www.transriau.com
15:55 WIB - PHR Dukung Pengembangan Tahura Minas | 17:55 WIB - Gubri Syamsuar Resmikan Perkutaan Sitepu | 15:13 WIB - Sebanyak 57 Jamaah Asal Bengkalis akan berangkat Umroh dan mengikuti Muhasabah Akbar di Tanah Suci | 12:20 WIB - Antisipasi Barang Terlarang, Lapas Bagansiapiapi Kembali Razia Kamar Lapas | 09:47 WIB - Pimpin DPD KNPI Provinsi Se Indonesia, Nasaruddin Didaulat Membacakan Rekomendasi Rakernas | 11:12 WIB - Peduli Ekonomi Desa, Gubernur Syamsuar Terima Penghargaan dari Menteri Desa PDTT
  Senin, 06 Februari 2023 | Jam Digital
Follow:
 
Bupati Irwan Tutup MTQ Tingkat Kecamatan Merbau Ke-IX Tahun 2017

Kamis, 20/04/2017 - 07:55:53 WIB

TERKAIT:
   
 

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menutup secara resmi acara MTQ Tingkat Kecamatan Merbau Ke-IX Tahun 2017, ia berharap melalui moment syiar Islam tersebut dapat semakin membumikan baca Al-Quran dan pemahaman isi kandungannya oleh masyarakat, bertempat di Desa Belitung, Selasa (18/4/2017).

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan Hj. Nirwana Irwan, Anggota DPRD Meranti Edi Masyudi, Camat Merbau Wan Fachriarmi, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Drs. Hendra Putra, Kepala DPPKAD Bambang Supriyanto, Kabag Humas Meranti Drs. H. Nasruni, Para Camat dan tokoh agama/masyarakat/pemuda dan Kades Se-Kecamatan Merbau.

Ada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan MTQ di Kecamatan Merbau, apresiasi diberikan karena Bupati menilai kwalitas penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Merbau dari waktu ke waktu semakin meningkat, dan Bupati berharap terus ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Menurut Bupati Kwalitas Qori dan Qoriah MTQ di Kabupaten Meranti harus terus ditingkatkan dan ajang MTQ merupakan arenanya. Iapun berharap seiring meningkatnya kwalitas Qori dan Qoriah Meranti dapat meningkatkan minat baca Al-Quran dikalangan maayarakat sehingga baca Al-Quran semakin membumi khususnya di Kecamatan Merbau.

Ditambahkan Bupati, ajang perlombaan MTQ tingkat Kecamatan adalah untuk mencari peserta yang terbaik, baik dalam hal pembacaan Al-Quran maupun pemahaman kandungannya. "Karena sesungguhnya Al-Quran berisi petunjuk hidup bagi manusia dunia dan akhirat, untuk itu selain membaca kandungan isinya juga harus dipahami oleh seluruh umat muslim," paparnya.

Dihadapan seluruh masyarakat Kecamatan Merbau yang hadir lada penutupan MTQ, Bupati juga mengajak untuk membudayakan kegiatan magrib mengaji yang telah dicanangkan pemerintah dirumah dan masjid mulai dari RT, RW, Desa hingga Kecamatan agar seluruh masyarakat dapat semakin memahami isi kandungan Al-Quran dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada Qori dan Qoriah terbaik pada MTQ Kecamatan Merbau Bupati mengucapkan selamat mengikuti ajang yang lebih tinggi yakni MTQ tingkat Kabupaten yang akan digelar di Kecamatan Tasik Putri Puyu pada Mei 2017 mendatang.

Lebih jauh disampaikan Bupati, jika tidak ada aral melintang tahun 2018 mendatang Kabupaten  Meranti akan ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Provinsi Riau. Untuk itu mulai saat ini Pemda Kabupaten mulai mempersiapkan segala sesuatunya baik pembangunan infrastruktur hingga fasilitas pendukung lainnya. Diharapkannya dengan persiapan itu Kabupaten Meranti selain sukses penyelenggaraan juga diikuti kesuksesan Qori dan Qoriah yang berjaya di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

Dijelaskan Bupati persiapan infrastruktur dan fasilitas MTQ Provinsi Riau mendatang, bukan saja dilakukan di Selatpanjang tetapi juga di Kecamatan karena kemungkinan beberapa cabang yang diperlombakan juga digelar di ibu kota Kecamatan. "Pelaksanaan MTQ Provinsi bisa saja kita gelar di ibu kota Kecamatan untuk itu pembenahan infrastruktur di Kecamatan juga harus kita gesa,"ucap Bupati.

Di Kecamatan Merbau sendiri telah diupayakan pembangunan jalan poros di Pulau Padang, seperti jalan Meranti Bunting-Teluk Belitung, walaupun belum di aspal Hot Mix namun dari hasil peninjauan langsung Bupati beberapa waktu lalu didapati kondisi jalan sudah mulai membaik. Namun diingatkan Bupati dengan semakin baiknya kodisi jalan jangan sampai menimbulkan masalah baru yaitu kecelakaan lalu lintas karena jalan yang semakin lebar dan baik berpotensi menjadi arena balapan anak muda untuk itu ia meminta para orang tua dapat menasehati anak-anaknya agar tidak kebut kebutan.

Jalan poros yang juga digesa yakni Teluk Belitung-Tj. Padang, dan saat ini sedang dalam pengerjaan jalan Mekar Delima sepanjang 5.7 KM.

Selain jalan poros juga diupayakan pembangunan jembatan yakni Jembatan Suak Nipah dan Jembatan Kengkam, untuk pembangunan jembatan Kengkam dengan kontruksi baja akan tuntas akhir 2017 mendatang sementara jembatan Suak Nipah rencananya akan dibangun pada 2018 mendatang termasuk juga jembatan di Mengkopot.

Dengan semakin baiknya kondisi jalan dan jembatan sebagai penghubung antar Desa, dikesempatan itu Bupati mengajak para pengusaha untuk mengadakan transportasi umum berupa oplet Kepada pengusaha dihimbau untuk berusaha angkutan desa seperti oplet dan lainnya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat akan tranportasi murah dan mencibtakan peluang usaha baru bagi pengusaha.

Sekedar informasi seperti dijelaskan Sekretaris Camat Merbau pelaksanaan MTQ tahun 2017 ini telah mengacu pada aturan LPTQ Nasional baik dari segi usia, persyaratan serta cabang yang diperlombakan dan yang tak kalah penting dalam hal penentuan juara.

Cabang yang diperlombakan meliputi cabang Tilawah Putra-Putri, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Naskah Quran, Dekorasi, Hiasan Masab, Komtemporer, MMQ, dengan jumlah peserta sebanyak 253 orang.

Keluar sebagai juara umum pada MTQ Kecamatan Merbau Ke-IX Tahun 2017 Kelurahan Teluk Belitung selanjutnya juara dua Desa Bagan Melibur dan juara ketiga Desa Mayang Sari.

Selain memberikan penilaian kepada para kafilah MTQ panitia juga memberikan hadiah pada Desa yang telah menggelar pembukaan STQ secara meriah, dan terpilih sebagai Desa terfavorite adalah Desa Pelantai, Juara Pawai Taruf Desa Mayang Sari, terakhir juara Stand Bazar terbaik diberikan pada Kelurahan Teluk Belitung.

Dalam rangka menyemarakan acara MTQ di Kecamatan Merbau juga digelar Bazar yang diikuti seluruh Desa Se-Kecamatan Merbau yang menampilkan berbagai olahan makanan dan kerajinan. Dan bagi masyarakat yang ingin berjualan baju dan lainnya panitia juga menyedia tempat disekeliling astaka MTQ. *



 
Berita Terkini:
  • PHR Dukung Pengembangan Tahura Minas
  • Gubri Syamsuar Resmikan Perkutaan Sitepu
  • Sebanyak 57 Jamaah Asal Bengkalis akan berangkat Umroh dan mengikuti Muhasabah Akbar di Tanah Suci
  • Antisipasi Barang Terlarang, Lapas Bagansiapiapi Kembali Razia Kamar Lapas
  • Pimpin DPD KNPI Provinsi Se Indonesia, Nasaruddin Didaulat Membacakan Rekomendasi Rakernas
  • Peduli Ekonomi Desa, Gubernur Syamsuar Terima Penghargaan dari Menteri Desa PDTT
  • Kelapa Jadi Denyut Kehidupan, Indragiri Hilir Berjuluk “Negeri Seribu Parit, Hamparan Kelapa Dunia
  • Wakili Riau, SSB Junior PTPN V Bawa Pulang Tropi Liga Anak Nusantara Yogyakarta
  • Agung Nugroho Minta Pemprov Lanjutkan Pembangunan Sirkuit
  • Rektor Universitas Riau Minta Gubernur Syamsuar Ketua Dewan Pertimbangan
  • IOH Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir dan Longsor Manado
  • Kapolda Riau Apresiasi Kinerja Satpam Lindungi Aset Negara
  • Kementerian ATR/BPN Resmi Cabut HGU PT TUM di Pulau Mendul
  • Perahu Berkajang Kain Meriahkan Semah Antau di Malako Kociak Tanjung Beringin
  • Gerak Cepat Partai Demokrat Riau Tuntaskan Keluhan Masyarakat Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    3 Ustadz Mas’ud Tahidin Kupas Soal Motivasi Kerja di Al Munawwarah UIR
    4 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    5 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    6 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    7 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    8 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    9 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    10 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
     
    TRANS PILIHAN
    Sabtu, 17/12/2022 - 19:07 WIB
    Pak Syam Membangun Riau
    Awal Mula Menancap Pada 2019 Membangun Infrastruktur
    Pak Syam Membangun Riau
    Energi Demi Desa Mandiri
    Ribuan Masyarakat Rohul Ikuti Jalan Sehat Bersama Partai Golkar
    Koalisi Indonesia Bersatu Membawa Kesejukan Untuk Riau Lebih Baik
    PHR WK Rokan Luncurkan ProKlim di Riau
    Datuk Setia Amanah Kukuhkan Pimpinan LAMR
    Gubri Borong Anugerah Adinata Syari'ah 2022
    Riau Peringkat 1 di Sumatra, Investasi APRIL Terbesar
    Membangun Dari Desa, Apa Saja yang telah dilaksanakan Gubernur Syamsuar
    DPRD Pelalawan Sampaikan Aspirasi Masyarakat Dalam Paripurna
    Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
    Cegah Karhutla di Masa Pandemi
    PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
    Logo HUT Riau-64 Penuh Makna
    Memulai Karir di Pemerintah dari Penghulu
    Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir
    Gubernur Riau Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Asrama Haji
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved