www.transriau.com
12:09 WIB - Agung Nugroho Tatap Pilwako Dengan Optimis | 08:45 WIB - Buru Cadangan Migas, PHR Tajak Perdana Sumur Eksplorasi di Riau | 12:44 WIB - IOH Bangun 22 Sites di Musi Banyuasin | 16:18 WIB - Tinjau Maqari, Gubri Ingin Generasi Muda Riau Jadi Penghafal Al-Quran | 14:03 WIB - Bupati Rohil Afrizal Sintong Apresiasi Kadiskominfotik | 13:54 WIB - Dukung Misi Bupati, Dinas Pertanian Rohil Terus Laksanakan Berbagai Program
  Kamis, 09 Februari 2023 | Jam Digital
Follow:
 
Pemerintah Manfaatkan Potensi Alam Sebagai Tiang Penggerak Ekonomi Daerah

Sabtu, 09/09/2017 - 21:17:51 WIB
Bupati Meranti Drs H Irwan Nasir, M.Si
TERKAIT:
   
 

Untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan hidup warganya sekaligus pertumbuhan ekonomi di wilayah Bupati kepulauam Meranti Irwan Nasir memanfaatkan potensi Alam sebagai Tiang penggerak ekonomi

Mulai dari , tenaga kerja penduduk lokal hingga menarik investor di dunia pertumbuha dan memanfaatkan sagu menjadi produk kuliner. Delapan tahun sudah kabupaten kepulauan Meranti namun kemajuan Insfratuktur di wilayah semakin baik. Bupati Kepulauan Meranti Irwan melakukan strategi efektif yang dilakukan di awal pemerintahannya yaitu menjunjung seluruh jalan di pulau Meranti.

Dari segi non fisik Irwan hanya merekrut banyak tenaga kerja di lingkungan pemerintahannya. Sebanyak 250 masyarakat yang sebelumnya pengangguran kini ditempatkan sebagai tenaga Satpol PP.

Para janda miskin tetap menerima penghasilan dengan menjaga kebersihan jalanan di Kepulauan Meranti. Sebelum membangun Insfratuktur pada periode pertahun jabatannya, Irwan mengutamakan membangun kelestarian.

Kemudian membina para pelajar yang sulit belajar dimalam hari karna gelap. Pola pikir penduduk ketinggalan dibandingkan dengan masyarakat yang kini semakin melaju di era teknologi.

Rumah tanpa listrik, dan yang paling mengkhawatirkan bertambahnya jumlah kriminalis. Kini hampir seluruh desa terelekfrikasi. Dari 101 Desa yang ada, pemerintah daerah telah membangun  listrik  di 67 Desa dan sisanya disekitar 25 atau 30 desa dilakukan oleh PLN.

Irwan juga membuka kesempatan bagi investor diwilayahnya dari pertambangan tanah, dan pengelolaan perkebunan. Dia yakin bahwa mengundang investor akan memberikan kemajuan pembangunan di wilayahnya. Kamu permudah investasi, tidak ada pungutan liar.

Saat ini juga Pemerintah Kabupaten Meranti melakukan penyempurnaan pembangunan pasar Modern yang berada di dekat Pelabuhan Tanjung harapan. Hal ini dilaksanakan agar menjadi lebih bagus dan baik lagi untuk kedepannya, seperti tempat parkir, jalan masuk menuju pasar modern, tempat pengolahan limbah dan lainnya.

Rencana itu bertujuan untuk menjadikan pasar modern menjadi pasar yang bersih, sehat dan rapi agar  pedagang dan masyarakat merasa lebih nyaman dan diharapkan bisa memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Pasar modern akan ditata sebaik mungkin, agar pedagang dan masyarakat merasa nyaman

Pemkab Meranti-BPKP Riau Teken MoU, Bupati Irwan Buka Bimtek SPIP
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi menghadiri acara penandatanganan kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Riau

Penyempurnaan Pasar modern sudah dilaksanakan maka nantinya akan berdampak positif  dalam membantu perputaran perekonomian daerah. Selain itu ia juga mengharapkan 2018 nanti, pasar modern ini sudah bisa dimanfaatkan dengan baik dan masyarakat bisa merasakan kemudahan dan kenyamanannya. Minimal 2018 nanti pasar modern ini sudah bisa berfungsi semuanya dengan sebaik mungkin

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir juga akan mengembangkan investasi udang windu di Rangsang Pesisir guna membuka lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan ekonomi masyarakat setempat. "Saat ini ada beberapa investor yang ingin masuk di Rangsang Pesisir, salah satunya pengusaha udang  berasal dari Lampung, PT. Dipasena yang bergerak di bidang perikanan, budi daya udang windu untuk diekspor ke Eropa dan negara tetangga Malaysia, Singapura," kata  Irwan di Selatpanjang, Sabtu.

Irwan menjelaskan Rangsang Pesisir saat ini salah satu daerah yang cukup miskin. Untuk itu pemerintah akan bekerja keras mempercepat pembangunan infrastruktur agar penduduk miskin setempat semakin berkurang. "Rangsang Pesisir merupakan Kecamatan paling miskin bersaing dengan Pulau Merbau," ujarnya.

Menurut dia, belakangan ada investor yang tertarik untuk mengolah sumber daya setempat. Mereka   berencana akan membeli lahan masyarakat yang tidak terpakai untuk dijadikan lokasi usaha tambak udang windu. "Jika itu terwujud tentunya akan banyak membuka lapangan kerja dan otomatis akan mengurangi pengangguran di Rangsang Pesisir," tegasnya.

Karena itu, ujar Bupati, untuk menggesa pembangunan tersebut  maka 2018 dan seterusnya Pemkab Meranti sudah merancang pembangunan jalan dengan anggaran tahun jamak atau Multiyears agar dalam beberapa tahun kedepan semua infrasttuktur jalan sampai ke Tanjung Samak dapat selesai dan diyakini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa.

Karenanya, katanya,  untuk memajukan Kecamatan ini selain membangun infrastruktur juga perlu investasi, dan Rangsang Pesisir sangat berpotensi untuk pengembangan pertanian. "Potensi ini dapat dijadikan wisata pertanian, yang telah memulai yakni Desa Tenggayun Raya dengan membuat kawasan tujuan wisata perkebunan," tegasnya.

Ia  mengaku bahwa dalam undangan seminar, Pulau Rangsang sering menjadi pembicarakan untuk menjadi kawasan ekonomi terpadu, dimata negara Singapura dan Malaysia sebab daerah ini sangat berpotensi. Bahkan untuk membicarakan potensi pulau ini dia imbuhnya diundang beberapa kali oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia.

Untuk itu Irwan menghimbau masyarakat jangan menjual tanahnya karena seiring perkembangan Rangsang maka harga akan semakin tinggi. "Ini Pulau masa depan kita jangan sampai ketika Rangsang berkembang masyarakat justru terhalau keluar," ajak Bupati.

Bupati sangat paham semua keinginan masyarakat yang mendambakan  kantor Camat yang bagus, Puskemas dan gedung pemerintahan lainnya.

Bupati Meranti Drs H. Irwan Nasir, M.Si  Naik Motor Tinjau Pembangunan Jalan Desa Bokor –Sendaur

Saat ini semua itu belum dapat diakomodir bukan karena tidak peduli tetapi karena Kabupaten lebih fokus pada pembangunan infrastruktur yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat seperti jalan poros, jembatan, listrik serta air bersih. Yang memberikan dampak langsung pada memudahkan akses dan perkembangan ekonomi masyarakat.

"Jika kita bangun gedung kecamatan maka yang bisa menikmati itu hanya orang yang bekerja di kantor itu tetapi kalau kita bangun jalan maka semua masyarakat dapat menikmatinya. Anggaran Rp5 miliar dana membangun kantor kita alihkan untuk membangun jalan bisa berpuluh-puluh kilo," jelas Bupati.

Meski begitu, ketika APBD Meranti semakin baik ditahun yang akan datang, pembangunan gedung pemerintahan di Kecamatan Rangsang Pesisir yang merupakan Kecamatan termuda itu tetap akan menjadi perhatian. (Advetorial Pemkab Meranti)



 
Berita Terkini:
  • Agung Nugroho Tatap Pilwako Dengan Optimis
  • Buru Cadangan Migas, PHR Tajak Perdana Sumur Eksplorasi di Riau
  • IOH Bangun 22 Sites di Musi Banyuasin
  • Tinjau Maqari, Gubri Ingin Generasi Muda Riau Jadi Penghafal Al-Quran
  • Bupati Rohil Afrizal Sintong Apresiasi Kadiskominfotik
  • Dukung Misi Bupati, Dinas Pertanian Rohil Terus Laksanakan Berbagai Program
  • Wabup Rohil Sulaiman Ajak ASN Terus Tingkatkan Disiplin dan Berikan Pelayanan Terbaik
  • PTPN V Gerak Cepat Lindungi Karyawan dan Masyarakat Pasca Kemunculan Harimau Sumatera
  • Dihadiri Ratusan Wartawan, Bupati Rohil Buka Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simatrik
  • PTPN V Apresiasi Karyawan Usai Hattrick Kinerja Keuangan Tertinggi Sepanjang Sejarah
  • Gubernur Syamsuar Terima Audiensi Kepala BMKG Pusat, Ini Pembahasannya
  • PHR Dukung Pengembangan Tahura Minas
  • Gubri Syamsuar Resmikan Perkutaan Sitepu
  • Sebanyak 57 Jamaah Asal Bengkalis akan berangkat Umroh dan mengikuti Muhasabah Akbar di Tanah Suci
  • Antisipasi Barang Terlarang, Lapas Bagansiapiapi Kembali Razia Kamar Lapas
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    3 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Sabtu, 17/12/2022 - 19:07 WIB
    Pak Syam Membangun Riau
    Awal Mula Menancap Pada 2019 Membangun Infrastruktur
    Pak Syam Membangun Riau
    Energi Demi Desa Mandiri
    Ribuan Masyarakat Rohul Ikuti Jalan Sehat Bersama Partai Golkar
    Koalisi Indonesia Bersatu Membawa Kesejukan Untuk Riau Lebih Baik
    PHR WK Rokan Luncurkan ProKlim di Riau
    Datuk Setia Amanah Kukuhkan Pimpinan LAMR
    Gubri Borong Anugerah Adinata Syari'ah 2022
    Riau Peringkat 1 di Sumatra, Investasi APRIL Terbesar
    Membangun Dari Desa, Apa Saja yang telah dilaksanakan Gubernur Syamsuar
    DPRD Pelalawan Sampaikan Aspirasi Masyarakat Dalam Paripurna
    Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
    Cegah Karhutla di Masa Pandemi
    PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
    Logo HUT Riau-64 Penuh Makna
    Memulai Karir di Pemerintah dari Penghulu
    Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir
    Gubernur Riau Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Asrama Haji
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved