa Riau ini milik bersama, mestinya hari ini hadir semua," katanya dengan suara lantang.

    Anggota dewan yang lain juga ikut menimpali apa yang disampaikan oleh M. Adil, seperti Ade Agus Hartanto dari Fraksi PKB yang juga sepakat dengan pernyataan Adil. "Karena kita ini akan mengesahkan yang sangat penting, ini untuk Riau 1 tahun kedepan," katanya.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Pimpinan Sidang Paripurna Pengesahan APBD Riau tahun 2018 dr Sunaryo Rabu, (29/11/2017) di Ruang Paripurna gedung DPRD Riau jalan Jendral Sudirman Pekanbaru

    Karena merasa tidak ditanggapi dengan baik dan merasa tidak puas dengan apa yang disampaikan oleh pimpinan rapat, Adil akhirnya memilih walk out dari rapat paripurna

    Protes keras juga disampaikan DR Ilyas HU, bahkan dia menolak pengesahan APBD Riau Riau tahun 2018 ini. "Saya belum sempat bicara kenapa pimpinan langsung mengetok palu," Kata Ilyas HU

    Protes keras dari Ilyas HU, sempat membuat jalannya paripurna diskor selama 10 menit. Para pimpinan Dewan dan Ketua Fraksi terlibat pembahasan yang serius lagi didepan ruang Paripurna. Namun tetap saja palu yang sudah diketuk Pimpinan Paripurna tidak bisa dicabut sehingga Ilyas HU memilih walk out dari rapat paripurna  

    Walaupun dipenuhi dengan interupsi, akhirnya DPRD Riau berhasil mengesankan Perda APBD Riau tahun 2018 sebesar Rp10,091 triliun.

    Turut hadir dalam Rapat paripurna yaitu Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, perwakilan Forkopimda Riau, para asisten dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Riau.

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau akhirnya mengesahkan Perda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp 10,091 triliun.

    APBD ini mengalami kenaikan sebesar 2,06 persen dari anggaran yang diusulkan dalam rancangan KUA-PPAS sebelum pembahasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) yaitu sebesar Rp 9,887 triliun.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, Sugeng Pranoto membacakan laporan Banggar APBD Riau tahun 2018 Rabu, (29/11/2017)

    Dalam laporan yang dibacakan oleh juru bicara Banggar, Sugeng Pranoto, APBD sebesar Rp 10,091 triliun ini terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 5,753 triliun dan belanja langsung sebesar Rp 4,338 triliun.

    Belanja langsung ini terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 3,6 miliar, belanja barang dan jasa sebesar Rp 2,751 triliun dan belanja modal sebesar Rp 1,583 triliun.

    "Bila dilihat dari postur belanja langsung ini, belanja modal sebesar 15,69 persen. Memang tidak ada yang mengatur berapa persentase belanja modal dari APBD, namun harus diingat bahwa belanja modal merupakan belanja investasi pemerintah daerah," kata Sugeng membacakan laporan Banggar.

    Lebih lanjut dikatakannya, semakin tinggi belanja modal, maka pembentukan aset tetap akan semakin tinggi. Hal ini akan meningkatkan produktivitas daerah sehingga output yang dihasilkan daerah juga semakin besar dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

    "Belanja modal memiliki manfaat yang panjang, sehingga dampaknya tidak dapat dirasakan pada tahun yang sama," katanya.

    Namun, lanjut dia, belanja modal akan dirasakan masyarakat pada tahun berikutnya. Lama dampak belanja modal ini juga sulit untuk ditentukan dan berbeda-beda.

    Sementara itu wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Riau dan TAPD dalam menyelesaikan APBD ini.

    "Saya memberikan penghargaan yang setinggi- tinggi kepada anggota DPRD Riau khususnya kepada seluruh fraksi dan komisi yang telah banyak mencurahkan energi, fikiran, saran, tanggapan dan koreksi terhadap rancangan APBD Riau 2018 ini, sehingga menghasilkan komitmen bersama berupa persetujuan penetapan APBD ini dalam waktu yang relatif singkat ini,"katanya.

