www.transriau.com
20:23 WIB - Dukungan Masyarakat Pekanbaru untuk H Syamsuar Semakin Kuat | 10:53 WIB - Simpel Kuota dan Banyak Pilihan, IM3 Freedom Internet Kini Lebih Spesial Dengan Kuota Harian | 10:17 WIB - Komisi VI: Pembentukan PalmCo Perkuat Ekosistem Sawit Nasional | 09:50 WIB - Sebanyak 190 Mahasiswa Terbaik Riau Jalani Magang Kerja Praktik dan Tugas Akhir di PHR | 09:35 WIB - Program NASIHAT dan AKHLAK Beat PHR Buktikan Keunggulan Budaya Kerja Positif di WK Rokan | 14:26 WIB - Perluas Program PSR Pola Off Taker Aktif PTPN IV PalmCo Rekor Tanam Ulang Tercepat Nasional
  Senin, 24 Juni 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Diuji Dirjen Migas ESDM, Seleksi Program Beasiswa S2 Luar Negeri PHR Berlangsung Profesional

Rabu, 05/07/2023 - 15:42:49 WIB
Seorang peserta tengah mempresentasikan proposal tentang pemikiran dan gagasan komprehensif dalam mendukung operasi migas di hadapan dewan juri di Aula Pertemuan PHR di Rumbai, Pekanbaru.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU – Proses seleksi Program Beasiswa jenjang S2 ke Amerika Serikat (AS) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah memasuki tahap seleksi wawancara ke-II. Sebanyak sembilan putra putri terbaik Riau yang lolos sampai ke tahap ini memaparkan proposal tentang pemikiran dan gagasan komprehensif dalam mendukung operasi migas di hadapan dewan juri di Aula Pertemuan PHR di Rumbai, Pekanbaru, Senin (3/7/2023). 

Proses seleksi wawancara tahap ke-II berlangsung ketat dengan menghadirkan dewan juri profesional, yakni Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Prof. Ir Tutuka Ariadji. Msc., Pj.D., IPU, sebagai juri tamu.

Bergelar Doktor Teknik Perminyakan di Texas A&M University Amerika Serikat, Prof. Tutuka mengapresiasi program Beasiswa Prestasi ini karena mendorong anak-anak muda asli Riau untuk menempuh jenjang pendidikan setinggi-tingginya.

“Beasiswa Prestasi ini mampu membuka pintu bagi anak-anak muda asli Riau untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya hingga ke negeri Paman Sam sekalipun. Saya yakin, lulusan beasiswa ini akan mampu menjadi agen pembangunan, baik untuk Riau maupun Indonesia, khususnya dalam memenuhi kebutuhan energi,” ujar Tutuka secara daring dalam Seleksi Wawancara Lanjutan Beasiswa Prestasi PHR S2.

Prof. Tutuka menjadi juri bersama Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashudi S Asngari secara daring. Hadir secara tatap muka Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Pertamina Prof. Dr. Ir Rudy Sayoga Gautama, IPU, Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo, Corporate Secetary Rudi Ariffianto dan Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Riau Arden Simeru. 

Para peserta mempresentasikan proposal berisi pemikirannya tentang operasi migas dengan lugas sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing. Prof. Tutuka dan penguji lainnya sangat serius menanggapi setiap proposal yang disampaikan. Dewan juri turut memberikan masukan yang cukup signifikan agar gagasan yang dibawa peserta dapat disempurnakan nantinya. 

Sebelumnya dalam pembuatan mini research, masing-masing finalis mendapat pendampingan dan transfer knowledge dari pekerja PHR lulusan magister maupun doktor di Amerika Serikat mulai dari Senior Engineer, Senior Earth Science, Senior Analyst hingga Manager External Communication & Stakeholder.

“Tujuannya supaya para finalis memahami kondisi lapangan PHR dan dapat ilmu baru sehingga mini research mereka bisa langsung mendukung eksplorasi migas PHR,” ujar Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto. 

Salah satu peserta yakni Ari Destriyadi mengapresiasi PT Pertamina Hulu Rokan telah memberikannya kesempatan mengikuti proses untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri. Ari mengaku sangat menikmati setiap proses yang sudah dilaluinya hingga pada akhir sampai kepada proses wawancara tahap ke-II ini. 

“Saya apresiasi kepada panitia pelaksana yang sudah memberikan pelayanan yang terbaik hingga saat ini. Dan ini memberikan pengalaman yang sangat luar biasa kepada saya,” kata lulusan Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara (USU) ini. 

Peserta lainnya Bunga Fitri Sartika mengatakan, mengikuti proses seleksi Beasiswa S2 ke Amerika Serikat dari PHR menjadi pengalaman baru dalam hidupnya. Menurutnya proses seleksi beasiswa kompetitif dan sangat menantang karena sejak awal diikuti ratusan putra dan putri terbaik Riau. 

“Ini program yang sangat bagus untuk saya mengembangkan diri dan anak-anak Riau yang ingin bercita-cita melanjutkan sekolah yang lebih tinggi. Memang tidak mudah untuk meraihnya, tapi saya merasa senang bisa mengikuti prosesnya,” kata lulusan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. 

Mewakili Pemerintah Provinsi Riau, Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau Arden Simeru mengapresiasi PT Pertamina Hulu Rokan yang turut memberikan kontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui beasiswa luar negeri kepada putra putri Riau. “Ini sejalan dengan misi pemerintah dalam mewujudkan Riau yang unggul dan berdaya saing,” katanya. 

Program Beasiswa S2 ke Amerika Serikat sebagai wujud komitmen PT Pertamina Hulu Rokan dalam mengembangkan kulitas SDM di Provinsi Riau. Program ini sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial PHR dalam upaya pemenuhan SDGs Poin ke-4 yakni Pendidikan berkualitas. “Harapannya, apa yang kami lakukan lewat beasiswa ini mampu membawa multiplier effect untuk kemajuan Riau dan kemajuan negara ini,” kata Rudi Ariffianto. 

PHR bekerja sama dengan Pertamina Foundation (PF) membuka program Beasiswa Prestasi jenjang S2 di Amerika Serikat khusus untuk putra-putri asal Riau. Program ini terbuka bagi 2 orang terbaik untuk bisa menempuh kulian S2 jurusan Teknik Perminyakan atau biasa disebut Petrotech di Negeri Paman Sam. 

Antusias putra putri Riau mengikuti Program Beasiswa S2 PHR cukup tinggi sejak dibuka pada 8 Maret 2023 lalu. Sejumlah tahapan seleksi telah dilalui mulai dari administrasi pada 8-9 Juni 2023, Tes Potensi Akademik (TPA) yang terdiri dari tes verbal, numerik, logika, aritmatika dan dan spasial pada 15 Juni 2023. 

Peserta yang lolos seleksi TPA kemudian mengikuti seleksi wawancara tahap I dilanjutkan dengan membuat proposal dengan gagasan komprehensif dalam mendukung ekpspolrasi migas PHR. Pada seleksi wawancara tahap II, 3 Juli 2023 kemarin, peserta mempresentasikan konsep pemikirannya di depan para ahli bidang migas, jajaran direksi PHR dan utusan Dinas Pendidikan Riau.   

Selanjutnya, pemenang akan diberikan pendampingan intensif untuk mempersiapkan diri kuliah di universitas impian di Negeri Paman Sam. Penerima Beasiswa Prestasi PHR S2 di Luar Negeri akan menjalani kuliah magister untuk program studi Petrotech di Amerika Serikat. Secara umum, Petrotech merupakan jurusan kuliah yang berkaitan dengan industri minyak dan gas, yang fokus kepada eksplorasi, pengeboran, distribusi, dan ekonomi minyak, gas dan energi bumi. Salah satu negara yang memiliki jurusan Petrotech terbaik adalah Amerika Serikat, dengan kampus antara lain Universitas of Texas, Stanford University, Texas A&M University, Colorado School of Mines, dan Pennsylvania State University. 

Pemenang akan mendapatkan berbagai macam manfaat beasiswa, antara lain biaya pendaftaran universitas, biaya travel, tempat tinggal dan transportasi lokal, biaya pelatihan atau pendampingan bahasa, biaya visa dan pengurusannya, biaya pendidikan (tuition fee) secara penuh, biaya hidup, biaya pendukung pendidikan, serta bantuan jaminan kesehatan dan asuransi.   

PHR adalah satu-satunya anak perusahaan Pertamina yang menawarkan beasiswa internasional di tingkat pasca sarjana. Hal ini untuk terus memajukan sumber daya manusia di wilayah operasi kerja. Dalam waktu dekat PHR akan mengumumkan pemenang yang akan menerima Beasiswa Prestasi PHR untuk tingkat S1 dan S2. rls



 
Berita Terkini:
  • Dukungan Masyarakat Pekanbaru untuk H Syamsuar Semakin Kuat
  • Simpel Kuota dan Banyak Pilihan, IM3 Freedom Internet Kini Lebih Spesial Dengan Kuota Harian
  • Komisi VI: Pembentukan PalmCo Perkuat Ekosistem Sawit Nasional
  • Sebanyak 190 Mahasiswa Terbaik Riau Jalani Magang Kerja Praktik dan Tugas Akhir di PHR
  • Program NASIHAT dan AKHLAK Beat PHR Buktikan Keunggulan Budaya Kerja Positif di WK Rokan
  • Perluas Program PSR Pola Off Taker Aktif PTPN IV PalmCo Rekor Tanam Ulang Tercepat Nasional
  • Syamsuar, Gubernur yang Kembali Dirindukan Rakyat Riau
  • Panggilan "Pak Gub" kepada Syamsuar Melekat di Hati Masyarakat
  • PHR Berbagi Ilmu dan Semangat Lestari kepada Pelajar di Momen Hari Lingkungan Hidup 2024
  • Hasil Survey LSI, Elektabilitas Sahril Topan Teratas
  • JNE Bagikan Daging Qurban dan Hadirkan Promo Spesial Hari Raya Idul Adha 1445 H
  • Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban
  • PHR Salurkan 32 Ekor Sapi Kurban di Blok Rokan
  • Transformasi Regional 4 Dibawah Naungan PTPN IV PalmCo
  • Inovasi Quality Control, PHR Kembangkan Aplikasi I-TRUST untuk Tingkatkan Keandalan Operasi Migas
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 22/05/2024 - 22:12 WIB
    Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau
    RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
    Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru
    Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau
    Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi
    Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023
    PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
    Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
    PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
    Program Pencegahan Stunting PHR di Riau Sasar 11.340 Penerima Manfaat
    Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
    Menteri Perhubungan Dukung Penuh Lancang Kuning Carnival di Riau
    Produksi Migas Melalui Eksplorasi:
    Jaga Laju Kolaborasi ELNUSA dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East
    Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
    Rakor Penanganan Erupsi Gunung Ruang
    Letjend Suharyanto: Keselamatan Masyarakat Sekitar Gunung Ruang Prioritas Utama
    Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved