www.transriau.com
21:16 WIB - Member JLC Asal Pasuruan Menangkan Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023 | 17:43 WIB - Sudah Berjalan Hingga Angkatan ke-4, Program Magang Kerja PHR Dinilai Kurangi Pengangguran di Riau | 13:14 WIB - Indosat Gandeng Huawei untuk Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta | 16:39 WIB - PHR Gandeng Pertamina Drilling Lakukan Pengeboran Terintegrasi | 10:37 WIB - Petani Sawit Kalbar Adopsi Pola Kemitraan Petani dan PTPN IV Regional 3 Riau | 15:33 WIB - IOH Bersama Operator Telekomunikasi Indonesia Lainnya Hadirkan Tiga Layanan API
  Rabu, 28 Februari 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Di Hadapan Mahasiswa Riau, PHR Tegaskan Pentingnya Peran Digital untuk Ketahanan Energi Nasional

Senin, 27/11/2023 - 21:07:48 WIB
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar diskusi membahas peran digitalisasi dalam menopang ketahanan energi nasional.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menegaskan pentingnya peran digitalisasi dalam menopang ketahanan energi nasional. PHR juga menekankan pentingnya keamanan data di era digital ini yang menjadi salah satu aset penting perusahaan.

Pemaparan soal sistem digital informasi dan teknologi (IT) ini berlangsung lewat kegiatan Diskusi, Sharing dan Update Literasi IT (Disrupsi) yang digelar PHR di Kampus Politeknik Caltex Riau (PCR), Pekanbaru, Jumat (24/11/2023). Hadir pada seminar VP Information Technology PHR WK Rokan Triatmojo Rosewanto, Ketua Yayasan PCR Akson Bramantyo dan Direktur PCR Dadang Syarif serta mahasiswa dan civitas akademika PCR.

Manager IT Business Solutions PHR Region 1 Liston Sitanggang, yang juga menjadi Champion Community of Practice (COP) IT Subholding Upstream Regional 1 PHR mengatakan, kegiatan ini diinisiasi pada awal tahun 2023 dengan tujuan membahas dan mencari jalan keluar terkait permasalahan, pembelajaran, inovasi dan solusi IT yang mendukung program digitalisasi pada proses bisnis perusahaan. “Kegiatan ini untuk mendukung strategi PHR yaitu one team, one goal, one vision dan budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Loyal, Adaptif, Harmonis, Kolaboratif),” jelasnya.

Kegiatan Disrupsi ini, kata Liston, mulai menyasar ke kalangan mahasiswa atau Disrupsi Goes to Campus. Tujuannya untuk melibatkan akademisi dan mahasiswa dalam diskusi, sharing dan update teknologi informasi. “Kami senang melihat antusias tim Politeknik Caltex Riau dalam berkomunikasi untuk mewujudkan terlaksananya kegiatan Disrupsi Goes To Campus ini. Semoga semangat seperti ini terus menyala,” ucapnya.

Triatmojo menyampaikan, kegiatan ini adalah bagian dari wujud Triple Helix Concept. Hal ini sangat penting untuk memastikan regenerasi digital talent itu terjadi untuk mempercepat proses digital transformasi, khususnya dibidang migas. Ini adalah wujud nyata bagaimana kolaborasi industri, dalam hal ini PHR bersama akademisi untuk kemajuan dan pengembangan kemampuan SDM. Event ini merupakan multiplayer efek kegiatan industry migas dalam kerangka ketahanan energi nasional. Saya sangat berharap kegiatan DISRUPSI Goes To Campus ini dapat membuka dan menambah wawasan serta pengetahuan mahasiswa tentang perkembangan terkini IT dan terapannya di industri Migas sehingga nantinya mereka dapat menjadi generasi penerus yang menjaga ketahanan energi nasional.

PHR menyajikan berbagai materi terkait IT pada kegiatan Disrupsi Goes to Campus!tersebut, di antaranya soal Perkembangan Transformasi Digital di Pertamina oleh Manager IT Business Solutions PHR Regional 1 Liston Sitanggang , Information Management & Data Analytics oleh Manager IMDA Ananta Dwi Bodhitama, IIoT and IT-OT Covergence oleh IT PCN PHR WK Rokan Refli Gustiadi, materi terkait Keamanan Siber (Cyber Security) oleh Sr Analyst IT Risk Managementy PHR WK Rokan Djoko Roemantio Triwibowo, serta Mindful Communication oleh Ass Manager Communication and Relation PHR Regional I Yuliani.

Pada pemaparan bertajuk Perkembangan Transformasi Digital di Pertamina, Liston Sitanggang mengatakan bahwa Pertamina bergerak dinamis dengan melakukan penyesuaian dalam mengikuti perkembangan IT. Ada 3 organisasi besar bidang IT di Pertamina yang berperan penting dalam upaya menjaga ketahanan energi nasional, yakni Enterprise Information Technology, Shared Services dan Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center.

“Dalam perjalanannya, jumlah pekerjaan di Pertamina ini semakin banyak, data juga semakin banyak. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian. Contohnya, lewat Integrated Enterprise Data and Command Center semua kendaraan angkut BBM bisa terpantau jumlah isian atau angkutannya, termasuk memantau anomali yang terjadi. Dengan ini, manfaatnya semua transaksi bisa terbukukan atau teradministrasi dengan baik, cepat dan akurat, dan ini tentu meringankan pekerjaan di Pertamina terutama dalam memantau, mengolah dan menganalisasi data,” kata Liston.