    Foto Fitrah Dayun II.
    Suasana rapat paripurna DPRD Riau Pengesahan APBD Riau tahun 2018 pada Rabu Malam  (29/11/2017)

    Menurutnya apa yang telah direkomendasikan bersama ini telah dilakukan penyesuaian dan penyempurnaan baik dari belanja, pengeluaran hingga pendapatan daerah oleh DPRD dan TAPD.

    "Dan untuk proses selanjutnya RAPD ini akan kami sampaikan dokumennya ke Kementrian dalam negeri untuk di evaluasi,"jelasnya

    Dan kepada seluruh jajaran eksekutif ia berharap agar dapat meningkat kinerja dalam melaksanakan program pembangunan agar pemanfaatan anggaran bisa maksimal, efektif dan efesiensi. (Adv)



     
    Berita Terkini:
  • Gubri Pimpin Penyemprotan Disenfektan dan Pelaksanaan Rapid Test Bukitraya
  • Utamakan Keselamatan, Keberangkatan Jemaah Haji 1441H Dibatalkan
  • Selasa, Rektor UIR Lantik Wakil Dekan Fakultas dan Wadir Pascasarjana UIR
  • Gubri Tinjau Persiapan Pelaksanaan New Normal Covid-19 di Rohil
  • Masih Muda dan Mulai Usaha, Why Not?
  • Gubri Syamsuar Sosialisasikan Program New Normal 
  • Kasatpol PP Riau Tunggu Arahan Pimpinan Turunkan Personel Dukung New Normal
  • JNE Distribusikan Beras Bansos Pemerintah RI
  • PT Selaras Abadi Utama dan Mitra Kerja Salurkan Bantuan Sosial di Pelalawan
  • PT NWR dan PT NSR Kembali Salurkan Ratusan Paket Sembako Untuk Masyarakat Langgam
  • IDI Cabang Kampar Bagikan 450 Paket Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
  • PTPN V Salurkan 7.000 Paket Sembako Senilai 1 Miliar, Mendukungkung Terwujudnya New Normal
  • Kontribusi Nyata Untuk Brand Lokal
  • Karang Taruna Rejosari Bangun Ketahanan Pangan dan Protein di Pekanbaru
  • JNE Bersama Ikhlas Foundation Bagikan 1500 Nasi Bungkus Buka Puasa
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Selasa, 02/06/2020 - 14:13 WIB
    Gubri Pimpin Penyemprotan Disenfektan dan Pelaksanaan Rapid Test Bukitraya
    Utamakan Keselamatan, Keberangkatan Jemaah Haji 1441H Dibatalkan
    Gubri Tinjau Persiapan Pelaksanaan New Normal Covid-19 di Rohil
    Masih Muda dan Mulai Usaha, Why Not?
    Gubri Syamsuar Sosialisasikan Program New Normal 
    JNE Distribusikan Beras Bansos Pemerintah RI
    PT Selaras Abadi Utama dan Mitra Kerja Salurkan Bantuan Sosial di Pelalawan
    PT NWR dan PT NSR Kembali Salurkan Ratusan Paket Sembako Untuk Masyarakat Langgam
    PTPN V Salurkan 7.000 Paket Sembako Senilai 1 Miliar, Mendukungkung Terwujudnya New Normal
    Kontribusi Nyata Untuk Brand Lokal
    Karang Taruna Rejosari Bangun Ketahanan Pangan dan Protein di Pekanbaru
    JNE Bersama Ikhlas Foundation Bagikan 1500 Nasi Bungkus Buka Puasa
    IKA UIR Salurkan 100 Paket Sembako Tahap Dua Beserta Masker dan Sanitizer
    GM FKPPI PC 0403 Bengkalis Bersama Kodim 0303 Bagikan Pakaian Layak Pakai Kepada Kaum Dhuafa
    UIR Peringkat ke-72 Berkinerja Penelitian Terbaik Nasional
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved