www.transriau.com
10:05 WIB - Anggota DPRD Riau H. Sari Antoni Raih Gelar Magister Manajemen di Pascasarjana Unilak | 21:43 WIB - PTPN V Semarakkan Festival Rakyat Bagholek Godang | 21:36 WIB - Pemerintah Beri Penghargaan Terhadap 12 Tokoh Pejuang | 21:17 WIB - Pemerintah Wujudkan Riau Hijau | 21:06 WIB - Gubernur Syamsuar Wujud Pendidikan Berkualitas di Riau | 21:00 WIB - Doa dan Harapan Gubernur Terdahulu
  Kamis, 11 08 2022 | Jam Digital
Follow:
 
Pengaruh Pembangunan Industri dan Infrastruktur Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pulau Rupat

Selasa, 28/06/2022 - 20:52:14 WIB
FOTO: Pesona Pantai Pulau Rupat
TERKAIT:
   
 

BENGKALIS - Pembangunan adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi. Selain itu pembangunan juga mencakup kelembangan dan budaya. di Kabupaten Bengkalis provinsi Riau dapat dilihat dari kunjungan wisatawan ke Pulau Rupat terus meningkat. Indikator peningkatan ini dapat dilihat dari membludaknya jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa angkutan RoRo yang menuju pulau tersebut

Pembangunan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini berperan sebagai fasilitator, mobilisator terhadap pembangunan sangat strategis bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan negeri ini.

Suatu daerah dipengaruhi oleh akumulasi modal (sarana dan prasana) sumber daya alam sumber daya manusia baik dalam jumlah maupun tingkat kualitas penduduknya, kemajuan tekhnologi, keinginan untuk melakukan inovasi dan mengembangkan diri serta budaya kerja bagi masyarakatnya.

Pembangunan infrastruktur memperlancar arus distribusi barang dan jasa. Infrastruktur juga berpangaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, yang meliputi peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran nyata dan terwujudnya stabilitas ekonomi makro yaitu keberlanjutan fisikal, berkembangnya pasar, dan pengaruhnya terhadap pasar tenaga kerja.

"Dari informasi yang disampaikan petugas RoRo di pelabuhan Dumai, maupun yang ada di Tanjung Kapal (Pulau Rupat-red) dalam setiap keberangkatan RoRo menuju Pulau Rupat selalu dipadati penumpang,’’ ujar Kepala Desa Darul Aman, Amrizal.

Dikatakannya, bisa dipastikan mereka yang berkunjung ke pulau yang terkenal dengan pantai pasirnya yang putih melepak ini sebagian besar dilakukan masyarakat dari luar Rupat. Hal ini dapat dilihat dari kendaraan yang dipergunakan oleh pengunjung pulau itu rata-rata menggunakan kendaraan roda empat. Setiap hari jumlahnya mencapai puluhan mobil.

Amrizal menilai, tingginya animo orang luar berkunjung ke Pulau Rupat dalam sebulan terakhir ini sebagai dampak karena semakin membaiknya infrastruktur jalan di pulau tersebut. Seperti misalnya Jalan Poros yang menghubungkan dermaga RoRo di Tanjung Kapal menuju ke Rupat Utara hampir 95 persen terdiri dari jalan beton.

Perkembangan infrastruktur ada tingkatan dari sebelumnya. Jalan yang kondisinya juga sudah baik yakni jalan yang menghubungkan Kelurahan Tanjung Kapal menuju Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat.

Meskipun belum seluruhnya jalan tersebut diaspal, namun menurut Amrizal, untuk yang belum diaspal tersebut jumlahnyapun kecil sekali, yakni hanya sekitar 200 meter saja dan itupun sejak sebulan lalu sudah ditimbun dengan menggunakan sirtu, sehingga walaupun pada musim hujan jalan tersebut tetap bisa dilewati.

Contonya seperti kota Duri Pembangunan jalan lingkar barat belum juga selesai untuk menghindari kendaraan bermuatan besar masih melewati jalan hangtuah yang merupakan jalan umum masyarakat kota duri sehingga membahayakan masyarakat,kalau untuk pembangunan juga belum merata hanya terpusat dikecamatan Mandau dan bathin solapan. Tahun 2020 Jalan Lingkar Duri Barat Diupayakan Fungsional

Dampak positif dari jalan lingkar Duri yaitu semakin mudahnya akses transportasi antar daerah. Sehingga terbukanya lapangan kerja dan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Pembangunan Jalan Lingkar juga memberikan dampak positif bagi skala makro ekonomi karena dapat mempermudah akses antar wilayah, serta memberikan pertumbuhan ekonomi baru di masyarakat.

Namun, tetap ada dampak Negatif yang di timbulkan yaitu memberikan perubahan pemanfaatan lahan yang berakibat pada perubahan pola hidup masyarakat, alih fungsi lahan yang terjadi dari pembangunan Jalan lingkar dirasa masih sesuai dengan konsep syariah.

Jalan lingkar  adalah jalan alternatif yang mendapatkan respon positif dari 71,23%, bahwa jalan Lingkar adalah jalan yang selalu dapat digunakan dalam transportasi pribadi maupun umum sehingga lebih efisien dalam waktu tempuh.

Namun dalam penelitian ini ada 15, O7% menjawab negatif bahwa jalan Lingkar  bukanlah jalan alternatif yang selalu bisa di gunakan karena hanya orang - orang menengah keatas dan orang yang bepergian antar wilayah yang dapat menggunakan fasilitas tersebut, dan juga para pengusaha ekspedisi yang mendapatkan keuntungan lebih.

Jaringan jalan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu pembangunan. Karena, jalan berperan untuk pemindahan barang dan manusia sehingga diperlukan jaringan jalan yang memadai.

Mengidentifikasi jenis kegiatan yang menimbulkan dampak dan mengidentifikasi komponen lingkungan Sosial ekonomi yang diperkirakan terkena dampak penting serta dapat memprakirakan dan mengevaluasikan dampak penting tersebut, sehingga kegiatan pembangunan pengembangan kawasan wisata pulau rupat dapat menekan dampak negatif yang ditimbulkan serta mengoptimalkan dampak positif.

Hasil dari penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan bagi Pemerintah Daerah Tingkat I Propinsi Riau, khususnya Pemerintah Daerah Tingkat II Bengkalis serta pihak Pengembang dalam mengambil keputusan dan kebijakan dalam pembangunan pengembangan kawasan wisata pulau Rupat tersebut. Selain itu juga sebagai bahan untuk rencana pengelolaan dan rencana pemantauan lingkungan dari semua usaha/kegiatan. Sehingga kawasan wisata itu berwawasan lingkungan.

Penulis
Nurul Fadhilah
Mahasiswi UIN Suska Riau, Jurusan Administrasi Negara




 
Berita Terkini:
  • Anggota DPRD Riau H. Sari Antoni Raih Gelar Magister Manajemen di Pascasarjana Unilak
  • PTPN V Semarakkan Festival Rakyat Bagholek Godang
  • Pemerintah Beri Penghargaan Terhadap 12 Tokoh Pejuang
  • Pemerintah Wujudkan Riau Hijau
  • Gubernur Syamsuar Wujud Pendidikan Berkualitas di Riau
  • Doa dan Harapan Gubernur Terdahulu
  • Peringatan Hari Jadi ke 65 Riau, DPRD Riau Gelar Rapat Paripurna
  • Telah Banyak Pembangunan Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
  • Gubernur Syamsuar Minta PHR Percepat Proses Pemberian PI 10 Persen Untuk Riau
  • Tepat HUT Riau ke 65 Tahun, BSP Resmi Kelola WK CPP 100 Persen
  • Sebanyak 8.000 Guru Honorer Riau Sedang Diperjuangkan Gubernur Jadi PPPK
  • Syamsuar Jemput Langsung Para Mantan Gubernur Hadiri Puncak Hari Jadi ke 65 Provinsi Riau
  • PTPN V Rangkul 5.000 Petani Sertifikasi ISPO
  • Rangkaian Agenda Acara Hari Jadi ke 65 Provinsi Riau Tahun 2022
  • Bank Riau Kepri Syariah Segera diresmikan Oleh Wapres Pekan Depan
  •  
    Komentar Anda :

     

     
    TRANS TERPOPULER
    1 Prediksi Bakal Pasangan Calon Bupati Kampar 2017
    2 PT Sinarmas Turunkan 3 Helikopter Padamkan Karlahut di Riau
    3 Koramil 11/Pwk Kandis Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Pramuka Pondok Pesantren
    4 Pengumuman Persyaratan dan Permohonan Beasiswa Pemprov Riau tahun 2016
    5 Innalillahiwainnaillahi Rojiun..... Anggota DPRD Riau Rosfian Meninggal Dunia 
    6 Babinsa 02/Rambah Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sejak Dini
    7 Syiar Baitullah, Penyiar Radio Ini Bisa Umroh Gratis dan Raih Income Puluhan Juta Rupiah
    8 Ibu Hamil Dilarang Lihat Gerhana Matahari Total, Fakta atau Mitos, Ini Penjelasannya
    9 Sempena HUT ke-97 Damkar, Burhan Gurning: Armada Kita Siap Siaga
    10 Advetorial Pemprov Riau
    Pemprov Riau Akan Bangun 2000 RLH di Tahun 2016
     
    TRANS PILIHAN
    Minggu, 05/06/2022 - 19:55 WIB
    Koalisi Indonesia Bersatu Membawa Kesejukan Untuk Riau Lebih Baik
    PHR WK Rokan Luncurkan ProKlim di Riau
    Datuk Setia Amanah Kukuhkan Pimpinan LAMR
    Gubri Borong Anugerah Adinata Syari'ah 2022
    Riau Peringkat 1 di Sumatra, Investasi APRIL Terbesar
    Membangun Dari Desa, Apa Saja yang telah dilaksanakan Gubernur Syamsuar
    DPRD Pelalawan Sampaikan Aspirasi Masyarakat Dalam Paripurna
    Afrizal Sintong Terima Mandat Ketua DPD II Golkar Rohil
    Cegah Karhutla di Masa Pandemi
    PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
    Logo HUT Riau-64 Penuh Makna
    Memulai Karir di Pemerintah dari Penghulu
    Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir
    Gubernur Riau Siapkan Ruang Isolasi Mandiri Pasien COVID-19 di Asrama Haji
    Sukseskan Vaksinasi Gotong Royong, RAPP Dukung Pemulihan Ekonomi Sektor Hutan Tanaman Industri
    Puluhan Karangan Bunga Berdatangan ke Sekretariat DPC Demokrat Pekanbaru
    Santer Isu Bakal Bertarung di Pilwako, Dua Anggota DPRD Riau Terlihat Hadiri Festival Rebana
     
    Follow:
    Pemprov Riau | Pemko Pekanbaru | Pemkab Siak | Pemkab Inhu | Pemkab Rohil | Pemkab Kampar | DPRD Rohil | DPRD Pekanbaru
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2015-2016 PT. Trans Media Riau, All Rights Reserved