Sr Analyst IT Risk Managementy PHR WK Rokan Djoko Roemantio Triwibowo menyampaikan soal pentingnya perlindungan data sebagai aset perusahaan. Dia mengatakan, data atau informasi merupakan salah satu aset strategis dari perusahaan yang harus dilindungi dari berbagai kemungkinan risiko, termasuk risiko dari gangguan keamanan data. “Karena keamanan data itu selalu melibatkan hal-hal yang bersifat kerahasiaan, integritas dan ketersediaan,” kata Djoko.

Untuk itu, kata Djoko, perlu dibangun pilar sistem keamanan data dan informasi yang melibatkan pengetahuan yang dimiliki pengelola/pemilik (orang), undang-undang atau regulasi yang berkaitan dengan IT serta teknologi perangkat perlindungan data. “Dan yang menjadi benteng bersamanya adalah orang-orang, karena persoalan keamanan data siber ini menjadi tanggung jawab bersama,” katanya.

Di PHR sendiri, berbagai terapan digitalisasi sudah dilakukan dalam upaya menjaga ketahananan energi nasional, khususnya dari sisi industri hulu (upstream) minyak dan gas (migas). Di antaranya, melakukan Process Control Optimization (PCO) untuk Water Injection Pump di Stasiun Pengumpul, pemantauan keandalan aerator dan air limbah buangan dalam jaringan melalui implementasi teknologi 4G/LTE. 

Selain itu, PHR WK Rokan juga melakukan optimisasi jaringan distribusi kelistrikan melalui implementasi teknologi SCADA 4G/LTE, pemantauan sumur produksi tinggi melalui implementasi teknologi SCADA 4G/LTE, optimasi idle time pada sumur produksi SP melalui Implementasi edge computing dan teknologi 4G LTE, pemantauan status on/off sumur melalui implementasi teknologi LORA WAN, integrasi SCADA Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) melalui implementasi teknologi 4G LTE, serta pemantauan aliran minyak pada jalur pemipaan.

Kegiatan Disrupsi Goes to Campus ini disambut baik oleh pihak PCR. Direktur Utama PCR Dadang Syarif Sihabudin Sahid mengapresiasi langkah PHR untuk datang dan berdiskusi dengan civitas akademika PCR, terlebih materi yang dibahas berkaitan dengan ketahanan energi nasional. 

“Kami sangat terbuka dan siap untuk belajar, karena kami punya tanggung jawab moral untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dan ini sangat berkaitan dengan ketahanan energi. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak kita berbuat, melakukan pengembangan dan transformasi pasti ini akan mendukung ketahanan digital nasional yang mendukung ketahanan energi nasional, khususnya di bidang minyak dan gas,” kata Dadang. rls



 
Berita Terkini:
  • Member JLC Asal Pasuruan Menangkan Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023
  • Sudah Berjalan Hingga Angkatan ke-4, Program Magang Kerja PHR Dinilai Kurangi Pengangguran di Riau
  • Indosat Gandeng Huawei untuk Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
  • PHR Gandeng Pertamina Drilling Lakukan Pengeboran Terintegrasi
  • Petani Sawit Kalbar Adopsi Pola Kemitraan Petani dan PTPN IV Regional 3 Riau
  • IOH Bersama Operator Telekomunikasi Indonesia Lainnya Hadirkan Tiga Layanan API
  • Sinergi RS Awal Bros-Regional 3 PTPN IV PalmCo Hadirkan Jaminan Kesehatan Karyawan Berkualitas
  • Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan
  • Peduli Sampah, Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Riau
  • GAPKI dan PWI Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Jurnalis Muda Indonesia
  • Prediksi Partai Politik Bakal Duduk di DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru
  • Ruby Mulyawan, Ahli Perminyakan Pulang Kampung ke Blok Rokan Jadi Dirut PHR
  • PT Arara Abadi Berikan Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Korban Banjir di Sungai Mandau
  • PTPN IV PalmCo Regional 3 Perkuat Stok Sembako di BPBD Pekanbaru Untuk Korban Bencana Banjir
  • Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi MNK Kelok di Blok Rokan, PHR Bagikan Ratusan Sembako ke Warga
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Rabu, 06/12/2023 - 16:13 WIB
    Desa Tanjung Punak Binaan PHR Raih Juara I Apresiasi Desa Wisata Riau
    Pertamina Hulu Rokan Paparkan Inovasi Lahan Basah Buatan di Gelaran COP28
    Raih CSR Award Bengkalis
    PHR Sukses Jaga Ekosistem dan Antisipasi Konflik Gajah-Manusia
    Skill Pengolahan Limbah Sawit Menjadi Kerajinan Tangan
    Kiat Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas Ala Pemuda RiyoLC PHR
    Golkar Riau Patuh Putusan DPP Dukung Prabowo Capres 2024
    Pengabdian Mahasiswa KKN Terintegrasi Universitas Riau 2023
    Mahasiswa KKN UNRI Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Banglas Meranti
    Jalin Silaturahmi dari Generasi ke Generasi, IKB SMPN 5 Pekanbaru Gelar Reuni Akbar
    Kisah Magang Putra Putri Riau di PHR
    Begini Rasanya Setengah Tahun Magang di Perusahaan Penopang Energi Nasional
    Kiat Memenangkan Hati Gen Z di 2024
    Maju Ketum PWI, Zulmansyah Mohon Restu dan Perkaya Ilmu
    Dua Caketum PWI Pusat Kembali Silaturrahmi, Banyak Kesamaan Misi
    Catatan Zulmansyah, Ketua PWI Riau
    Safari Jurnalistik PWI Riau ke Turki, Sekaligus Menonton Final Liga Champions UEFA
    Aksi Nyata PHR Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia
    Bangun Tugu Bono Rp7,8 Miliar, EMP Bentu Ltd MoU dengan Pemkab Pelalawan
    Pak Syam Membangun Riau
    Awal Mula Menancap Pada 2019 Membangun Infrastruktur
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved