www.transriau.com
20:01 WIB - Walikota Pekanbaru Tinjau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP | 19:01 WIB - Dirjen Gakkum KemenLHK Blak-blakan Soal Pelaku Perusak SDA | 21:25 WIB - Sambut Ramadhan, Bupati Bengkalis Gelar Kenduri di Kediaman Wisma Sri Mahkota | 20:21 WIB - Gubri Ingin KLT BSN Mampu Tumbuhkan Pelaku UMKM Berstandar Nasional | 19:21 WIB - OJK Serahkan Dua Nama Calon Direksi BRK ke Pemprov Riau | 20:21 WIB - Rusidi : Mengutak - Atik Perolehan Suara Peserta Pemilu Bisa Dipidana
  Selasa, 23 April 2019 | Jam Digital
Follow:
 
BUMN Untuk Sawit Rakyat
Lima Tahun Kedepan PTPN V lakukan Peremajaan 28 Ribu Hektar Lahan Petani di Riau

Kamis, 11/04/2019 - 21:13:37 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno dibantu Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa melakukan penanaman perdana sawit rakyat di Rokan Hulu
TERKAIT:
 
  • Lima Tahun Kedepan PTPN V lakukan Peremajaan 28 Ribu Hektar Lahan Petani di Riau
  •  

    PT Perkebunan Nusantara V atau PTPN V, (BUMN) yang bergerak dibidang perkebunan sawit dan karet di Riau, berkomitmen  mendorong produktifitas lahan sawit yang dikelola sendiri maupun mitra petani secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Sebagai wujud nyata dari komitmen PTPN V dalam mengembangkan industri sawit nasional, Perseroan menggelar rangkaian kegiatan BUMN Untuk Sawit Rakyat pada Kamis (11/4/2019), di Desa Kumain, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

    Rangkaian kegiatan BUMN Untuk Sawit Rakyat antara lain Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat, Program Subsidi Harga Bokar, dan Program Peningkatan Kesejahteraan Karyawan.
    Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PTPN V Jatmiko K. Santosa, Gubernur Riau Syamsuar, jajaran Direksi Himbara (Mandiri, BRI, BNI), Direksi BRI Agro, Bupati, serta tamu undangan lainnya.

    “PTPN V sebagai BUMN perkebunan yang beroperasi di Riau berkomitmen meningkatkan optimalisasi potensi industri sawit di Riau, yang sangat besar, melalui rangkaian kegiatan BUMN Untuk Sawit Rakyat dengan menitikberatkan pada Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat. Sebagai wujud BUMN Hadir Untuk Negeri, Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani plasma dan selaras dengan program Sawit Untuk Rakyat yang dicanangkan Pemerintah,” ujar Direktur Utama PTPN V Jatmiko K. Santosa.

    Direncanakan, dalam lima tahun ke depan (2020-2025), PTPN V akan melakukan peremajaan di lahan seluas ± 28.000 Ha yang terletak di lima Kabupaten Provinsi Riau. Dalam pelaksanaan Program ini, PTPN V bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Himbara, Pemerintah Kabupaten serta petani plasma. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPDPKS, Pemkab tingkat II, Himbara, PTPN V dengan KUD binaan PTPN V.

    Dalam skema kerjasama Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat, masing-masing pihak yang terlibat dalam Program ini akan melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai kewenangan mereka. BPDPKS selaku penyedia dana Rp 25 juta perhektar bagi petani yg melakukan replanting/tanam ulang, Perbankan selaku penyedia dana pendamping untuk memenuhi kebutuhan investasi per hektar, petani selaku pemilik kebun, PTPN V selaku mitra teknis dan pembeli sawit petani plasma, pemerintah daerah selaku pemberi rekomendasi sebagai prasyarat pencairan Rp 25 juta dari BPDPKS.

    Melalui program ini, para petani plasma sebagai penerima manfaat akan mendapat kejelasan mulai saat pengajuan, pemenuhan persyaratan administrasi, hingga bantuan teknis peremajaan sehingga petani plasma akan lebih mudah melakukan peremajaan kelapa sawit sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo saat melakukan kegiatan replanting pertama pada 2017.

    “Saat ini, dukungan Pemerintah untuk peremajaan sawit baik dari sisi pendanaan maupun bibit sawit sangat besar, namun petani plasma belum mampu memanfaatkan secara optimal. Melalui Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat yang kami inisiasi hari ini, kami yakin akan mampu membantu Pemerintah mengurai bottleneck dalam pelaksanaan Sawit Untuk Rakyat serta mendorong percepatan peremajaan tanaman sawit petani plasma di wilayah Riau sehingga nantinya akan mampu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan petani plasma,” ujar Jatmiko. 
       
    Jatmiko menambahkan, PTPN V sebagai inisiator Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat, sudah melakukan peremajaan kebun sawit plasma sejak  2012, dengan total lahan yang telah diremajakan mencapai 3.479 Ha di daerah Kabupaten Rokan Hulu dan Siak. Sementara, dalam jangka waktu empat bulan di tahun ini, PTPN V telah melakukan peremajaan kelapa sawit seluas 725 ha di kawasan lahan milik KUD Makarti Jaya, Kabupaten Rokan Hulu dengan menghabiskan biaya ± Rp 42,7 miliar yang berasal dari dana hibah BPDPKS dan dana pendamping dari BNI.

    Dalam proses pelaksanaan peremajaan kelapa sawit seluas 725 ha tersebut, PTPN V melibatkan anggota petani plasma untuk melaksanakan pekerjaan lanjutan seperti pembibitan dan penanaman kacangan mucuna sampai dengan penanaman dan pemeliharaan bibit kelapa sawit di lapangan. Pelibatan anggota petani plasma ini menelan biaya lebih kurang Rp 10 miliar.

    Begitu pula untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani karet, PTPN V juga memperkenalkan Program Subsidi Harga Bokar yang telah dilaksanakan di wilayah kerjanya sejak pertengahan februari 2019. Program Subsidi Harga Bokar bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani karet serta menjadi stabilisator harga karet di pasar.

    “Melalui pelaksanaan Program Subsidi Harga Bokar telah didapat sejumlah peningkatan positif yang terjadi di pasar karet di wilayah kami, dimana terjadi peningkatan harga beli Bokar sebesar 17,33%.  Selain itu, insentif yang kami berikan terbukti mampu membuat pergerakan harga pasar karet lebih kompetitif, harga tidak lagi dipermainkan oleh pengumpul besar. Hal ini tentu saja membawa dampak positif bagi kesejahteraan petani karet dan meningkatkan minat petani karet untuk bermitra dengan kami,” terang Jatmiko.

    Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Sawit Untuk Rakyat dan Ulang Tahun Kementerian BUMN, juga telah digelar Pasar Murah dan Peluncuran Produk Walini di lingkungan PTPN V di Riau, dan Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu. Selama kegiatan Pasar Murah ini Panitia menyediakan paket sembako sebanyak 20 ribu paket. Masing-masing paket berisi Gula 1 Kg, Minyak 1 liter, Teh Celup 1 kotak tersebut dapat dimiliki masyarakat dengan membeli sebesar Rp 11.000. (rls)



     
    Berita Terkini:
  • Walikota Pekanbaru Tinjau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP
  • Dirjen Gakkum KemenLHK Blak-blakan Soal Pelaku Perusak SDA
  • Sambut Ramadhan, Bupati Bengkalis Gelar Kenduri di Kediaman Wisma Sri Mahkota
  • Gubri Ingin KLT BSN Mampu Tumbuhkan Pelaku UMKM Berstandar Nasional
  • OJK Serahkan Dua Nama Calon Direksi BRK ke Pemprov Riau
  • Rusidi : Mengutak - Atik Perolehan Suara Peserta Pemilu Bisa Dipidana
  • 15 Kotak Suara Pemilu 2019 dibakar OTK, Polda Identifikasi Pelaku
  • Kelelahan Jaga TPS, Anggota Linmas Meninggal
  • Usai Perhitungan Suara, Ketua KPPS Tewas Gantung Diri
  • KPU Salah Entri Data C1, BPN : Lucu Suara Prabowo Terus Yang Salah
  • Bupati Kampar dan Isteri Gunakan hak Pilih di TPS2 Desa Sei Lembu Makmur Tapung
  • Bawaslu Riau Rekomendasikan 112 TPS Lakukan PSU dan PSL
  • Firdaus Ajak Masyarakat Pekanbaru Tetap Kompak dan Damai Pasca Pemilu
  • Sekwan Kampar Kembali Pimpin Asdeksi Provinsi Riau Periode 2018-2021
  • Bupati Inhil : Repolusi Mental Perlu Dikuti Seluruh Pihak
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    7 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    8 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
     
    TRANS PILIHAN
    Senin, 22/04/2019 - 20:21 WIB
    Gubri Ingin KLT BSN Mampu Tumbuhkan Pelaku UMKM Berstandar Nasional
    Rusidi : Mengutak - Atik Perolehan Suara Peserta Pemilu Bisa Dipidana
    KPU Salah Entri Data C1, BPN : Lucu Suara Prabowo Terus Yang Salah
    Bupati Kampar dan Isteri Gunakan hak Pilih di TPS2 Desa Sei Lembu Makmur Tapung
    Firdaus Ajak Masyarakat Pekanbaru Tetap Kompak dan Damai Pasca Pemilu
    Sekwan Kampar Kembali Pimpin Asdeksi Provinsi Riau Periode 2018-2021
    Bupati Inhil : Repolusi Mental Perlu Dikuti Seluruh Pihak
    Gubri Laporkan Kondisi Terkini Pasca Pemungutan Suara Kepada Kemendagri
    Gubri Bersama Isteri dan Putranya Gunakan Hak Pilih
    Gubri Dampingi Menteri BUMN Resmikan Program Peremajaan Sawit Petani di Riau
    Bupati Amril Mukminin Tinjau Kesiapan Pemilu Beberapa Kecamatan Bengkalis
    Pekanbaru akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
    Sinergikan Pembangunan Daerah Dengan Pihak Swasta, Wakil Bupati Inhil Kunjungi PT GIN
    DIC Bukti Sejarah Kerja Nyata Pemkab Bengkalis
    Kakanwil Kemenag Riau Lakukan Penyegaran 28 Pejabat Struktural dilantik
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved