www.transriau.com
13:26 WIB - Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR | 14:52 WIB - Golkar dan PKS Bertemu Perkuat Rencana Koalisi di Pilkada 2024 | 20:23 WIB - Dukungan Masyarakat Pekanbaru untuk H Syamsuar Semakin Kuat | 10:53 WIB - Simpel Kuota dan Banyak Pilihan, IM3 Freedom Internet Kini Lebih Spesial Dengan Kuota Harian | 10:17 WIB - Komisi VI: Pembentukan PalmCo Perkuat Ekosistem Sawit Nasional | 09:50 WIB - Sebanyak 190 Mahasiswa Terbaik Riau Jalani Magang Kerja Praktik dan Tugas Akhir di PHR
  Rabu, 26 Juni 2024 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati Irwan Tutup MTQ Tingkat Kecamatan Merbau Ke-IX Tahun 2017

Kamis, 20/04/2017 - 07:55:53 WIB

TERKAIT:
   
 

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menutup secara resmi acara MTQ Tingkat Kecamatan Merbau Ke-IX Tahun 2017, ia berharap melalui moment syiar Islam tersebut dapat semakin membumikan baca Al-Quran dan pemahaman isi kandungannya oleh masyarakat, bertempat di Desa Belitung, Selasa (18/4/2017).

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan Hj. Nirwana Irwan, Anggota DPRD Meranti Edi Masyudi, Camat Merbau Wan Fachriarmi, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Drs. Hendra Putra, Kepala DPPKAD Bambang Supriyanto, Kabag Humas Meranti Drs. H. Nasruni, Para Camat dan tokoh agama/masyarakat/pemuda dan Kades Se-Kecamatan Merbau.

Ada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan MTQ di Kecamatan Merbau, apresiasi diberikan karena Bupati menilai kwalitas penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Merbau dari waktu ke waktu semakin meningkat, dan Bupati berharap terus ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Menurut Bupati Kwalitas Qori dan Qoriah MTQ di Kabupaten Meranti harus terus ditingkatkan dan ajang MTQ merupakan arenanya. Iapun berharap seiring meningkatnya kwalitas Qori dan Qoriah Meranti dapat meningkatkan minat baca Al-Quran dikalangan maayarakat sehingga baca Al-Quran semakin membumi khususnya di Kecamatan Merbau.

Ditambahkan Bupati, ajang perlombaan MTQ tingkat Kecamatan adalah untuk mencari peserta yang terbaik, baik dalam hal pembacaan Al-Quran maupun pemahaman kandungannya. "Karena sesungguhnya Al-Quran berisi petunjuk hidup bagi manusia dunia dan akhirat, untuk itu selain membaca kandungan isinya juga harus dipahami oleh seluruh umat muslim," paparnya.

Dihadapan seluruh masyarakat Kecamatan Merbau yang hadir lada penutupan MTQ, Bupati juga mengajak untuk membudayakan kegiatan magrib mengaji yang telah dicanangkan pemerintah dirumah dan masjid mulai dari RT, RW, Desa hingga Kecamatan agar seluruh masyarakat dapat semakin memahami isi kandungan Al-Quran dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada Qori dan Qoriah terbaik pada MTQ Kecamatan Merbau Bupati mengucapkan selamat mengikuti ajang yang lebih tinggi yakni MTQ tingkat Kabupaten yang akan digelar di Kecamatan Tasik Putri Puyu pada Mei 2017 mendatang.

Lebih jauh disampaikan Bupati, jika tidak ada aral melintang tahun 2018 mendatang Kabupaten  Meranti akan ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Provinsi Riau. Untuk itu mulai saat ini Pemda Kabupaten mulai mempersiapkan segala sesuatunya baik pembangunan infrastruktur hingga fasilitas pendukung lainnya. Diharapkannya dengan persiapan itu Kabupaten Meranti selain sukses penyelenggaraan juga diikuti kesuksesan Qori dan Qoriah yang berjaya di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

Dijelaskan Bupati persiapan infrastruktur dan fasilitas MTQ Provinsi Riau mendatang, bukan saja dilakukan di Selatpanjang tetapi juga di Kecamatan karena kemungkinan beberapa cabang yang diperlombakan juga digelar di ibu kota Kecamatan. "Pelaksanaan MTQ Provinsi bisa saja kita gelar di ibu kota Kecamatan untuk itu pembenahan infrastruktur di Kecamatan juga harus kita gesa,"ucap Bupati.

Di Kecamatan Merbau sendiri telah diupayakan pembangunan jalan poros di Pulau Padang, seperti jalan Meranti Bunting-Teluk Belitung, walaupun belum di aspal Hot Mix namun dari hasil peninjauan langsung Bupati beberapa waktu lalu didapati kondisi jalan sudah mulai membaik. Namun diingatkan Bupati dengan semakin baiknya kodisi jalan jangan sampai menimbulkan masalah baru yaitu kecelakaan lalu lintas karena jalan yang semakin lebar dan baik berpotensi menjadi arena balapan anak muda untuk itu ia meminta para orang tua dapat menasehati anak-anaknya agar tidak kebut kebutan.

Jalan poros yang juga digesa yakni Teluk Belitung-Tj. Padang, dan saat ini sedang dalam pengerjaan jalan Mekar Delima sepanjang 5.7 KM.

Selain jalan poros juga diupayakan pembangunan jembatan yakni Jembatan Suak Nipah dan Jembatan Kengkam, untuk pembangunan jembatan Kengkam dengan kontruksi baja akan tuntas akhir 2017 mendatang sementara jembatan Suak Nipah rencananya akan dibangun pada 2018 mendatang termasuk juga jembatan di Mengkopot.

Dengan semakin baiknya kondisi jalan dan jembatan sebagai penghubung antar Desa, dikesempatan itu Bupati mengajak para pengusaha untuk mengadakan transportasi umum berupa oplet Kepada pengusaha dihimbau untuk berusaha angkutan desa seperti oplet dan lainnya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat akan tranportasi murah dan mencibtakan peluang usaha baru bagi pengusaha.

Sekedar informasi seperti dijelaskan Sekretaris Camat Merbau pelaksanaan MTQ tahun 2017 ini telah mengacu pada aturan LPTQ Nasional baik dari segi usia, persyaratan serta cabang yang diperlombakan dan yang tak kalah penting dalam hal penentuan juara.

Cabang yang diperlombakan meliputi cabang Tilawah Putra-Putri, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Naskah Quran, Dekorasi, Hiasan Masab, Komtemporer, MMQ, dengan jumlah peserta sebanyak 253 orang.

Keluar sebagai juara umum pada MTQ Kecamatan Merbau Ke-IX Tahun 2017 Kelurahan Teluk Belitung selanjutnya juara dua Desa Bagan Melibur dan juara ketiga Desa Mayang Sari.

Selain memberikan penilaian kepada para kafilah MTQ panitia juga memberikan hadiah pada Desa yang telah menggelar pembukaan STQ secara meriah, dan terpilih sebagai Desa terfavorite adalah Desa Pelantai, Juara Pawai Taruf Desa Mayang Sari, terakhir juara Stand Bazar terbaik diberikan pada Kelurahan Teluk Belitung.

Dalam rangka menyemarakan acara MTQ di Kecamatan Merbau juga digelar Bazar yang diikuti seluruh Desa Se-Kecamatan Merbau yang menampilkan berbagai olahan makanan dan kerajinan. Dan bagi masyarakat yang ingin berjualan baju dan lainnya panitia juga menyedia tempat disekeliling astaka MTQ. *



 
Berita Terkini:
  • Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
  • Golkar dan PKS Bertemu Perkuat Rencana Koalisi di Pilkada 2024
  • Dukungan Masyarakat Pekanbaru untuk H Syamsuar Semakin Kuat
  • Simpel Kuota dan Banyak Pilihan, IM3 Freedom Internet Kini Lebih Spesial Dengan Kuota Harian
  • Komisi VI: Pembentukan PalmCo Perkuat Ekosistem Sawit Nasional
  • Sebanyak 190 Mahasiswa Terbaik Riau Jalani Magang Kerja Praktik dan Tugas Akhir di PHR
  • Program NASIHAT dan AKHLAK Beat PHR Buktikan Keunggulan Budaya Kerja Positif di WK Rokan
  • Perluas Program PSR Pola Off Taker Aktif PTPN IV PalmCo Rekor Tanam Ulang Tercepat Nasional
  • Syamsuar, Gubernur yang Kembali Dirindukan Rakyat Riau
  • Panggilan "Pak Gub" kepada Syamsuar Melekat di Hati Masyarakat
  • PHR Berbagi Ilmu dan Semangat Lestari kepada Pelajar di Momen Hari Lingkungan Hidup 2024
  • Hasil Survey LSI, Elektabilitas Sahril Topan Teratas
  • JNE Bagikan Daging Qurban dan Hadirkan Promo Spesial Hari Raya Idul Adha 1445 H
  • Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban
  • PHR Salurkan 32 Ekor Sapi Kurban di Blok Rokan
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    2 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    3 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Selasa, 25/06/2024 - 13:26 WIB
    Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
    Golkar dan PKS Bertemu Perkuat Rencana Koalisi di Pilkada 2024
    Fitnah Calon Anggota DPD, Karel Dilaporkan ke Polda Riau
    RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 BRK Syariah Berjalan Lancar
    Ketua IPPSS Lukman Adi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Risnandar Mahiwa Penjabat Walikota Pekanbaru
    Tiga Perusahaan Jalin MoU dengan Dewan Pendidikan Riau
    Komitmen PHR Jaga Lingkungan dengan Inovasi Lahan Basah untuk Kelola Air Terproduksi
    Kinerja Solid dan Unggul Sepanjang 2023
    PT Indosat Tbk Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo
    Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
    PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
    Program Pencegahan Stunting PHR di Riau Sasar 11.340 Penerima Manfaat
    Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
    Menteri Perhubungan Dukung Penuh Lancang Kuning Carnival di Riau
    Produksi Migas Melalui Eksplorasi:
    Jaga Laju Kolaborasi ELNUSA dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East
    Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved