www.transriau.com
16:05 WIB - Sempena HUT ke 18, PD Tuah Sekata Berbagi Rezeki Dengan Masyarakat | 13:59 WIB - Unggah Karikatur Bernada Fitnah di Medsos, Demokrat Riau Laporkan Wamendes PDTT ke Polda Riau | 00:00 WIB - Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil | 22:47 WIB - PTPN V Buka Akses Jalan Penghubung 11 Desa di Indragiri Hulu | 17:04 WIB - Zukri Lantik 183 Pejabat Eselon III dan IV | 11:15 WIB - RS Banyak Penuh, Kadiskes Tak Bisa Carikan Solusi
  Rabu, 04 08 2021 | Jam Digital
Follow:
 
Selama 25 Tahun PTPN V, Mengukir Prestasi Mendongkrak Ekonomi Di Tengah Badai Pandemi

Senin, 15/03/2021 - 14:42:27 WIB
CEO PTPN V Jatmiko K Santosa bersama Komisaris Utama Amrizal serta jajaran board of management (BOM) berfoto bersama para karyawan penerima penghargaan PTPN V.
TERKAIT:
 
  • Selama 25 Tahun PTPN V, Mengukir Prestasi Mendongkrak Ekonomi Di Tengah Badai Pandemi
  •  

    PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V genap berusia 25 tahun. Di usia yang menginjak seperempat abad, perusahaan perkebunan milik negara ini berhasil mengukir beragam prestasi dan menjaga komitmen untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah badai Pandemi. 

    Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengapresiasi beragam prestasi yang diraih PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) di saat perusahaan perkebunan milik negara tersebut memasuki usia perak.

    “Selamat ulang tahun PTPN V yang ke-25. Saya berharap ptpn V semakin bagus, produktif, dan kompetitif. Kinerja PTPN V akhir-akhir ini sangat bagus, dan saya sangat bangga sekali mendengarnya,” kata Sofyan Djalil dalam sambutannya secara virtual saat perayaan HUT PTPN V ke-25 di Kota Pekanbaru, Sabtu 13 Maret 2021.

    Sofyan Djalil meyakini, memasuki usia perak PTPN V mampu bertranformasi menjadi perusahaan perkebunan sawit yang terbaik di Indonesia. Meski begitu, ia mengingatkan bahwa komtimen dan kerja keras tersebut harus terus dijadikan landasan untuk mewujudkannya. 

    “PTPN V memiliki pengalaman yang panjang dalam mengelola perkebunan. Dengan manajemen yang bagus, dengan komitmen yang kuat, kita bisa jadi perkebunan yang unggul dan bisa menyaingi perusahaan perkebunan terbaik di Indonesia,” ujarnya. 

    Senada dengan Menteri ATR/BPN, Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury, menambahkan bahwa langkah transformasi secara konsisten, pengembangan sumber daya manusia, dan budaya kerja positif harus terus dilaksanakan PTPN di tahun mendatang. 

    PTPN V berhasil mencatatkan beragam kinerja positif. Bahkan, baru-baru ini PTPN V berhasil menyabet tiga penghargaan dari Holding Perkebunan Nusantara. Unit perkebunan sawit Sei Intan PTPN V berhasil meraih predikat kebun sawit perkebunan negara terbaik nasional Holding Perkebunan Nusantara. 

    Selain penghargaan kebun sawit terbaik nasional se-Holding Perkebunan Nusantara, unit Kebun Sawit Tamora PTPN V juga berhasil mendapat predikat kebun terbaik lima nasional. Penghargaan itu semakin lengkap ketika pabrik kelapa sawit (PKS) Tandun PTPN V terpilih sebagai terbaik ke-II secara nasional.

    "Selamat untuk Kebun Sei Intan, Kebun Tamora dan PKS Tandun atas prestasi yang diraih. Terima kasih saudara-saudaraku tercinta, atas segala upaya, segala niat baik dan segala bukti nyata. Hari ini kita genap berusia 25 tahun. Salah satu tahapan yang menentukan dalam siklus hidup kita. Menjadi salah satu titik penentuan akan kemana kita," kata Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko K Santosa.

    Jatmiko menyampaikan hal tersebut di saat perayaan hari ulang tahun PTPN V yang ke-25 yang diselenggarakan di Venue Tennis Indoor berstandar internasional, komplek perkantoran pusat PTPN V, Kota Pekanbaru, hari ini. Peringatan hari ulang tahun PTPN V yang ke-25 dilaksanakan secara sederhana serta menerapkan protokol kesehatan ketat. 

    Di luar penghargaan itu, Jatmiko mengatakan saat ini PTPN V telah berada di jalur yang tepat untuk terus mengukir beragam prestasi dan menjadi perusahaan perkebunan terbaik di Indonesia. 

    Sepanjang 2020 lalu, ia memaparkan PTPN V berhasil meraih pendapatan tertinggi sepanjang 12 tahun terakhir. Di tengah terpaan pandemi, PTPN V mampu terus bertahan dan justru membukukan pendapatan total hingga Rp5,3 triliun dengan laba bersih Rp406 miliar. 

    "Kita bersyukur dari segi finansial berhasil membukukan laba tertinggi sepanjang 12 tahun terakhir. (Laba itu diraih) di saat (biaya) sumber daya manusia mengalami peningkatan mencapai 47 persen dibanding 12 tahun lalu," ujarnya. 

    Pencapaian keuangan tersebut tidak terlepas dari produktivitas perusahaan yang juga mencatatkan rekor tertinggi sepanjang perusahaan berdiri atau sejak 11 Maret 1996 silam. Ia mengatakan, produktivitas tandan buah segar (TBS) sawit mencapai 23,87 ton per hektare per tahun atau meningkat 0,81 persen dibanding tahun sebelumnya. 

    Peningkatan produktivitas tersebut berbanding lurus dengan produksi TBS yang mencapai 1,59 juta ton di sepanjang 2020 atau meningkat dari 2019 sebesar 1,46 juta ton. Sedangkan untuk produk utama seperti CPO dan PKO, PTPN V telah memproduksi hingga 544.010 ton CPO dan 107.875 ton PKO (palm kernel oil/minyak inti sawit) dengan masing-masing rendemen mencapai 21,39 persen atau 4,24 persen. 

    “Sejak 2019 kita telah menancapkan pondasi kuat untuk merubah PTPN V ke arah yang lebih baik. Ketaatan pada aturan, validitas data, transformasi digital, dan kembali ke khittah kita sebagai perusahaan perkebunan negara yang hadir untuk sawit rakyat, membantu kita dapat mengarungi tahun 2020 dengan baik hingga mencatatkan hasil yang positif,” kata dia. 

    Atas beragam prestasi itu, PTPN V pun mengapresiasi para karyawan, mulai dari tingkat pemanen hingga tingkat manajemen berprestasi dengan ganjaran penghargaan kinerja terbaik 2020. Terdapat 15 kategori dan 24 karyawan terbaik berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. 

    Selain itu, PTPN V juga siap untuk menggelontorkan bonus kepada seluruh karyawan yang saat ini telah diajukan ke Holding Perkebunan. 

    Sistem reward and punishment kepada seluruh karyawan perusahaan diterapkan oleh jajaran direksi dan menjadi kunci agar perusahaan terus beroperasi secara kompetitif dan profesional. 

    "Terima kasih saudara-saudaraku tercinta, atas segala upaya, segala niat baik dan segala bukti nyata. Bersungguh-sungguh melakukan perbaikan di segala lini. Untuk itu, Manajemen di dukung penuh oleh Dewan Komisaris sedang mengajukan besaran bonus yang pantas dan wajar untuk saudara-saudara semua. Berapapun angka yang akan disetujui 
    nanti, sudah sepatutnya kita semua syukuri sebagai bagian dari yang selama ini kita perjuangkan, rejeki yang halal," tuturnya. 

    Selain fokus pada lini usaha korporasi, Jatmiko mengatakan bahwa PTPN V juga fokus pada peningkatan perekonomian para petani sawit mitra, salah satunya melalui program PTPN V Untuk Sawit Rakyat. Hingga saat ini, program peremajaan perkebunan sawit yang turut menggandeng BPDPKS, Dirjenbun, Dinas Perkebunan TK I dan TK II, Himbara dan lainnya telah menyentuh hingga 9.500 hektare dan ditargetkan hingga 2025 mendatang mencapai 28.000 hektare.  

    Dalam program itu, PTPN V tidak luput memperhatikan ekonomi para petani yang mengikuti program peremajaan sawit rakyat dengan menggulirkan program pendanaan UMKM secara bergilir dan bergulir. 

    Menghadapi 2021 ini, Jatmiko optimis PTPN V akan tetap berada di rel yang tepat selama kinerja dan kebersamaan sesuai dengan corporate culture terus diterapkan dan dilaksanakan insan pekebun hebat, julukan para karyawan perusahaan. 

    "Saudara-saudarku semua, selain bersyukur atas pencapaian kita, kami mengajak saudara-saudara untuk istiqomah mengawal perbaikan- perbaikan yang sudah kita mulai. Jangan pernah kasih kendor. Masih banyak ruang perbaikan yang bisa lakukan. Selalu ingat, ruang terbesar di dunia ini adalah ruang perbaikan," tegas Jatmiko yang juga ketua GAPKI Riau tersebut. 

    Lebih jauh, Komisaris Utama PTPN V, Amrizal mengapresiasi seluruh kinerja positif yang diraih PTPN V saat memasuki usia yang ke-25 tahun ini. Ia mengatakan PTPN V berhasil melampaui seluruh target yang ditetapkan oleh pemegang saham. 

    Untuk itu, pada 2021 ini, ia yakin dengan kerjasama, integritas, dan kebersamaan yang terus dijaga, maka setiap target yang ditetapkan pemegang saham akan terjawab. 

    "Tahun ini kita mendapatkan target dan menjadi tantangan berat. Tapi saya yakin dan percaya ini bisa kita capai dengan kerjasama baik, dukungan semua jajaran, apalagi beberapa kali dewan komisaris berkunjung ke lapangan, kami melihat potensi perbaikan masih begitu besar," kata Amrizal. rls



     
    Berita Terkini:
  • Sempena HUT ke 18, PD Tuah Sekata Berbagi Rezeki Dengan Masyarakat
  • Unggah Karikatur Bernada Fitnah di Medsos, Demokrat Riau Laporkan Wamendes PDTT ke Polda Riau
  • Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
  • PTPN V Buka Akses Jalan Penghubung 11 Desa di Indragiri Hulu
  • Zukri Lantik 183 Pejabat Eselon III dan IV
  • RS Banyak Penuh, Kadiskes Tak Bisa Carikan Solusi
  • Agung Nugroho Minta Pemprov dan Pemko Segera Bangun RS Darurat Sebanyak-banyaknya
  • Sebanyak 15 Desa di Pelalawan Ikut Program Desa Bebas Api
  • Wabup Rohil Sulaiman Minta Persoalan Gaji Nakes Tertunggak Segera dibayarkan
  • Pemprov Riau Usulkan Pembangunan Strategis ke Pemerintah Pusat
  • Bupati Rohil Afrizal Serahkan Bantuan Sosial Tunai dan Beras Miskin
  • Erik Oktavianda Jabat Kabag Umum Sekretariat DPRD Riau
  • PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
  • Gubri Sampaikan Poin Dasar Perlu dilakukan Perubahan RPJMD Provinsi Riau 2019-2024
  • Bank Riau Kepri dan Prmkab Siak Teken Kesepahaman Jasa Perbankan
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    4 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    5 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    6 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    7 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
    8 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Kodim 0314/Inhil Gelar Lomba Cerdas Cermat Bela Negara (LCCBN)
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 01/08/2021 - 00:00 WIB
    Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
    Cegah Karhutla di Masa Pandemi
    PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
    Logo HUT Riau-64 Penuh Makna
    Memulai Karir di Pemerintah dari Penghulu
    Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir
    Gubernur Riau Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Asrama Haji
    Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, RAPP Dukung Pemulihan Ekonomi Sektor Hutan Tanaman Industri
    Puluhan Karangan Bunga Berdatangan ke Sekretariat DPC Demokrat Pekanbaru
    Santer Isu Bakal Bertarung di Pilwako, Dua Anggota DPRD Riau Terlihat Hadiri Festival Rebana
    Agung Nugroho Tegaskan Seluruh Anggota Fraksi Demokrat DPRD Riau Dukung AHY
    BASAMO MAMBOLO NAGOGHI
    HUT Ke-71 Kabupaten Kampar Momentum Sejahterakan Masyarakat
    Kiprah Wartawan di Tengah Pandemi
    Virus Hoax Vs Virus Covid
    Ade Hartati: Vaksin Aman dan Tidak Ada Masalah Untuk Tubuh
    Kabinet Jokowi - Ma'aruf Amin di Reshuffle
    Enam Wajah Baru Menjadi Anggota Kabinet Indonesia Maju
    Bupati Terpilih Kabupaten Pelalawan Zukri Bersama Wakilnya Kunjungi Kediaman HM Harris
    Yulisman dan Agung Nugroho Resmi dilantik sebagai Pimpinan DPRD Riau
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved